Rute Seremban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rute Rawang-Seremban)
Rute Seremban
 1 
Keretapi Tanah Melayu KTM Komuter
Ikhtisar
Nama asliLaluan Seremban
JenisKereta api komuter
SistemKTM Komuter
StatusBeroperasi
LokasiSelangor
Kuala Lumpur
Negeri Sembilan
Malaka
TerminusBatu Caves
(Rawas)
Stasiun26 + 3 stasiun cadangan
LayananBatu Caves - (Rawas)
Nomor lintas 1  (biru)
Situs webwww.ktmb.com.my
Operasi
Dibuka14 Agustus 1995 (1995-08-14)
PemilikKeretapi Tanah Melayu
OperatorKeretapi Tanah Melayu
DepoSeremban
RangkaianKTM Class 92 Komuter CSR EMU
37 kereta bergerbong-6
Data teknis
Panjang lintas135 km (84 mi)
Lebar sepur1.000 mm (3 ft 3+38 in) lebar sepur 1 m
ElektrifikasiOverhead 25 KV 50 Hz
Kecepatan operasiHingga 120 km/h (75 mph)
Peta rute

Rute Seremban (Melayu: Laluan Seremban) atau Rute Komuter Seremban (Melayu: Laluan Komuter Seremban) adalah salah satu dari tiga rute Sektor Tengah KTM Komuter yang disediakan oleh Keretapi Tanah Melayu. Rute ini memanjang dari Batu Caves hingga (Rawas), dengan beberapa layanan kereta mengakhiri perjalanannya di Seremban. Sebelum 15 Desember 2015, terminus utara dari jalur ini berada di Rawang.

KTM Komuter adalah layanan kereta komuter listrik yang diluncurkan pada tahun 1995, melayani pengguna komuter di Kuala Lumpur dan sekitarnya. Layanan ini merupakan moda transportasi popular bagi pengguna komuter yang bekerja di Kuala Lumpur, karena dapat menuju ke kota tersebut tanpa khawatir akan kemacetan lalu lintas. Setiap gerbong kereta berisi tempat duduk modern dan dilengkapi dengan pendingin ruangan. Bagi pengguna kereta yang membawa kendaraan pribadi menuju stasiun disediakan fasilitas Park & Ride.

Rute ini merupakan salah satu komponen Sistem Transit Terpadu KL Raya/Lembah Klang. Rute ini diberi nomor  1  dan diberi warna Biru pada peta transit resmi. Rute ini dinamai dari terminus lamanya, Stasiun Komuter Seremban.

Rute[sunting | sunting sumber]

Susunan berikut dari utara ke selatan

Nama Platform Catatan
Rawang Tengah & Sisi
Kuang Sisi
Sungai Buloh Sisi
Kepong Sentral Sisi
Kepong Sisi
Segambut Sisi
Putra Sisi Jarak jalan kaki dengan Stasiun LRT PWTC
Bank Negara Sisi Jarak jalan kaki dengan Stasiun LRT Bandaraya
Kuala Lumpur Tengah & Sisi Bersambung dengan Rute Pelabuhan Klang, jarak jalan kaki dengan Stasiun LRT Pasar Seni.
KL Sentral Tengah Bersambung dengan Rute Pelabuhan Klang, RapidKL LRT, KLIA Ekspres dan KLIA Transit, jarak jalan kaki dengan KL Monorail dan perhentian bus RapidKL dan Metrobus.
Mid Valley Sisi
Seputeh Sisi
Salak Selatan Sisi Jarak jalan kaki dengan aliran Stasiun LRT Salak Selatan
Bandar Tasik Selatan Sisi Bersambung dengan LRT Rute Ampang dan KLIA Transit.
Serdang Sisi
Kajang Tengah & Sisi
UKM Sisi
Bangi Tengah & Sisi
Batang Benar Sisi
Nilai Sisi
Labu Sisi
Tiroi Sisi
Seremban Tengah & Sisi

Transit ke Rute Pelabuhan Klang dapat dilakukan di stasiun KL Sentral, Kuala Lumpur, dan Putra. Penggunaan tangga mungkin diperlukan di KL Sentral dan Putra, sedangkan perpindahan antar-platform dapat dilakukan dengan nyaman di stasiun Kuala Lumpur.

Layanan ulang-alik Rawang-Tanjung Malim[sunting | sunting sumber]

Layanan KTM Komuter ditambahkan tiga stasiun baru setelah Rawang pada 21 April 2007 sebagai layanan ulang-alik (shuttle) Rawang-Rasa, mencakup Serendah, Batang Kali, dan Rasa.[1] Rute sepanjang 22 km ini adalah bagian pertama proyek elektrifikasi dan penggandaan rel Rawang-Ipoh yang mulai beroperasi. Layanan ini dilanjutkan ke Kuala Kubu Bharu pada 5 Januari 2008,[2] dan akhirnya ke Tanjung Malim pada 1 Juni 2009, maka layanan ini dikenal sebagai Shuttle Rawang-Tanjung Malim.

Penumpang harus turun di stasiun Semarang untuk menggunakan layanan ulang-alik Rawang-Tanjung Malim. Kedatangan kereta adalah 30 menit sekali. Kereta pertama dan terakhir yang berangkat dari Rawang adalah pada pukul 05:42 dan 21:24, sementara kereta pertama dan terakhir yang berangkat dari Tanjung Malim adalah pada pukul 05:42 dan 21:54. Waktu perjalanan antara Rawang dan Tanjung Malim adalah 25 menit.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "KTM Komuter services for Rawang-Rasa sector launched". 21 April 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-08-10. Diakses tanggal 2007-06-15. 
  2. ^ "KTM Komuter New Route : Rawang - Kuala Kubu Bharu". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-23. Diakses tanggal 2011-12-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]