Russian Roulette

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Russian Roulette
Russian Roulette.jpg
Logo Russian Roulette
Format Kuis
Pembawa acara Dede Yusuf
Narator Zulham Simatupang
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Jumlah episode 70
Produksi
Durasi 60 menit (dengan iklan)
Rumah produksi Columbia TriStar Television
Distributor Becker Entertainment
Siaran
Stasiun televisi Trans TV
Siaran sejak 4 September 2002  31 Desember 2003

Russian Roulette adalah salah satu acara kuis Indonesia. Dalam acara ini, 5 kontestan saling adu pengetahuan dan keberuntungan. Acara ini ditayangkan di Trans TV sejak 4 September 2002 sampai 31 Desember 2003 dan dibawakan oleh Dede Yusuf.

Awal Akhir Jadwal tayang
4 September 2002 28 Mei 2003 Rabu, 20:00-21:00 WIB
4 Juni 2003 31 Desember 2003 Rabu, 21:00-22:00 WIB

Regulasi Permainan[sunting | sunting sumber]

  • Permainan dilakukan di sebuah stage berbentuk silinder pistol revolver.
  • Lima kontestan berdiri di atas lubang yang ditutup dengan sebuah pintu jebakan.
  • Kemudian setiap kontestan diberikan modal awal sebesar Rp1.000k.
  • Peraturannya sangat sederhana: seorang kontestan akan membacakan pertanyaan pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban kepada kontestan lainnya dan kontestan yang diberi pertanyaan harus menjawabnya dengan benar dalam waktu 15 detik.
  1. Jika jawabannya benar, maka kontestan yang ditanyai pertanyaan akan mendapat tambahan hadiah uang tunai.
  2. Jika jawabannya salah, maka kontestan yang ditanyai pertanyaan akan kehilangan seluruh hadiah yang dimilikinya dan berpindah tangan kepada kontestan yang bertanya kepadanya.
  3. Kemudian kontestan yang menjawab salah itu wajib menarik tuas keberuntungan yang berada di samping layar monitor di depannya.
  4. Beberapa saat setelah kontestan yang menjawab salah itu mengembalikan tuas keberuntungannya ke posisi semula, kontestan tersebut akan terselamatkan (dapat melanjutkan permainan) jika beruntung atau bisa juga terjatuh ke dalam "sumur tak berdasar" jika sial.
  5. Jika kontestan terancam tersebut terselamatkan, probabilitas untuk terselamatkan akan berkurang pada kesempatan berikutnya.
  • Suatu babak akan berlangsung hingga waktu bermain habis atau salah satu kontestan jatuh ke dalam "sumur tak berdasar".
  1. Jika tidak ada kontestan yang jatuh sampai waktu bermain habis, maka kontestan dengan perolehan hadiah tertinggi akan menarik tuas keberuntungan yang berada di tengah stage untuk menjatuhkan salah satu kontestan yang tetap berdiri pada posisinya.
  2. Setelah salah satu kontestan yang tetap berdiri pada posisinya terjatuh, semua nilai uang yang dimiliki kontestan terjatuh itu akan dibagi rata kepada kontestan yang tetap melanjutkan permainan.
  3. Setelah 1 kontestan terjatuh, permainan memasuki babak selanjutnya.
  4. Permainan akan berakhir setelah menyisakan 1 kontestan terkuat yang berhak masuk ke babak bonus dan berhak memperoleh hadiah yang telah terkumpulkannya.

Nilai hadiah uang yang diperoleh setiap jawaban benar[sunting | sunting sumber]

Babak Kontestan
bermain
Nilai hadiah
setiap jawaban benar
I 5 Rp100k
II 4 Rp250k
III 3 Rp500k
IV 2 Rp1.000k

Babak bonus[sunting | sunting sumber]

  • Kontestan terkuat akan masuk ke babak bonus.
  • Di babak bonus, kontestan terkuat akan menghadapi 5 pertanyaan trivia.
  • Total waktu yang dimiliki kontestan terkuat untuk berpikir adalah 50 detik, yang akan mulai dihitung sesaat setelah pertanyaan selesai dibacakan dan selesai dihitung setelah jawaban akhir diberikan.
  • Satu persatu pintu jebakan akan membuka setiap 10 detik.
  1. Jika jawabannya benar, maka tambahan hadiah uang tunai akan diperoleh.
  2. Jika jawabannya salah atau tidak dijawab, maka uji keberuntungan dengan menarik tuas keberuntungan wajib dilakukan.
Pertanyaan ke Nilai hadiah
uang tunai
1 Rp1.000k
2 Rp2.000k
3 Rp4.000k
4 Rp8.000k
5 Rp16.000k
  • Nilai hadiah uang di babak bonus bersifat kumulatif.
  • Jika kontestan terkuat terjatuh ke dalam "sumur tak berdasar", maka semua hadiah yang terkumpulkan di babak bonus tidak berhak dibawa pulang (berapapun jumlahnya).
  1. Artinya, kontestan terkuat hanya berhak membawa pulang hadiah akhir di babak IV (babak terakhir sebelum babak bonus).
  2. Jika semua pertanyaan berhasil dijawab benar, maka kontestan terkuat akan memperoleh hadiah Rp31.000k plus hadiah akhir, dan berkesempatan memenangi grand prize Rp100.000k plus hadiah akhir dengan memainkan uji keberuntungan terakhir.
  3. Jika tidak semua pertanyaan berhasil dijawab benar tetapi tidak terjatuh ke dalam "sumur tak berdasar", maka kontestan terkuat akan memperoleh hadiah berdasarkan pertanyaan yang berhasil dijawab benar plus hadiah akhir, tetapi tidak berkesempatan memenangi grand prize Rp100.000k plus hadiah akhir.