Smile at the Runway

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Runway de Waratte)
Smile at the Runway
Sampul manga volume pertama oleh Kodansha
ランウェイで笑って
(Ranwei de Waratte)
GenreDrama
Penggalan kehidupan[1]
Manga
PengarangKotoba Inoya
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa Inggris
Kodansha USA (digital)
Penerbit bahasa IndonesiaM&C!
MajalahWeekly Shōnen Magazine
DemografiShōnen
Terbit31 Mei 201714 Juli 2021
Volume22
Seri anime
SutradaraNobuyoshi Nagayama
SkenarioTouko Machida
MusikShuji Katayama
Akinari Suzuki
StudioEzo'la
Pelisensi
Saluran
asli
MBS, TBS, BS-TBS
Tayang 10 Januari 2020 27 Maret 2020
Episode12
 Portal anime dan manga

Smile at the Runway (Jepang: ランウェイで笑って, Hepburn: Ranwei de Waratte), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Smile Down the Runway, adalah seri manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kotoba Inoya. Manga ini dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Magazine milik Kodansha mulai bulan Mei 2017. Di Amerika Utara, lisensi manga ini didapatkan oleh Kodansha USA di bawah cetakan Kodansha Comics. Adaptasi seri televisi anime dari manga ini yang diproduksi oleh Ezo'la dan ditayangkan mulai tanggal 10 Januari hingga 27 Maret 2020 pada pemrograman Animeism.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dua remaja, Ikuto Tsumura dan Chiyuki Fujito, sama-sama memiliki impian untuk berhasil di dunia mode terlepas dari keadaan mereka. Chiyuki bermimpi menjadi model dan berpartisipasi dalam Paris Fashion Week, tetapi orang-orang mengolok-olok mimpinya karena ia terlalu pendek, meskipun ia memiliki sosok kurus dan menggairahkan. Ikuto ingin menjadi perancang busana berkat keterampilan menjahitnya, tetapi keluarganya miskin.

Sebuah kesempatan muncul ketika Hazime Yanagida melihat keahlian Ikuto dalam menjahit, menawarkannya pekerjaan paruh waktu di studio modenya. Ikuto menerima tawaran ini agar ia bisa menghidupi keluarganya. Sementara itu, ayah Chiyuki meminta Ikuto untuk menjadi mitra Chiyuki karena mereka berdua adalah teman sekelas dan ia ingin Chiyuki mengikuti mimpinya meskipun terkendala tinggi badannya. Mereka bergabung dengan model terkenal tetapi pemalu yang bernama Kokoro Hasegawa, yang memiliki tinggi yang menunjang, dan perancang busana Toh Ayano, yang menganggap Ikuto sebagai saingannya. Chiyuki dan Ikuto harus bekerja sama untuk mewujudkan impian mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Ikuto Tsumura (都村育人, Tsumura Ikuto)
Pengisi suara: Natsuki Hanae[3]
Ikuto adalah seorang calon perancang busana berusia tujuh belas tahun. Ia telah bercita-cita menjadi perancang busana sejak usia muda, tetapi ia terpaksa menghentikan mimpinya karena kesulitan keuangan keluarganya. Sebagai anak tertua dan putra satu-satunya, ia membantu ibunya merawat adik-adik perempuannya dan menangani sebagian besar pekerjaan rumah tangga, lalu ia awalnya menolak kuliah dan berencana mendapatkan pekerjaan penuh waktu untuk menghidupi adik-adik perempuannya. Setelah berteman dengan Chiyuki dan mendapatkan pekerjaan paruh waktu di studio Hazime Yanagida, ia mulai bekerja menuju mimpinya menjadi perancang busana, meskipun situasi keuangannya menyebabkan beberapa kemunduran. Meskipun demikian, ia tidak pernah menyerah dan mendukung mereka, lalu ia ingin menjadi perancang busana untuk Chiyuki dan keluarganya di masa depan. Ikuto kemudian menyukai Chiyuki.
Chiyuki Fujito (藤戸千雪, Fujito Chiyuki)
Pengisi suara: Yumiri Hanamori[3]
Chiyuki adalah model berusia tujuh belas tahun untuk perusahaan ayahnya, Mille Neige. Meskipun ia memiliki kecantikan, proporsi tubuh yang tepat dan koneksi serta kekayaan ayahnya, ia tidak memiliki persyaratan tinggi minimum untuk menjadi model dengan tinggi hanya 158 cm (5'2"). Meskipun demikian, ia bermimpi untuk berpartisipasi di Paris Fashion Week sebagai perwakilan dari perusahaan ayahnya dan bertujuan untuk menjadi model top, terlepas dari tinggi badannya yang pendek dan apa yang orang lain pikirkan tentangnya. Chiyuki kemudian menyukai Ikuto.
Kokoro Hasegawa (長谷川心, Hasegawa Kokoro)
Pengisi suara: Ai Kayano[4]
Kokoro adalah calon perancang busana yang pekerja keras dan seorang mahasiswa tahun pertama di sekolah mode Geika. Ia adalah model paruh waktu di agensi Bon Rouge. Dengan tinggi 181 cm (5'11") dengan kepribadian pemalu, penurut dan lemah lembut, ia sadar diri tentang tinggi badannya, meskipun ia tidak terlalu terganggu olehnya saat ia dibina di SMA. Meskipun berbakat sebagai model, Kokoro tidak menyukai aspek-aspek tertentu dari pekerjaan itu, tetapi perasaan berhutangnya kepada manajernya, Yu Igarashi, dan kurangnya rasa percaya diri mencegahnya untuk berhenti sebagai model.
Toh Ayano (綾野遠, Ayano Toh)
Pengisi suara: Ryōhei Kimura[5]
Toh adalah putra angkat berusia 22 tahun dari perancang busana terkenal Mai Ayano dan saingan Ikuto. Ia berasal dari Prancis dan menjadi seorang yatim piatu yang tinggal di jalanan hingga ia berusia dua tahun. Setelah dilatih khusus oleh Mai selama lebih dari dua puluh tahun, ia adalah perancang busana dan pembuat pola yang luar biasa dan dianggap sebagai mahasiswa senior terhebat saat bersekolah di sekolah mode Geika.
Hazime Yanagida (柳田一, Yanagida Hazime)
Pengisi suara: Junichi Suwabe[6]
Hazime adalah perancang busana berbakat yang sedang naik daun dari merek eponimnya dan mentor serta atasan pertama Ikuto. Meskipun menyenangkan dan ramah di sekitar pelanggannya, ia bermulut pedas, kasar, pemarah dan sombong, sifat yang sering meninggalkan kesan negatif pada orang lain. Namun, ia jujur dan penuh perhatian saat ia melihat potensi di Ikuto, ia membantu Ikuto memahami apa artinya menjadi seorang perancang busana.
Kenji Fujito (藤戸 研二, Fujito Kenji)
Pengisi suara: Kazuhiko Inoue[4]
Kenji adalah pendiri dan presiden direktur agensi model dan merek baru Mille Neige, sekaligus ayah Chiyuki. Ia sangat mencintai Chiyuki dan menamai perusahaannya dengan nama putrinya ("Mille Neige" dan "Chiyuki" di mana masing-masing keduanya berarti "Seribu Salju" dalam bahasa Prancis dan Jepang) ketika didirikan. Ia adalah seorang pria yang adil namun praktis. Ia sangat percaya pada bakat Chiyuki sebagai model, tetapi ia tidak pernah menunjukkan pilih kasih pada putrinya.
Shizuku Naruoka (成岡 雫, Naruoka Shizuku)
Pengisi suara: Fumiko Orikasa[4]
Shizuku adalah model dari Mille Neige dan terkenal sebagai model pertama dari perusahaan yang berjalan di panggung di acara Paris Fashion Week yang bergengsi. Setelah mengenal Chiyuki sejak ia masih muda, Shizuku adalah panutan, teman dan mentor Chiyuki, dan ia menyayangi Chiyuki seperti adik perempuannya sendiri. Namun, ia juga blak-blakan dan realistis tentang peluang Chiyuki untuk menjadi model top.
Yu Igarashi (五十嵐 優, Igarashi Yu)
Pengisi suara: Yūko Kaida[4]
Yu adalah manajer Kokoro dan agen dari agensi model Bon Rouge. Ia adalah mantan model, teman dan kolega Shizuku. Ia pernah bekerja dengan Shizuku di Bon Rouge saat remaja.
Kaoru Kizaki (木崎香留, Kizaki Kaoru)
Pengisi suara: Ayaka Fukuhara[7]
Kaoru adalah mahasiswa tahun kedua di sekolah mode Geika yang berfokus pada mode wanita dan merupakan penggemar Hazime. Setelah bekerja sebagai penata rias saat peragaan busana pertama Hazime, Kaoru bersaing sengit dan cemburu terhadap Ikuto setelah melihatnya melangkah untuk memodifikasi salah satu gaun Hazime untuk Chiyuki.
Ryūnosuke Eda (江田龍之介, Eda Ryūnosuke)
Pengisi suara: Kōhei Amasaki[7]
Ryūnosuke adalah mahasiswa tahun kedua di sekolah mode Geika yang berfokus pada mode pria dan merupakan teman masa kecil Kaoru. Percaya diri dan tidak menyukai hak istimewa elit, ia sangat kompetitif dan bertujuan untuk melampaui mereka yang lebih baik darinya, seperti Toh.
Shōko Takaoka (高岡 祥子, Takaoka Shōko)
Pengisi suara: Keiko Han[7]
Shōko adalah kepala sekolah mode Geika dan sangat bangga dengan sekolahnya. Di balik sikapnya yang rapi dan ceria, ia memiliki pandangan yang tajam dan mendukung semua muridnya, termasuk Ikuto, yang didukungnya untuk bersekolah di sekolahnya untuk mengembangkan bakat Ikuto.
Seira (セイラ, Seira)
Pengisi suara: Yui Makino[7]
Seira adalah model paling terkenal di Jepang dan selebriti televisi yang bertanggung jawab untuk memulai jalan Ikuto menjadi seorang perancang busana dan menghidupkan kembali karier model Chiyuki setelah memposting gambar Chiyuki mengenakan gaun Ikuto di media sosialnya. Meskipun tingginya 171 cm (5′7″), yang dianggap pendek untuk model catwalk, ia mampu menjaga keseimbangannya dan tampil di catwalk, tidak peduli seberapa tinggi sepatu haknya. Saat ia berperilaku dengan cara yang ceria dan berkepala dingin, ia sebenarnya memiliki sisi licik dan kompetitif melawan saingan modelnya.
Mai Ayano (綾野麻衣, Ayano Mai)
Pengisi suara: Mayumi Asano[7]
Mai adalah wali angkat Toh, yang secara resmi dikenal sebagai "neneknya", dan CEO merek terkenal Aphro I Dite. Ia dianggap sebagai salah satu perancang busana top di dunia dan sangat dihormati oleh banyak orang. Ia adalah orang yang ketat namun adil dan ramah perihal bakat, memiliki harapan yang tinggi dari Toh dan mengakui bakat Ikuto untuk mempromosikannya menjadi kepala perancang busana "Aphro I Dite novice", salah satu cabang perusahaannya.
Fumiyo Niinuma (新沼 文世, Nīnuma Fumiyo)
Pengisi suara: Ayaka Suwa[7]
Fumiyo adalah penyunting majalah mode terkemuka "MODE JAPAN", yang baru saja dipindahkan dari departemen sastra. Menjadi pemalu dan bertubuh pendek, ia tidak percaya diri dengan penampilan dan kemampuannya menjadi modis dan ia awalnya tidak tertarik pada dunia mode. Namun, ia menjadi lebih tertarik pada dunia mode setelah melihat model pendek Chiyuki di peragaan busana pertama Hazime dan sangat kagum padanya, meskipun ia belum pernah bertemu langsung dengannya.
Yuriko Tsumura (都村 百合子, Tsumura Yuriko)
Pengisi suara: Houko Kuwashima[7]
Yuriko adalah ibu Ikuto, Honoka, Aoi dan Ichika yang baik dan penyayang. Sejak suaminya meninggal ketika anak-anaknya masih kecil, ia telah menjadi satu-satunya pencari nafkah bagi keluarganya dan kecenderungannya untuk bekerja terlalu keras telah membuatnya dirawat di rumah sakit berkali-kali. Terlepas dari kesulitan yang dialaminya, ia tetap positif demi anak-anaknya dan mempertahankan selera humor yang menyenangkan, terutama terhadap Ikuto.
Honoka Tsumura (都村ほのか, Tsumura Honoka)
Pengisi suara: Yui Ishikawa[4]
Honoka adalah putri tertua dan anak kedua dari keluarga Tsumura. Ia cerdas dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar, bahkan bersekolah di sekolah yang berbeda dari saudara-saudaranya yang lain dan suatu hari bermimpi bekerja di luar negeri. Namun, mengurus keluarganya menyita perhatiannya, menyebabkan nilainya terkadang turun, dan ia menyangkal dirinya untuk kuliah karena situasi keuangan keluarga.
Aoi Tsumura (都村葵, Tsumura Aoi)
Pengisi suara: Hibiku Yamamura[4]
Aoi adalah adik perempuan kedua dari Ikuto dan anak ketiga dari keluarga Tsumura. Ia berbakat di bola voli dan telah dibina oleh sekolah-sekolah top, meskipun ia menolak tawaran itu karena biaya kuliah yang mahal. Karena olahraganya menyita waktunya, ia tidak membantu di sekitar rumah seperti yang dilakukan oleh Ikuto atau Honoka, tetapi ia cepat membantu saat dibutuhkan. Ia lebih suka pakaian yang mudah dipindahkan dan Ikuto sering membuatkan pakaian berwarna biru untuknya, yang merupakan warna favoritnya dan arti namanya.
Ichika Tsumura (都村いち花, Tsumura Ichika)
Pengisi suara: Hikaru Akao[4]
Ichika adalah adik perempuan Ikuto yang berusia lima tahun dan anak bungsu dari keluarga Tsumura. Ia sangat memuja Ikuto dan pakaian yang dibuat oleh Ikuto untuknya. Aksesori favoritnya adalah pita. Ia biasanya memakai satu di rambutnya dan pakaian yang dibuat oleh Ikuto untuknya selalu memiliki pita atau pola pita di atasnya.
Mii Sakuma (さくま みい, Sakuma Mii)
Mii adalah teman lama Hazime, yang disukainya dan menjadi tutornya ketika ia masih remaja. Ia adalah putri dari arsitek terkenal, Yoshinori Sakuma, yang juga merupakan penyokong Aphro I Dite.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Smile at the Runway ditulis dan diilustrasikan oleh Kotoba Inoya. Manga ini mulai dimuat dalam edisi ke-26 dari majalah Weekly Shōnen Magazine yang diterbitkan oleh Kodansha pada tanggal 31 Mei 2017.[8] Volume pertamanya diterbitkan oleh Kodansha pada tanggal 15 September 2017.[9]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 15 September 2017[10]ISBN 978-4-06-510130-83 September 2019[11]ISBN 978-1-64-212998-4
2 17 November 2017[12]ISBN 978-4-06-510370-81 Oktober 2019[13]ISBN 978-1-64-659098-8
3 17 Januari 2018[14]ISBN 978-4-06-510758-45 November 2019[15]ISBN 978-1-64-659099-5
4 16 Maret 2018[16]ISBN 978-4-06-511073-73 Desember 2019[17]ISBN 978-1-64-659154-1
5 17 Mei 2018[18]ISBN 978-4-06-511413-17 Januari 2020[19]ISBN 978-1-64-659196-1
6 17 Agustus 2018[20]ISBN 978-4-06-511796-54 Februari 2020[21]ISBN 978-1-64-659224-1
7 17 Oktober 2018[22]ISBN 978-4-06-512997-53 Maret 2020[23]ISBN 978-1-64-659250-0
8 17 Desember 2018[24]ISBN 978-4-06-513490-07 April 2020[25]ISBN 978-1-64-659279-1
9 15 Februari 2019[26]ISBN 978-4-06-514129-85 Mei 2020[27]ISBN 978-1-64-659352-1
10 17 April 2019[28]ISBN 978-4-06-514887-72 Juni 2020[29]ISBN 978-1-64-659378-1
11 17 Juli 2019[30]ISBN 978-4-06-515313-07 Juli 2020[31]ISBN 978-1-64-659584-6
12 17 September 2019[32]ISBN 978-4-06-516792-24 Agustus 2020[33]ISBN 978-1-64-659617-1
13 15 November 2019[34]ISBN 978-4-06-517360-21 September 2020[35]ISBN 978-1-64-659682-9
14 17 Januari 2020[36]ISBN 978-4-06-517886-76 Oktober 2020[37]ISBN 978-1-64-659743-7
15 17 Maret 2020[38]ISBN 978-4-06-518683-13 November 2020[39]ISBN 978-1-64-659788-8
16 17 Juni 2020[40]ISBN 978-4-06-519182-81 Desember 2020[41]ISBN 978-1-64-659850-2
17 17 Agustus 2020[42]ISBN 978-4-06-520447-45 Januari 2021[43]ISBN 978-1-64-659903-5
18 17 November 2020[44]ISBN 978-4-06-521017-82 Maret 2021[45]ISBN 978-1-64-659994-3
19 15 Januari 2021[46]ISBN 978-4-06-521959-16 Juli 2021[47]ISBN 978-1-63-699215-0
20 17 Maret 2021[48]ISBN 978-4-06-522518-97 September 2021[49]ISBN 978-1-63-699348-5
21 17 Mei 2021[50]ISBN 978-4-06-523144-97 Desember 2021[51]ISBN 978-1-63-699509-0
22 17 Agustus 2021[52]ISBN 978-4-06-524026-71 Maret 2022[53]ISBN 978-1-63-699637-0

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diumumkan pada tanggal 16 September 2019. Seri ini diproduksi oleh Ezo'la dan disutradarai oleh Nobuyoshi Nagayama, dengan Machida sebagai penulis skenario dan Misaki Kaneko sebagai perancang karakter.[3] Shuji Katayama dan Akinari Suzuki berperan sebagai penyusun musik.[54] Seri ini ditayangkan sejak tanggal 10 Januari hingga 27 Maret 2020 pada pemrograman Animeism di saluran MBS, TBS, dan BS-TBS.[55] Ami Sakaguchi menyanyikan lagu tema pembuka yang berjudul "Lion", sedangkan J-JUN menyanyikan lagu tema penutup yang berjudul "Ray of Light".[56] Funimation mendapatkan lisensi seri ini untuk sulih suara berbahasa Inggris.[2][57] Di Asia Tenggara, Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini.[58]

No.Judul [59][a]Tanggal tayang asli [60]
1"This Is Your Story"
Transkripsi: "Kore wa kimi no Monogatari" (これは君の物語)
10 Januari 2020 (2020-01-10)
Chiyuki Fujito telah mengejar mimpinya menjadi model top. Delapan tahun yang lalu, pertumbuhan tinggi badan Chiyuki tiba-tiba berhenti, yang membuatnya berada di bawah tanda 175 cm, yang diperlukan sebagai syarat menjadi model. Meski begitu, ia memutuskan untuk tidak menyerah. Di kelas, ia mengenal Ikuto Tsumura, di mana ia secara tidak sengaja menemukan mimpinya menjadi perancang busana. Setelah memberitahu Ikuto tentang ketidakmungkinan mimpinya, Chiyuki menyalahkan dirinya sendiri karena mengecilkan hati seseorang dan mencoba mencari agensi lain. Saat ia diterima, Chiyuki akhirnya memutuskan untuk memperbarui mimpi awalnya sebagai gantinya dan mendekati Ikuto untuk merancang pakaian untuknya. Chiyuki sekali lagi menyatakan keyakinannya di depan para juri, termasuk model top Shizuku Naruoka, yang melihat sekilas Paris dari aura dan penampilannya. Chiyuki akhirnya diterima dan ia menangis bahagia karena menjadi anggota agensi yang memiliki arti yang sama dengan namanya, karena "Mille Niege" dalam bahasa Prancis berarti "seribu salju". Di jalan, Chiyuki mengambil fotonya dan model top bernama Seira mempostingnya secara online, mendapatkan ketenaran instan. Ikuto kemudian diizinkan masuk ke agensi setelah ayah Chiyuki ingin membeli rancangan pakaiannya.
2"The Professional World"
Transkripsi: "Puro no Sekai" (プロの世界)
17 Januari 2020 (2020-01-17)
Ayah Chiyuki membatalkan tawaran untuk Ikuto setelah menyadari bahwa ia tidak terlatih secara profesional. Chiyuki kemudian mencoba untuk memacu Ikuto dengan membuktikan bahwa Chiyuki salah seperti yang dilakukannya ke banyak orang lain yang membuat Chiyuki putus asa, tetapi hal itu menjadi bumerang dan Ikuto malah marah kepada Chiyuki. Untungnya, mereka berdamai dan Ikuto membuat pakaian baru untuk dirinya sendiri untuk mencoba lagi di Mille Niege. Ayah Chiyuki mengakui potensi Ikuto, tetapi alih-alih mempekerjakannya, ia merekomendasikan Ikuto ke bisnis rancangan salah satu perancang busana profesional lama mereka yang bernama Hazime Yanagida untuk mendapatkan pengalaman terlebih dahulu. Meskipun Hazime Yanagida kasar dan egois, Ikuto berulang kali terinspirasi oleh Chiyuki untuk tidak meninggalkan studio dan terus meningkatkan karyanya. Hari berikutnya adalah awal dari Tokyo Fashion Week dan momen penting bagi Hazime Yanagida sebagai perancang busana papan atas, tetapi model terakhirnya harus digantikan oleh Chiyuki setelah ia tidak bisa hadir. Lebih buruk lagi, Kumi Moriyama, satu-satunya penjahitnya, pingsan karena mimisan dan kelelahan, membuat Ikuto untuk secara sukarela mengubah gaunnya agar sesuai dengan tinggi Chiyuki.
3"Smile Down the Runway"
Transkripsi: "Ranwei de Waratte" (ランウェイで笑って)
24 Januari 2020 (2020-01-24)
Ikuto mengosongkan diri dari tekanan dengan penggunaan kain dan jarum yang tidak dikenal. Saat Chiyuki menariknya untuk menyemangatinya lagi, Ikuto menyadari bahwa Chiyuki juga takut, tetapi tetap berjuang untuk mimpi Chiyuki sendiri. Dengan beberapa menit sebelum Chiyuki harus keluar, Ikuto menggunakan metode yang tidak biasa untuk menyatukan gaun itu, menerima dukungan dari model lain untuk mengulur lebih banyak waktu sedikit. Penonton dibuat heboh saat melihat model pendek di panggung. Chiyuki berisiko mempermalukan dirinya sendiri lebih jauh ketika ia berjongkok karena pembuat sepatu itu secara tidak sengaja menggunakan tumit yang patah, tetapi diselamatkan oleh Ikuto yang dengan sengaja tidak mengikat benang terakhir dari garis lehernya. Memikirkan Ikuto mengganti gaunnya tanpa pemberitahuan membawa senyum ke wajahnya, meskipun model selalu diajarkan untuk tidak pernah jatuh atau tersenyum di landasan. Meskipun demikian, Chiyuki mendapat tepuk tangan meriah dan ia menyelesaikannya dengan sempurna, mengubah gaya berjalannya untuk kembali ke belakang panggung. Saat juri menunjukkan kekurangan mereka, mereka berdua memutuskan untuk meningkatkan potensi mereka dan kembali dengan merek mereka sendiri. Hazime Yanagida mengakui potensi Ikuto dan memutuskan untuk melatihnya.
4"Young Talents"
Transkripsi: "Wakaki Sainō tachi" (若き才能たち)
31 Januari 2020 (2020-01-31)
Setelah begadang semalaman di tempat kerja Hazime Yanagida, Honoka, kakak perempuan Ikuto yang rajin belajar, keliru percaya bahwa Ikuto bekerja demi keluarga lagi. Rasa bersalah karena harus bergantung pada Ikuto, yang melepaskan mimpinya untuk mencapai mimpi Honoka sendiri, ditambah dengan nilai-nilai Honoka yang buruk, menyebabkan Honoka marah pada Ikuto. Mereka berdamai ketika Ikuto meyakinkannya bahwa ia mengejar mimpinya sendiri sambil bekerja untuk keluarga, mereka berdua berjanji untuk bekerja keras bersama. Saat Yanagida mendapatkan tempat di sebuah mal untuk mereknya, permintaan yang tinggi akan gaun mendorongnya untuk mendapatkan dukungan tambahan dari dua anggota Sekolah Mode Geika yang terkenal di Jepang: Toh Ayano, cucu dari perancang busana papan atas Mai Ayano, serta model dan mahasiswa baru Kokoro Hasegawa. Karena bahan dan gaunnya yang unik dan pas, Ikuto berusaha menggunakannya, sementara Toh melakukannya dengan mudah, meskipun Toh menyadari potensi besar dan bakat Ikuto di tengah ketidaksempurnaannya karena kurangnya keterampilan dan pengalaman. Di penghujung hari, Toh bertanya secara pribadi kepada Hazime Yanagida apakah ia bisa memiliki Ikuto untuk mereknya sendiri.
5"Individual Styles"
Transkripsi: "Sorezore no Ryūgi" (それぞれの流儀)
7 Februari 2020 (2020-02-07)
Karena kereta tertunda, Kokoro dan Ikuto menunggu di bangku taman di mana Kokoro mengungkapkan bahwa ia awalnya ingin menjadi model, tetapi ia terinspirasi oleh Mai di peragaan busana pertamanya hingga ia mendaftar di Geika. Ikuto kemudian menghadiri kelas di Geika tentang Festival Geika mendatang dan memutuskan bahwa Ikuto akan mencoba mendapatkan hadiah utama: kesempatan untuk meluncurkan mereknya sendiri dan belajar di Paris. Di luar sekolah, Ikuto melihat perseteruan antara Kokoro dan manajernya, Yu Igarashi. Ketika Ikuto tiba di rumah Kokoro, Kokoro yang putus asa setuju dengan Yu Igarashi bahwa ia mungkin tidak menjadi perancang busana. Mengingat bagaimana kepala sekolah Geika, Shōko Takaoka, menyebutkan keinginan Kokoro untuk belajar, Ikuto mengusulkan agar mereka berpartisipasi dalam Festival Geika untuk membuktikan bahwa Yu Igarashi salah. Untuk babak penyisihan, Ikuto harus merancang pakaian bergaya yang bisa muat dengan badan Seira dalam waktu satu jam dan menjahitnya untuk model boneka dalam dua hari. Berkonsultasi dengan Chiyuki tentang Seira, yang menaklukkan segala rintangan dan mencapai ketenaran meskipun tingginya 171 cm, Ikuto akhirnya menemukan inspirasi dalam penampilan Chiyuki.
6"Superiority and Inferiority"
Transkripsi: "Yūetsukan to Retsutōkan" (優越感と劣等感)
14 Februari 2020 (2020-02-14)
Chiyuki mengungkapkan kekagumannya terhadap Ikuto kepada teman-temannya. Pada babak penyisihan, Jun Miyamoto, Shōko Takaoka, Toh dan dua kontestan lainnya dipilih sebagai juri. Ikuto menghadirkan rancangan piyama yang tidak konvensional. Meskipun Toh terkesan dengan peningkatan Ikuto dalam menjahit, ia menyebutnya lumpuh. Namun, Ikuto bangkit kembali ketika ia mengingat persetujuan Chiyuki atas karyanya dan mengirimkannya tanpa mengubah apa pun. Shōko Takaoka mengungkapkan bahwa ujian sebenarnya adalah percaya pada rancangan seseorang. Juri kemudian mengungkapkan tiga rancangan teratas yang akan langsung melaju ke babak final, salah satunya adalah milik Ikuto dan satu lagi adalah milik Kaoru Kizaki. Toh kemudian blak-blakan memberitahu Ikuto alasan sebenarnya mengapa rancangannya mendapatkan tempat ketiga dan menawarinya pekerjaan di bawah mereknya, yang diterima oleh Ikuto. Sementara itu, Chiyuki berusaha menemukan majalah untuk menerimanya, akhirnya datang ke "MODE JAPAN" setelah penampilan Chiyuki di acara Hazime Yanagida menginspirasi seorang penyunting mode bernama Fumiyo Niimura. Namun, Fumiyo Niimura digantikan oleh Akasaka, yang hanya menerima Chiyuki setelah model keluar pada menit terakhir. Saat syuting, Chiyuki bertemu dengan Kokoro dan langsung iri dengan tinggi dan kecantikannya.
7"Aura"
Transkripsi: "Ora" (存在感オーラ)
21 Februari 2020 (2020-02-21)
Chiyuki ingat bagaimana Shizuku mengajarinya tentang hal terpenting dalam pemodelan: aura mereka. Meskipin hanya menjadi model pendukung, ia bertekad untuk menunjukkan kualitas baiknya di antara model pendukung lainnya dan Kokoro sebagai pemeran utama. Chiyuki berusaha melawan dan menjatuhkan Kokoro ketika Kokoro memiliki luka di tangannya, tetapi ia gagal ketika ia sengaja mendengar Kokoro yang memberitahu Yu Igarashi bahwa ia ingin berhenti menjadi model. Meskipun Chiyuki menyerangnya, Kokoro tetap bertahan dalam mimpinya untuk merancang pakaian alih-alih menjadi model. Yu Igarashi ingat bagaimana ia sendiri pernah menjadi seorang model bersama Shizuku dan berteman dengan fotografer Chiyuki, Miwako. Yu Igarashi menyadari bahwa ia telah memperlakukan Chiyuki secara tidak adil dan bersikeras dengan Kokoro menjadi model karena rasa rendah diri yang dirasakannya. Kokoro sekali lagi bertentangan dengan pilihannya ketika ia membuat kesalahan sepele di hadapan Hazime Yanagida, tetapi Kokoro dibiarkan masuk setelah banyak memohon dan Ikuto membelanya. Ikuto mengunjungi studio bawah tanah Toh di mana Toh mengungkapkan aspirasinya yang ingin melampaui neneknya. Setelah pertemuan tersebut, Ikuto menyimpulkan bahwa ia ingin menjadi perancang busana sejati daripada pembuat pola.
8"The Designer's Capacity"
Transkripsi: "Dezainā no Utsuwa" (デザイナーの器)
28 Februari 2020 (2020-02-28)
Tema di babak final terungkap dengan karakter Jepang "wa", di mana segala sesuatu yang terkait dengan karakter tersebut diperbolehkan dan perancang busana diizinkan untuk menggunakan model dari Geika atau memilikinya sendiri, dengan Ikuto berencana untuk meminta Chiyuki. Namun, Ikuto diberitahu bahwa ibunya dalam kondisi kritis setelah berulang kali keluar masuk rumah sakit. Ikuto kemudian menyadari bahwa ibunya menunda operasinya sehingga Ikuto bisa memiliki cukup uang untuk Festival Geika. Ikuto dipaksa untuk memilih antara keluarganya dan mimpinya sendiri saat Toh mencoba menggunakan keterampilan membuat polanya, sementara Yu Igarashi mencoba menyuap Ikuto untuk memengaruhi Kokoro agar melepaskan mimpinya menjadi perancang busana. Ikuto akhirnya marah kepada adiknya sendiri, Aoi. Ia kemudian bertemu dengan ayah Chiyuki, yang diberitahu tentang situasi keuangan Ikuto. Karena itu, ia menawarkan untuk membeli rancangan yang dibuat oleh Ikuto untuk Chiyuki seharga dua juta yen sebagai gantinya menghibur putrinya karena tidak menerima satu pun tawaran di Paris. Ikuto yang berterima kasih meminta Chiyuki untuk berperan sebagai model untuk koleksinya di Festival Geika, yang diterimanya.
9"Rivals"
Transkripsi: "Raibāru" (好敵手ライバル)
6 Maret 2020 (2020-03-06)
Chiyuki memberitahu Ikuto tentang pengalamannya dengan Kokoro, sementara Ikuto memberitahu Chiyuki bahwa temanya adalah tentang "angin". Chiyuki, Ikuto dan Kokoro menyadari bahwa mereka semua saling mengenal begitu mereka tiba di tempat kerja Hazime Yanagida. Namun, hal-hal berubah bagi semua orang ketika Chiyuki dan Ikuto melihat perseteruan lain antara Kokoro dan Yu Igarashi. Mengingat bagaimana Ikuto menaruh kepercayaannya pada kerja keras dan keyakinan nyata Kokoro untuk menjadi seorang perancang busana, Chiyuki memutuskan untuk menjadi model untuk pertunjukan Kokoro. Ia kemudian menyatakan bahwa ia dan Ikuto secara resmi adalah saingan dan bertekad untuk melakukan yang terbaik. Sekarang tanpa Chiyuki, Ikuto harus mengulang semua rancangannya. Ketika Ikuto mengunjungi ibunya di rumah sakit, ia berjanji bahwa seluruh keluarga akan menonton pertunjukannya. Di Geika, Ikuto memberitahu Toh bahwa ia akan membuktikan bahwa ia salah dan mengundang Ryūnosuke Eda, teman masa kecil Kaoru yang ahli membuat pakaian pria, untuk membantunya dengan tema barunya "harmoni (chou-wa)", yang juga merupakan tema Toh, mengubah segalanya menjadi pertarungan langsung. Memanfaatkan pengalaman dari Hazime Yanagida, bantuan Ryūnosuke dan kreativitasnya sendiri, Ikuto pergi ke Festival Geika.
10"Must Not Lose"
Transkripsi: "Makerarenai" (負けられない)
13 Maret 2020 (2020-03-13)
Di Festival Geika, Ikuto melihat Toh, Chiyuki dan Kokoro saat mereka menuju ke area pertunjukan setelah ia menyesuaikan Haruka Sudō dengan rancangannya. Sementara itu, keluarga Ikuto, Mai, Yu Igarashi, Shizuku dan Fumiyo Niimura menonton pertunjukan dari berbagai area penonton. Di belakang panggung, Kaoru memberitahu Ikuto bahwa ia akan mengalahkannya. Kaoru kemudian mengingat saat ia melihat Ikuto sebagai saingannya selama pertunjukan Hazime Yanagida. Di tempat lain, Kokoro menyesuaikan Chiyuki dengan rancangannya, sementara Toh memulai persiapannya. Saat giliran Ikuto, koleksinya menampilkan nuansa harmonis dari seluruh dunia. Untuk rancangan akhir, pakaian minimalis dipamerkan, yang mengejutkan hampir semua orang kecuali Mai. Dengan demikian, Ikuto menerima tepuk tangan sementara ibunya menangis bahagia. Kokoro dan Chiyuki ada di urutan berikutnya.
11"The Promise"
Transkripsi: "Yakusoku" (約束)
20 Maret 2020 (2020-03-20)
Yu Igarashi terpaksa mengakui kepada Shizuku bahwa pertunjukan Ikuto cukup bagus sebelum ia pergi untuk menerima telepon. Di belakang panggung, Ikuto mengucapkan semoga sukses untuk Kokoro dan Chiyuki. Ketika Kokoro mengejar Chiyuki, kilas balik mengungkapkan betapa tegangnya kolaborasi mereka pada awalnya sebelum Festival Geika karena persaingan mereka. Selama waktu ini, Kokoro menyetujui permintaan Chiyuki untuk berjalan di panggung dengan imbalan bantuan. Kembali di masa sekarang, pertunjukan Kokoro dimulai di mana Chiyuki mengenakan pakaian yang berbeda. Setelah beberapa saat, Yu Igarashi mengkritik presentasi tersebut. Namun, ia segera menyadari aura Chiyuki. Kokoro kemudian muncul di panggung sebagai model dan terungkap bahwa ia ingin membuat dua pakaian lagi, keduanya adalah setelan Yu Igarashi. Melihat hal ini, Yu Igarashi sangat terkesan. Setelah itu, mereka menerima tepuk tangan dan pelukan emosional dari Chiyuki dan berterima kasih kepada Kokoro di belakang panggung. Kontestan selanjutnya adalah Toh.
12"This Is My Story"
Transkripsi: "Kore wa boku no Monogatari" (これは僕の物語)
27 Maret 2020 (2020-03-27)
Toh ingat Mai memberitahunya jika ia ingin memulai mereknya sendiri, ia harus memecahkan rekor Mai dari lima puluh dua pertanyaan di Festival Geika. Sementara itu, Ikuto bertemu dengan seorang pembeli bernama Satomi Ichihara, yang menawarkan untuk membeli beberapa rancangannya. Saat giliran Toh, koleksinya menampilkan tampilan yang harmonis dari yang biasa dan yang tidak biasa dan Toh menerima tepuk tangan yang meriah. Para kontestan kemudian menuju ke belakang panggung. Setelah beberapa saat, hasil sepuluh besar masuk: Kokoro memenangkan tempat pertama sementara Kaoru mendapat tempat ketujuh. Sayangnya untuk Ikuto, ia berada di tempat kesebelas. Akhirnya, Toh selesai di tempat terakhir setelah ia mundur. Kemudian, Kanami Oguri, salah satu pembuat pola Toh, menjelaskan kepada Ikuto alasan sebenarnya mengapa Toh mengundurkan diri. Hal ini diikuti oleh Takaoka yang menyerahkan formulir pendaftaran siswa kepadanya. Ketika Chiyuki dan Ikuto bertemu, ia dengan bersemangat memberitahunya bahwa ia menandatangani kontrak eksklusif dengan majalah baru. Setelah Festival Geika, Kokoro pergi ke Paris, Chiyuki memulai kariernya sebagai model dan Ikuto memulai magang di Aphro I Dite bersama Toh.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Funimation.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ashcraft, Brian (23 Januari 2020). "Your Summer 2020 Anime Guide". Kotaku. Diakses tanggal 7 September 2020. 
  2. ^ a b "Stay Cozy with Funimation's Winter 2020 Lineup". Funimation. 26 Desember 2019. Diakses tanggal 2 Januari 2020. 
  3. ^ a b c "Smile Down the Runway Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 16 September 2019. Diakses tanggal 16 September 2019. 
  4. ^ a b c d e f g "Smile Down the Runway Anime Reveals Additional Cast, Character Video". Anime News Network. 8 November 2019. Diakses tanggal 8 November 2019. 
  5. ^ "Smile Down the Runway Anime's Video Reveals New Character, Cast". Anime News Network. 15 November 2019. Diakses tanggal 15 November 2019. 
  6. ^ "Smile Down the Runway Anime Reveals TV Ad, Casts Junichi Suwabe". Anime News Network. 22 November 2019. Diakses tanggal 22 November 2019. 
  7. ^ a b c d e f g "Smile Down the Runway Anime Reveals 2nd Promo Video, 5 More Cast Members". Anime News Network. 13 Desember 2019. Diakses tanggal 13 Desember 2019. 
  8. ^ 身長158cmのヒロインがパリコレデビューを目指す成長物語がマガジンで. Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). 31 Mei 2017. Diakses tanggal 19 Januari 2020. 
  9. ^ モデルを目指す小柄少女&デザイナー志望の貧乏男子「ランウェイで笑って」. Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). 15 September 2017. Diakses tanggal 8 Februari 2019. 
  10. ^ ランウェイで笑って(1) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  11. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 1". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  12. ^ ランウェイで笑って(2) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  13. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 2". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  14. ^ ランウェイで笑って(3) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  15. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 3". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  16. ^ ランウェイで笑って(4) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  17. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 4". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  18. ^ ランウェイで笑って(5) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  19. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 5". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  20. ^ ランウェイで笑って(6) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  21. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 6". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  22. ^ ランウェイで笑って(7) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  23. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 7". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  24. ^ ランウェイで笑って(8) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  25. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 8". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  26. ^ ランウェイで笑って(9) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  27. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 9". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  28. ^ ランウェイで笑って(10) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  29. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 10". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  30. ^ ランウェイで笑って(11) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  31. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 11". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  32. ^ ランウェイで笑って(12) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  33. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 12". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  34. ^ ランウェイで笑って(13) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  35. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 13". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  36. ^ ランウェイで笑って(14) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  37. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 14". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  38. ^ ランウェイで笑って(15) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  39. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 15". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  40. ^ ランウェイで笑って(16) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  41. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 16". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  42. ^ ランウェイで笑って(17) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  43. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 17". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  44. ^ ランウェイで笑って(18) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 6 Oktober 2020. 
  45. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 18". Kodansha USA. Diakses tanggal 15 Maret 2021. 
  46. ^ ランウェイで笑って(19) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 3 Desember 2020. 
  47. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 19". Kodansha USA. Diakses tanggal 28 Mei 2021. 
  48. ^ ランウェイで笑って(20) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 3 Februari 2021. 
  49. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 20". Kodansha USA. Diakses tanggal 10 Agustus 2021. 
  50. ^ ランウェイで笑って(21) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 10 April 2021. 
  51. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 21". Kodansha USA. Diakses tanggal 6 November 2021. 
  52. ^ ランウェイで笑って(22) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 1 Juli 2021. 
  53. ^ "Smile Down the Runaway, Volume 22". Kodansha USA. Diakses tanggal 27 Januari 2022. 
  54. ^ 「ランウェイで笑って」新進気鋭のファッションデザイナー・柳田一役は諏訪部順一. Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). 22 November 2019. Diakses tanggal 24 November 2019. 
  55. ^ "Smile Down the Runway Anime's Character Video Streamed". Anime News Network. 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 25 Oktober 2019. 
  56. ^ "J-JUN Performs Ending Song for Smile Down the Runway Anime". Anime News Network. 18 November 2019. Diakses tanggal 18 November 2019. 
  57. ^ "Funimation to Stream Sorcerous Stabber Orphen, A3!, Smile Down the Runway Anime". Anime News Network. 20 Desember 2019. Diakses tanggal 2 Januari 2020. 
  58. ^ "Muse Asia Streams The case files of Jeweler Richard, Smile Down the Runway Anime". Anime News Network. 10 Januari 2020. Diakses tanggal 11 Januari 2020. 
  59. ^ "INTRODUCTION – TVアニメ『ランウェイで笑って』公式サイト" (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 10 Januari 2020. 
  60. ^ "ランウェイで笑って | MBS動画イズム". MBS (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 14 Agustus 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]