Rumpun bahasa Trans-Nugini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumpun bahasa
Trans–Nugini
PersebaranPapua, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku
Penggolongan bahasa
ISO 639-5ngf
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Rumpun bahasa Trans-Nugini atau singkatnya Trans-Nugini (TNG), adalah sebuah rumpun bahasa-bahasa Papua yang besar dan tersebar luas di pulau Papua dan kepulauan-kepulauan sekitarnya. Menurut jumlah bahasanya, rumpun bahasa ini kemungkinan merupakan rumpun bahasa terbesar ketiga di dunia. Rumpun ini memiliki beberapa kelompok inti yang keanggotaannya dirasa sudah kukuh, tetapi cakupan sejati dan daftar lengkap anggotanya masih belum bisa dipastikan.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan dari bahasa-bahasa Trans-Nugini hanya memiliki beberapa ribu penutur, dan hanya ada empat bahasa yang dituturkan oleh lebih dari 100.000 penutur, yaitu: Bahasa Melpa, Bahasa Enga, Bahasa Dani Barat, dan Bahasa Ekari. Bahasa dengan jumlah pengguna terbesar yang berada di luar Nugini adalah Bahasa Makasae, dengan jumlah penutur 102.000 orang.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Pembagian cabang-cabang TNG berdasarkan wilayah penuturannya, menurut Pawley dan Hammarström (2018):[3][4]

Papua tengah
Papua tenggara
Papua Nugini barat daya
Papua Nugini tengah
Semenanjung Papua

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Glottolog: Trans-Nugini Inti
  2. ^ Bahasa-bahasa yang mungkin masuk menurut Ross (2005)
  3. ^ Pawley, Andrew; Hammarström, Harald (2018). "The Trans New Guinea family". Dalam Palmer, Bill. The Languages and Linguistics of the New Guinea Area: A Comprehensive Guide. The World of Linguistics. 4. Berlin: De Gruyter Mouton. hlm. 21–196. ISBN 978-3-11-028642-7. 
  4. ^ Palmer, Bill (2018). "Language rumpun of the New Guinea Area". Dalam Palmer, Bill. The Languages and Linguistics of the New Guinea Area: A Comprehensive Guide. The World of Linguistics. 4. Berlin: De Gruyter Mouton. hlm. 1–20. ISBN 978-3-11-028642-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]