Rumpun bahasa Chamik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa Chamik
Bahasa Aceh–Chamik
Distribusi
geografis:
Indonesia (Aceh), Cambodia, Vietnam, RRC (pulau Hainan), imigran baru di negara-negara lain
Rumpun bahasa:Austronesia
Pembagian:
  • Bahasa Aceh
  • Pesisir
  • Pegunungan
ISO 639-2 / 5:cmc
Glottolog:cham1327[1]

Rumpun bahasa Chamik, disebut juga dengan nama rumpun bahasa Aceh–Chamik, adalah suatu kelompok yang terdiri dari sepuluh bahasa yang dipertuturkan di Aceh (Sumatra, Indonesia) dan di sebagian wilayah Kamboja, Vietnam, dan Hainan (RRC), yang diklasifikasikan sebagai bagian dari rumpun bahasa Melayik, yang termasuk dalam keluarga bahasa-bahasa Austronesia.

Rumpun bahasa Chamik yang terbanyak penuturnya ialah bahasa Aceh, yang dipertuturkan oleh 3,5 juta orang; disusul dengan bahasa Jarai dan bahasa Cham yang masing-masing dipertuturkan oleh 230.000 dan 280.000 orang, yaitu baik di Kamboja maupun di Vietnam. Bahasa Tsat adalah yang paling sedikit penuturnya, yaitu hanya 3.000 orang.

Banyaknya pinjaman yang terjadi sebagai akibat dari kontak jangka panjang, membuat bahasa-bahasa Chamik dan Bahnarik jadi memiliki banyak kesamaan dalam hal kosakata mereka (Thurgood 1999, Sidwell 2009).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • ^ Nordhoff, Sebastian; Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2013). "Bahasa Chamik". Glottolog. Leipzig: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology.