Rumah makan santap sepuasnya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rumah makan santap sepuasnya atau restoran makan-sepuasnya (bahasa Inggris: All-you-can-eat restaurant) adalah jenis rumah makan dimana harga tetap dikenakan untuk masuk, setelah itu pengunjung dapat mengkonsumsi makanan sebanyak yang mereka inginkan. Tempat makan sepuasnya sering berupa prasmanan.

Cara Restoran Santan-sepuasnya Meraup Keuntungan

Memberlakukan Batas Waktu Makan

Hampir semua Restoran santao sepuasnya memberi batas waktu antara 90-120 menit. Waktu makan ini diberlakukan guna membatasi pengunjung dari kemungkinan makan berlebih.[1]

Menyediakan Lauk, Sayuran dan makanan penutup

Cara lain menambah keuntungan adalah membuat siasat dengan hidangan lauk. Harga lauk yang tidak terlalu mahal dibanding daging membuat pihak restoran memilih untuk menyajikannya. Pengunjung juga bisa kenyang lebih awal jika mengonsumsi lauk secara berlebih.

Mengenakan biaya Makanan Sisa

Dengan konsep makan sepuasnya, terkadang pengunjung kalap dan sering lupa diri. Tak sedikit yang langsung mengambil banyak makanan melebihi kapasitas lambung mereka. Sehingga pihak resoran juga tak ingin rugi dengan makanan sisa, jadilah memasang biaya atas makanan yang tersisa itu.

  1. ^ Anindya Utami, Fajria (29 Januari 2020). "Kupas Tuntas Keuntungan dari Bisnis Restoran 'All You Can Eat'". wartaekonomi.co.id. Warta Ekonomi. Diakses tanggal 16 Oktober 2023.