Rumah dendam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Skinny House di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat konon dibangun oleh seorang pria yang hanya mewarisi sepetak kecil tanah di bagian tengahnya, ia membangun bangunan tersebut membuat marah tetangganya dengan menghalangi pandangan mereka

Rumah dendam atau rumah dengki (Inggris: Spite house) adalah bangunan yang dibangun atau dimodifikasi secara khusus untuk mengganggu tetangga atau pihak lain di sekitar pelaku, biasanya akibat dari sengketa lahan atau persoalan lain. Rumah semacam ini biasanya tidak dibangun untuk benar-benar dihuni. Pembangunan rumah dendam juga sering menggunakan struktur yang aneh serta tak praktis.

Rumah dendam dapat menciptakan penghalang, seperti menghalangi cahaya, atau menghalangi akses ke bangunan tetangga,[1] beberapa di antaranya sengaja menggunakan simbol protes dan kebencian yang mencolok.[2][3] Dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan pembangunan rumah dendam, pengadilan jauh lebih mungkin berpihak pada pihak-pihak tetangga yang dirugikan oleh bangunan tersebut.[4] Misalnya dalamm kasus Coty v. Ramsey Associates, Inc. pada tahun 1988 di AS. Dalam kasus tersebut pengadilan memutuskan bahwa lahan pertanian dendam yang dibuat terdakwa mengganggu tetangganya.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Azmi, Faiq. "Alasan Dua Tetangga Tutup Akses Rumah Satu Keluarga di Surabaya". detiknews. Diakses tanggal 2022-01-10. 
  2. ^ Kelly, John (2006-03-26). "John Kelly - Answer Man: In Search Of Houses That Spite Built". The Washington Post (dalam bahasa Inggris). ISSN 0190-8286. Diakses tanggal 2021-12-31. 
  3. ^ United States National Park Service, 1960, Historical American Building Survey: Spite (McCobb-Dodge) House - Page 2. Retrieved March 20, 2008.
  4. ^ a b McEowen, Roger (2018). "Negative Easements – Is There A Right To Unobstructed Light, Air or View? - Agricultural Law and Taxation Blog". lawprofessors.typepad.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-10. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]