Rumah Sakit Umum Massachusetts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumah Sakit Umum Massachusetts
Pintu masuk Rumah Sakit Umum Massachusetts
Peta
Geografi
Lokasi55 Fruit Street, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat
Koordinat42°21′46.10″N 71°04′07.07″W / 42.3628056°N 71.0686306°W / 42.3628056; -71.0686306Koordinat: 42°21′46.10″N 71°04′07.07″W / 42.3628056°N 71.0686306°W / 42.3628056; -71.0686306
Organisasi
PendanaanRumah sakit nirlaba
JenisPendidikan
Afiliasi dengan universitasHarvard Medical School
Pelayanan
Unit Gawat DaruratPusat Trauma Level I dan Pusat Trauma Pediatri Level I[1]
Ranjang pasien999
Sejarah
Dibuka1811[2]
Pranala luar
Situs webmassgeneral.org

Rumah Sakit Umum Massachusetts (Mass General atau MGH) merupakan rumah sakit pendidikan terbesar dan asli milik Harvard Medical School yang berlokasi di West End, Boston, Massachusetts. Rumah sakti ini merupakan rumah sakit umum ketiga tertua di Amerika Serikat yang memiliki kapasitas 999 kamar perawatan[3]. Bersama dengan Brigham and Women's Hospital, MGH merupakan pendiri dari Mass General Brigham (dahulu dikenal sebagai Partners HealthCare), penyedia layana kesehatan terbesar di Massachusetts. MGH menjalankan program rumah sakit berbasis penelitian terbesar di dunia, dengan anggaran tahunan untuj penelitian mencapai lebih dari $1 miliar pada 2019. Saat ini berada di urutan kelima rumah sakit terbaik di Amerika Serikat menurut U.S. News & World Report[4].

Pada November 2017, The Boston Globe menempatkan MGH pada urutan ke-5 tempat terbaik untuk bekerja di perusahaan yang berada di Massachusetts dengan pegawai lebih dari 1.000 orang[5].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada 1811[6], pada awalnya rumah sakit didesain oleh arsitek terkenal Amerika Serikat Charles Bulfinch[7]. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit tertua ke-3 di Amerika Serikat, hanya Rumah Sakit Pennsylvania (1751) dan Rumah Sakit NewYork-Presbyterian pendahulu dari Rumah Sakit New York (1771) yang lebih tua[6]. John Warren, Profesor Anatomi dan Bedah dari Harvard Medical School, mendorong perpindahan sekolah kedokteran ke Boston. Anak dari Warren, John Collins Warren lulusan University of Edinburgh Medical School, bersama dengan James Jackson memimpin usaha untuk memulai Rumah Sakit Umum Massachusetts, yang pada awalnya diusulkan di tahun 1810 oleh Pendeta John Bartlett, Pendeta dari Almshouse, Boston. Dikarenakan semua orang yang memiliki cukup uang dirawat di rumah masing-masing, Rumah Sakit Umum Massachusetts, seperti kebanyakan rumah sakit yang didirikan pada abad ke-19, dimaksudkan untuk merawat kaum miskin[8]. Pelaut berumur 30 tahun menjadi pasein pertama yang dirawat di rumah sakit pada 3 September 1821[9]. Selamat pertengahan sampai dengan akhir abad ke-19, Harvard Medical School berdekatan dengan Rumah Sakit Umum Massachusetts.

Walter J. Dodd mendirikan departemen radiologi di rumah sakit. Tidak lama setelah penemuan sinar X pada 1895, sampai dengan kematiaan dininya pada 1916 karena kanker metastatik yang disebabkan oleh radiasi kanker saat dirinya memimpin departemen radiologi. Ia juga menjalani lebih dari 50 prosedur operasi di rumah sakit untuk mengobati cedera akibat radiasi, mulai dari cangkok kulit sampai dengan amputasi[10]

Rumah sakit pertama di Amerika Serikat yang memiliki pekerja sosial di rumah sakit[11].

Pekerja di rumah sakit mengembangkan sistem perangkat lunak khusus untuk penggunaan medis pada tahun 1960an yang menjadi awal pengembangan bahasa pemrograman MUMPS, yang merupakan penajangan dari "Massachusetts General Hospital Utility Multi-Programming System", sebuah bahasa pemrograman dan sistem pangkalan data yang banyak digunakan pada aplikasi medis seperti data pasein dan penagihan. Sistem pangkalan data pasein utama disebut File Manager, yang dikembangkan oleh Kementerian Veteran Amerika Serikat, dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman MUMPS.

Penggunaan awal anestesi[sunting | sunting sumber]

Monumen di Boston memperingati demonstrasi Morton tentang penggunaan anestesi eter

Di Kubah Ether, Rumah Sakit Umum Massachusetts pada Oktober 1846[7], dokter gigi lokal William Thomas Green Morton, mengundang demonstrasi publik mengenai penggunaan anestesi eter yang dihirup untuk menghasilkan ketidakpekaan terhadap rasa sakit selama prosedur operasi[7]. Beberapa tahun sebelumnya, Dr. Crawford Long dari Danielsville, Georgia juga memberikan eter saat operasi, tetapi hal ini tidak diketahui orang-orang diluar Georgia sampai ia mempublikasikannya pada 1849. Pada 16 Oktober 1846, setelah penggunaan eter oleh Morton, Kepala Bedah MGH, John Collins Warren, membuang tumor tanpa menimbulkan rasa sakit dari pelukis lokal bernama Edward Gilbert Abbott[7]. Menjelang selesainya prosedur, yang dilakukan tanpa kekangan dan teriakan, Warren yang biasanya skeptis menyindir, "tuan-tuan, ini bukanlah tipuan." Berita mengenai penemuan "anastesi" tersebar luas dengan cepat ke seluruh dunia[12].

Reka ulang dari kejadian di Kuba Eter dilukis oleh Warren dan Lucia Prosperi pada 2000. Mereka menggunakan staf MGH untuk pose sebagai toko dari 1846[13]. Kuba eter masih ada hingga sekarang[7] dan masih dibuka untuk umum.

Departemen Anestesi didirikan pada MGH pada 1936 dibawah kepemimpinan Henry Knowles Beecher.

Keberhasilan Penyambungan Kembali beberapa Anggota Tubuh yang Terputus.[sunting | sunting sumber]

Pada 23 Mei 1962, dibawah arahan Ronald A. Malt, tim bedah berhasil menyelesaikan penyambungan kembali beberapa anggota tubuh yang putus[14].

Ketika berusaha untuk menumpang di kereta barang, Everett Knowles menabrak pembatas saat kereta berjalan, memutuskan lengannya dari bahu. Dirinya dan lengannya dilarikan ke MGH, dimana Malt yang berusia 30 tahun memimpin beberapa tim bedah. Beberapa dokter menyiapkan Everett untuk operasi, sementara yang lain merawat lengannya. Pertam-tama mereka menyambungkan kembali "pembuluh darah yang kacau balau, kemudian tulang, dan terakhir kulit". Sejak kecelakaan, pada lengan telah timbul warna "abu-abu lematian", tetapi secara perlahan berubah menjadi merah muda ketika operasi berjalan dan pembuluh darah disambungkan kembali. Jaringan saraf akan disambungkan pada operasi selanjutnya[15][16].

Dr. Malt berkata dengan rendah hati bahwa "apa yang kami lakukan adalah mengaplikasikan teknik yang kita ketahui sejak lama dan tidak pernah memiliki kesempatan untuk berkolerasi sebelumnya...Hal luar biasa ini bukanlah sebuah operasi baru tetapi kerja sama dimana 12 dokter dengan keahlian mumpuni, koleksi otoritas terpandang yang bisa kamu temukan dimanaa saja, bersedia untuk hadir dan memberikan saya pengetahuan mereka yang tidak tertandingi, tanpa keuntungan apapun selain mengetahui bahwa mereka telah berkontribusi" [15].

Pada April 2019, MGH menerima hadiah sebesar $200 juta dari pengusaha asal Cambridge, Massachusetts, Philip Ragon untuk memberikan pusat penelitian vaksin permanen. Hadiah ini merupakan hadiah terbesar dalam sejarah rumah sakit dan sebagai tambahan hadiah sebesar $100 juta yang ia berikan sebelumnya kepada rumah sakit. Pusat vaksin tersebut saat ini sedang melakukan penelitian Vaksin HIV di Afrika Selatan[17].

Fasilitas dan Opersional Saat Ini[sunting | sunting sumber]

Kampus utama MGH terletak di 55 Fruit Street di Boston, Massachusetts. Kampus utama di diperbesar ke area yang dahulu dikenal sebagai West End, Boston, bersebelahan dengan Sungai Charles dan Beacon Hill, Boston. Rumah sakit mampu menampung sekitar 1,5 juta kunjungan pasein rawat jalan setiap tahun di kampus utama, dan juga tujuh fasilitas satelit di Boston yang terletak di Back Bay, Charlestown, Chelsea, Everett, Revere, Waltham, dan Danvers. Dengan lebih dari 25.000 tenaga kerja, rumah sakit ini merupakan pemberi kerja terbesar non-pemerintah di Boston[18].

Rumah sakit memiliki 1.011 kamar rawat dan merawat sekitar 50.000 pasein setiap tahun[4]. Staf bedah melakukan operasi lebih dari 34.000 kali setiap tahun[19]. Jasa obstetri menanggani lebih dari 3.800 kelahiran setiap tahun[20]. Pusat Trauma Rumah Sakit Umum Massachusetts merupakan yang tertua dan terbesar pada Universitas Bedah di Amerika yang terverifikasi level pertama pusat trauma di New England[21], mengevaluasi dan menanggani lebih dari 2.600 pasein trauma per tahun[22]. Arsitek Hisham N. Ashkouri berkerja bersama dengan Hoskins Scott Taylor and Partners, menyediakan desain ruang dan skematis untuk perawatan pediatri, neonatal intensive care, dan pasein rawat inap pada lantai-lantai tertentu, dan juga ruang operasi tiga lantai dan fasilitas pendukungnya. Pada musim gugur 2004, Pusat Yawkey untuk perawat pasein rawat jalan (dinamai untuk menghormati Jean R. Yawkey) dibuka. Fasilitas berlantai sepuluh dengan luas 380.000-kaki-persegi (35.000 m2) merupakan fasilitas terbesar dan terlengkap untuk pasein rawat jalan di New England[23]. Pada 2011, Gedung Lunder seluas 530.000-kaki-persegi (49.000 m2) berlantai 14 dibuka. Gedung ini memiliki tiga lantai ruang operasi, perluasan ruang gawat darurat, ruangan radiasi onkologi, lantai untuk pasein saraf rawat jalan dan bedah saraf, lantai untuk pasein onkologi rawat jalan, yang meningkatkan kapasitas perawatan sebesar 150 kamar.

Rumah Sakit Umum Massachusetts untuk Anak-anak[sunting | sunting sumber]

Rumah Sakit Umum Massachusetts untuk Anak-Anak
Mass Gen Brigham
Berkas:Mass-gen-hfc-logo.svg
Peta
Organisasi
PendanaanRumah sakit nirlaba
JenisRumah Sakit Anak
Afiliasi dengan universitasSekolah Medis Harvard
Pelayanan
Unit Gawat DaruratLevel 1 Pusat Trauma Anak
Pranala luar
Situs webhttps://www.massgeneral.org/children/

Rumah Sakit Umum Massachusetts untuk Anak-Anak (MGHfC) merupakan rumah sakit pendidikan untuk perawatan genting anak yang berlokasi di Boston, Massachusetts. Rumah sakit ini diperkirakan memiliki 100 kamar rawat anak-anak[24] dan berafiliasi dengan Sekolah Medis Harvard[25]. Rumah sakit merupakan anggota dari Mass General Brigham dan satu-satunya rumah sakit anak dalam jaringan tersebut. Rumah sakit menyediakan perawatan menyeluruh dari spesialis anak-anak dan sub-spesialis untuk pasein berusia 0–21[26][27] yang berada di Boston dan Massachusetts. MGHfC terkadang juga merawat orang dewasa yang membutuhkan perawatan untuk anak-anak[28]. Rumah sakit ini merupakan satu-satunya rumah sakit dengan sertifikasi level 1 untuk pusat trauma anak-anak dan orang dewasa di Amerika Serikat[29]. Rumah sakit ini menempel pada MGH dan dekat dengan Ronald McDonald House Charities[30].

Rumah sakti ini memiliki sertifikat level 3 dari American Academy of Pediatrics untuk perawatan intensif neonatal yang berjumlah 18 ruang rawat[31]. Selain itu juga memiiki 14 kamar untuk perawatan intensif untuk pasein anak-anak kritis berusia 0–21[32].

Pada 2020, ditengah Pandemi Covid-19 rumah sakit mengubah ruang perawatan PICU menjadi ruang perawatan ICU dewasa untuk menolong angka perawatan yang meningkat karena Penyakit koronavirus 2019. Pasein yang berada di PICU dipindahkan terlebih dahulu ke Rumah Sakit Anak Tufts dan Rumah Sakti Anak Boston untuk perawatan[33].

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada 2021, RUmah Sakit Umum Massachusetts untuk Anak-anak berada pada urutan kelima untuk rumah sakit spesialis anak-anak berdasarkan U.S. News & World Report.

Peringkat US News & World Report untuk Rumah Sakit Umum Massachusetts untuk Anak [34]
Speisalisasi Peringkat

(Di Amerika Serikat)

Skor (Dari 100)
Neonatologi #42 79.1
Diabetes dan Endokrinologi Anak #28 70.7
Gastroenterologi Anak dan Bedah GI #25 79,6
Pulmonologi Anak dan Bedah Paru-paru #23 77.6
Urologi Anak #47 51.1

Institut Penelitian Umum Massachusetts[sunting | sunting sumber]

Rumah Sakit Umum Massachusetts melaksanakan program rumah sakit berbasis penelitian terbesar di Amerika Serikat, dengan anggaran penelitian setahun mencapai lebih dari $1 miliar[35] pada 2019. Rumah sakit berada di urutan ke-10 yang menerima pembiayaan terbesar dari Institut Kesehatan Nasional pada 2018[36] dengan $500 juta untuk mendukung 959 penelitian. Institut Penelitian Umum Massachusetts didirkan pada 2015 sebagai cara resmi untuk mendukung panduan dan promosi penelitian di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Penelitian di rumah sakit terdapat di lebih dari 30 departemen, pusat penelitian, dan institut di rumah sakit. Rumah sakit merupakan rumah untuk laboratorium penelitian fundamental yang menyelidiki dasar kehidupan dan juga program penelitian klinikal yang sedang berlangsung sekitar 1.200. Rumah sakit memiliki enam pusat penelitian temaik yaitu:

  • Pusat Biologi Sistem
  • Pusat Pengobatan Regeneratif
  • Pusat Pengobatan Genom
  • Pusat Fotomedis Wellman
  • Pusat Biologi Komputasi dan Integratif
  • Institut Ragon MGH, MIT dan Harvard

Ilmuwan terkenal di MGH termasuk Jack W. Szostak, PhD., pemenang Penghargaan Nobel Fisiologi atau Kedokteran tahun 2009[37], Rakesh Jain, PhD., penerima National Medal of Science tahun 2015[38], dan Gary Ruvkun, PhD., pemenang Penghargaan Wolf dalam bidang kedokteran tahun 2014[39], pemenang Gruber Prize in Genetics tahun 2014[40], dan pemenang Breakthrough Prize in Life Sciences tahun 2014[41]. Pada 2019, 55 peneliti dari MGH tercantum pada Laporan Tahunan Highly Cited Researchers yang diterbitkan oleh Clarivate[42]. Terdapat 23 peneliti MGH yang ada di National Academy of Medicine (beberapa terdaftar dibawah afiliasi dari Sekolah Medis Harvard)[43], sedangkan empat peneliti terdaftar di Akademi Sains Nasional Amerika Serikat[44].

Pengobatan terkenal yang dihasilkan dari penelitian di MGH, yaitu:

Pengobatan Perusahaan Keterangan Peneliti
Enbrel Amgen Pengobatan penyakit autoimun Brian Seed, PhD
Duralt Longevity E1, Vivacit-E Zimmer Biomet Polietilen yang mengurangi keausan implan ortopedi William H. Harris, MD, DSc dan Orhun Muratoglu, PhD
Coolsculpting alergi Pembekuan lemak secara selektif untuk penghilangan lemak estetik Rox Anderson, MD
INOmax Mallinckrodt Pengobatan gagal napas hiponik pada neonatus Warren Zapol, MD
StarLux Pusat perhatian Penghilangan bulu laser Rox Anderson, MD
victoza Johnson & Johnson Pengobatan untuk diabetes tipe 2 Joel Habner, MD
Uji Mutasi Cobas EGFR Labcorp Terapi fotodinamik dari degenerasi makula terkait usia basah Tayyaba Hasan, PhD (Pusat Fotomedis Wellman)
Visudyne Novartis Terapi fotodinamik dari degenerasi makula terkait usia basah Tayyaba Hasan, PhD
Entyvio Takeda Pengobatan kolitis ulserativa dan penyakit Crohn Robert B. Colvin, MD dan Andrew Lazarvotis, MD

Hal lainnya[sunting | sunting sumber]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi umum terdekat dari kampus utama milik Otoritas Transportasi Teluk Massachusetts (MBTA) adalah Charles/MGH (Stasiun MBTA) pada jalur merah. Pada 27 Maret 2007, stasiun Charles/MGH terbaru dibuka setelah menjalain renovasi, termasuk menambahkan lift untuk orang cacat[45]. Terdapat lima area layanan makan untuk Publik di MGH, termasuk Eat Street Cafe di Gedung Elison, Blossom Street Cafe di lobi Cox, Coffee Central di lobi white, Tea Leaves and Coffee Beans di Pusat Rawat Jalan Wang, dan Coffee South di pusat rawat jalan Yawkey.

Pendapat kedua[sunting | sunting sumber]

Rumah sakit menawarkan jasa pendapat kedua secara global melalui kerja sama dengan Grand Rounds[46].

Institusi afiliasi[sunting | sunting sumber]

MGH berafiliasi dengan Sekolah Medis Harvard dan merupakan rumah sakit pengajar. Keduanya kemudian mendirikan pusat akamedi ilmu pengetahuan kesehatan. Pada Februari 2009, Phillip T. and Susan M. Ragon Institute Imunologi didirikan untuk mendorong penelitian melalui penciptaan vaksin dan terapi lainnya untuk penyakit terhadap sistem kekebalan tubuh, seperti AIDS. Hal ini dimungkinkan dengan pendanaan sebesar $100 juta selama 10 tahun yang merepresentasikan donasi tunggal terbesar ke MGH[47].

Recovery Research Institute didirikan pada 2013 oleh Dr. John F. Kelly, Profesor Pengobatan Adiksi yang ada di Sekolah Medis Harvard[48]. Institut ini menjadi bagian dari Departemen Psikiatri di Rumah Sakti Umum Massachusetts[49] dan mempublikasikan National Recovery Study, studi representatif nasional pertama yang mempublikasikan angka orang amerika yang sembuh dari kecnduan alkohol dan obat-obatan[50]. Institusi juga menciptakan Addictionary, glosarium pertama kali mengenai istilah kecanduan dan sistem untuk peringatan terminologi yang distigmatisasi[51][51][52].

MGH berafilisasi dengan Dana-Farber Cancer Institute melalui Dana-Farber/Partners Cancer Care dan the Dana-Farber/Harvard Cancer Center.[53] Mereka juga berafilisasi dengan Project Pinball Charity. Pada 2015, MGH Home Base Program menjadi mitra pendiri dari sistem kesehatan Warrior Care Network fokus untuk mengobati Gangguan stres pascatrauma (PTSD) pada veteran, bersama dengan Emory Healthcare, Rush University Medical Center, UCLA Health, dan Wounded Warrior Project[54][55].

Meskipun memiliki kepala dan departemen psikiatri sendiri, MGH berafiliasi dekat dengan Rumah Sakit McLean, rumah sakit psikiatri yang juga berafiliasi dengan Sekolah Medis Harvard[56].

Satuan pendidikan[sunting | sunting sumber]

(dalam kemitraan dengan Universitas Harvard) [57]

Penghargaan dan pengakuan[sunting | sunting sumber]

Peraih Nobel[sunting | sunting sumber]

Terdapat tiga belas peraih Nobel yang bekerja atau berlatih di MGH, yaitu[58]:

Peringkat[sunting | sunting sumber]

Pada 2015, MGH meraih peringkat pertama rumah sakit di Amerika Serikat berdasarkan U.S. News & World Report dan berada pada rangking 16 pada spesialis.

Pada 2012, MGH dinobatkan sebagai rumah sakit nomor satu di Amerika Serikat oleh U.S. News & World Report.

Pada 2011, MGH dinobatkan sebagai rumah sakit kedua terbaik di Amerika Serikat oleh U.S. News & World Report. MGH secara konsisten menjadi salah satu rumah sakit terbaik berdasarkan U.S. News & World Report[59]. Pada 2011, MGH juga dinobatkan sebagai salah satu dari rumah sakit terbaik untuk pengobatan Diabetes & Endokrinologi; Telinga, Hidung & Tenggorokan; Neurologi & Bedah Saraf; Oftalmologi; Ortopedi; dan Psikiatri.

Pada 2003, MGH meraih predikat "Magnet Hospital" dari American Nurses Credentialing Center, anak perusahaan dari Asosiasi Perawat Amerika Serikat. Predikat "Magnet Hospital" merepresentasikan penghargaan tertinggi untuk keunggulan perawat[60].

Pada Agustus 2011, Becker's Hospital Review menempatkan MGH diurutan 12 dari 100 rumah sakit dengan pertumbuhan terbaik dengan pemasukan mencapai $5,64 miliar[61].

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 215, mantan dokter MGH mengajukan tuntutan dibawah perlindungan yang menuduh bahwa setidaknya lima dokter bedah ortopedi membahayakan pasein dengan cara menempatkan mereka lebih lama dalam kondisi dibius dari yang dibutuhkan ketika mereka melakukan operasi serentak. Pada tahun tersebut, MGH memecat Dr. Dennis Burke setelah ia berbicara dengan The Boston Globe mengenai praktik pemesanan ganda. Pada 2019, MGH membayar $13 juta dan setuju untuk meningkatkan praktik keselamatan, untuk berdamai dengan gugatan Burke[62]. Selain itu pada 2019, MGH membayar $5,1 juta untuk berdamai dengan tuntutan Malapraktik medis yang melibatkan operasi bersamaan yang dilakukan terhadap mantan pemain basebal Boston Red Sox, Bobby Jenks[62].

Dr. Lisa Wollman mengajukan kembali tuntutan hukum pada Juni 2017 dibawah hukum federal Undang-undang Klaim Palsu, mengutip kekhawatiran bahwa rumah sakit didorong oleh keuntungan ekonomi dan membiarkan pasein tidak mengetahui prakik operasi bersamaan. Pengacara Wollman mengklaim bahwa Medicare dan Medicaid ditipu karena mereka mensyaratkan dokter bedah harus hadir untuk seluruh "porsi kritis" dari operasi agar mendapatkan kompensasi[63]. MGH berdamai dengan tuntutan hukum pada 2022 dengan membayar $14,9 juta, termasuk biaya pengganti terhadap sengketa pembayaran pemerintah dan setuju untuk memberikan persetujuan yang lebih detail terhadap praktik ini kepada pasein[62].

Pada Juni 2019, diperkirakan terhadap 10.000 pasein yang berpartisipasi dalam penelitian di MGH, dimana nama mereka, tanggal lahir, diagnosa, tes, catatan medis, dan sejarah medis terungkap dalam kebobolan data oleh "pihak ketiga yang tidak berkepentingan". Peristiwa ini tidak diketahui oleh publik sampaikan Agustus 2019[64].

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Trauma Centers". American College of Surgeons. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-11. Diakses tanggal 2011-09-14. 
  2. ^ Liz Kowalczyk (2011-02-26). "A great institution rises and, with it, the healing arts". The Boston Globe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2011-02-26. 
  3. ^ "About Massachusetts General Hospital". Massachusetts General Hospital. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-27. Diakses tanggal 2019-08-12. 
  4. ^ a b "America's Best Hospitals: the 2021-22 Honor Roll and Overview". U.S. News & World Report. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-10. Diakses tanggal 2021-07-31. 
  5. ^ Johnson, Katie (2017-11-16). "Top largest employers for 2017 in Greater Boston". The Boston Globe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-17. Diakses tanggal 2018-10-03. 
  6. ^ a b Liz Kowalczyk (2011-02-26). "A great institution rises and, with it, the healing arts". The Boston Globe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2011-02-26. 
  7. ^ a b c d e Sara Brown (2011-02-23). "New Beacon Hill museum will showcase MGH medical innovations". The Boston Globe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2011-02-26. 
  8. ^ "Harvard Medical School: A History and Background". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-05-16. Diakses tanggal 2007-05-05. 
  9. ^ "Massachusetts General Hospital Admits First Patient". MassMoments. Mass Humanities. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-27. Diakses tanggal 2019-09-03. 
  10. ^ Suit, Herman D.; Loeffler, Jay S. (2011-02-04). Evolution of Radiation Oncology at Massachusetts General Hospital (dalam bahasa Inggris). Springer Science & Business Media. ISBN 9781441967442. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-26. Diakses tanggal 2020-01-20. 
  11. ^ Beder, J. (2006).
  12. ^ Fenster, Julie M. (2001). Ether Day: The Strange Tale of America's Greatest Medical Discovery and the Haunted Men Who Made ItPerlu mendaftar (gratis). New York City: HarperCollins. ISBN 978-0-06-019523-6. OCLC 260047202. Diakses tanggal 2022-02-24 – via Internet Archive. 
  13. ^ "Museum at Mass General". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2022-02-24. 
  14. ^ "Ronald Malt". The Times. 2002-11-11. ISSN 0140-0460. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-12. Diakses tanggal 2018-06-08. 
  15. ^ a b Howard, Jane (1962). "He Takes a Grip on Life". Life Magazine. 
  16. ^ "Donald Alan Malt". Harvard Gazette (dalam bahasa Inggris). 2006-03-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-12. Diakses tanggal 2018-06-08. 
  17. ^ Di Mento, Maria (2019-04-26). "Tech Billionaires Give $200 Million to Mass. General Hospital". The Chronicle of Philanthropy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-27. Diakses tanggal 2019-04-27. 
  18. ^ "The Largest Employers in the City of Boston 2013". Boston Redevelopment Authority. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-15. Diakses tanggal 2014-08-10. 
  19. ^ "Hospital Overview". Massachusetts General Hospital. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-27. Diakses tanggal 2014-08-10. 
  20. ^ "Obstetrics Program". Massachusetts General Hospital. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal 2013-03-09. 
  21. ^ "Hospital Overview". Massachusetts General Hospital. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-27. Diakses tanggal 2013-03-09. 
  22. ^ "Division of Trauma, Emergency Surgery and Surgical Critical Care". Massachusetts General Hospital. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-17. Diakses tanggal 2013-03-09. 
  23. ^ Perkins, Will (September 2007). "Massachusetts General Hospital—Yawkey Center for Outpatient Care [Boston, MA]". Healthcare Design. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-16. Diakses tanggal 2013-03-09. 
  24. ^ "Greener pastures: Mass General's ambitious plans to compete in pediatric care". FierceHealthcare (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-29. Diakses tanggal 2020-05-05. 
  25. ^ "Harvard-Wide Pediatric Health Services Research Fellowship". Massachusetts General Hospital for Children (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-26. Diakses tanggal 2020-05-05. 
  26. ^ "Adolescent and Young Adult Medicine". Massachusetts General Hospital (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-02. Diakses tanggal 2020-05-05. 
  27. ^ "Down Syndrome Adolescent & Young Adult Clinic". Massachusetts General Hospital (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-19. Diakses tanggal 2020-05-05. 
  28. ^ "CHD Clinic - Massachusetts General Hospital Adult Congenital Heart Disease Program". ACHA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-26. Diakses tanggal 2020-05-05. 
  29. ^ "Trauma Centers". American College of Surgeons (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-05. 
  30. ^ "About Us". Ronald McDonald House Boston Harbor (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-03. Diakses tanggal 2020-05-05. 
  31. ^ "NICUSearch". American Academy of Pediatrics (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-03. Diakses tanggal 2020-05-05. 
  32. ^ "Our Mission". Massachusetts General Hospital (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-11. Diakses tanggal 2020-05-05. 
  33. ^ Yager, Phoebe H.; Whalen, Kimberly A.; Cummings, Brian M. (2020-05-28). "Repurposing a Pediatric ICU for Adults". New England Journal of Medicine. 382 (22): e80. doi:10.1056/NEJMc2014819alt=Dapat diakses gratis. ISSN 0028-4793. PMID 32412712. 
  34. ^ "Best Children's Hospitals". U.S. News and World Report (dalam bahasa Inggris). 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-30. 
  35. ^ "Overview of the Research Institute". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-10. Diakses tanggal 2020-01-08. 
  36. ^ "NIH Awards by Location and Organization - NIH Research Portfolio Online Reporting Tools (RePORT)". report.nih.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-07. Diakses tanggal 2020-01-08. 
  37. ^ "The Nobel Prize in Physiology or Medicine 2009". NobelPrize.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-16. Diakses tanggal 2019-06-11. 
  38. ^ "President Obama to Honor Rakesh Jain of MGH and Harvard Medical School | INDIA New England News". Indianewengland.com. 2015-12-22. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-01. Diakses tanggal 2019-06-30. 
  39. ^ "פרופ' גארי רובקון, Gary Ruvkun". www.wolffund.org.il. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-02. Diakses tanggal 2019-06-11. 
  40. ^ "Gary Ruvkun | Gruber Foundation". gruber.yale.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-09. Diakses tanggal 2019-06-11. 
  41. ^ "Breakthrough Prize – Life Sciences Breakthrough Prize Laureates – Gary Ruvkun". breakthroughprize.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-02. Diakses tanggal 2019-06-11. 
  42. ^ "Highly Cited Researchers - The Most Influential Scientific Minds". HCR. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal 2019-06-11. 
  43. ^ (deceased). "Directory – National Academy of Medicine". Nam.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-02. Diakses tanggal 2019-06-30. 
  44. ^ "Member Search". www.nasonline.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-26. Diakses tanggal 2019-06-11. 
  45. ^ "New Charles/MGH Station Opens". Massachusetts Bay Transportation Authority. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-10. Diakses tanggal 2014-08-10. 
  46. ^ "Remote Second Opinions - Massachusetts General Hospital, Boston, MA". www.massgeneral.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal 2017-04-24. 
  47. ^ "History - The Ragon Institute of MGH, MIT and Harvard". The Ragon Institute of MGH, MIT and Harvard. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-12. Diakses tanggal 2014-08-11. 
  48. ^ "John F. Kelly, Ph.D., ABPP. Elizabeth R. Spallin Professor of Psychiatry in Addiction Medicine at Harvard Medical School". Harvard University. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-08. Diakses tanggal 2020-06-08. 
  49. ^ "MGH launches Recovery Research Institute". Massachusetts General Hospital. 2013-11-08. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-21. Diakses tanggal 2016-07-01. 
  50. ^ Kelly, John (2017-10-18). "Prevalence and pathways of recovery from drug and alcohol problems in the United States population: Implications for practice, research, and policy". Drug and Alcohol Dependence. 181: 162–169. doi:10.1016/j.drugalcdep.2017.09.028. PMC 6076174alt=Dapat diakses gratis. PMID 29055821. 
  51. ^ a b Hamstra, Emily (2020-05-07). "Addictionary: a Glossary of Substance Use Disorder Terminology". National Institutes of Health. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-08. Diakses tanggal 2020-06-08. 
  52. ^ Polansky, Brittany (2019-09-20). "The 'Addictionary'". First Step Behavioral Health. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-08. Diakses tanggal 2020-06-08. 
  53. ^ "Partners and Affiliates - Dana-Farber Cancer Institute | Boston, MA" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-27. Diakses tanggal 2022-02-24. 
  54. ^ "Wounded Warrior Project announces Warrior Care Network". www.healio.com. 2015-06-08. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-30. Diakses tanggal 2017-03-29. 
  55. ^ Jolie, Charlie (2016-01-18). "Rush Launches Intensive Outpatient Program for Veterans". Rush University Medical Center (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-17. Diakses tanggal 2017-03-29. 
  56. ^ "History - MGH McLean Adult Psychiatry Residency Program". Massachusetts General Hospital. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-03. Diakses tanggal 2013-03-09. 
  57. ^ "MGH Institute of Health Professions |". www.mghihp.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-30. Diakses tanggal 2019-06-30. 
  58. ^ Massachusetts General Hospital. "MGH Nobel Prize Laureates throughout history". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-12. Diakses tanggal 2014-08-11. 
  59. ^ Kotz, Deborah (2012-07-17). "Massachusetts General Hospital earns top spot in US News ranking for first time". The Boston Globe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2013-03-09. 
  60. ^ "Accreditation of Continuing Nursing Education" (PDF). ANCC. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-10-25. Diakses tanggal 2013-03-09. 
  61. ^ "Becker's Hospital Review". Becker's Healthcare. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-12. Diakses tanggal 2014-08-11. 
  62. ^ a b c Saltzman, Jonathan (2022-02-18). "Mass. General pays $14.6 million to settle whistle-blower suit over concurrent surgeries". The Boston Globe. 
  63. ^ Saltzman, Jonathan; Wallack, Todd (2017-06-07). "Whistle-blower files suit over alleged double-booked surgeries". The Boston Globe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-06-08. Diakses tanggal 2017-06-08. 
  64. ^ Globe Staff (2019-08-22). "MGH reports data breach that exposed information of nearly 10,000 people". The Boston Globe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-22. Diakses tanggal 2019-08-23.