Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI adalah salah satu di antara amal usaha yang didirikan oleh Perkumpulan PDHI. RSIY PDHI yang terletak di Jl. Solo KM 12,5 Kalasan Sleman Yogyakarta ini secara operasional pembangunannya di amanahkan kepada Panitia Pembangunan yang dibentuk pada tanggal 1 Oktober 1992. Panitia ini dipimpin oleh Prof. Dr. dr. H. Lamsudin, M.Med., Sc.,Sp. SK. RSIY PDHI (pada waktu itu masih berstatus Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin) diresmikan pada tanggal 2 Agustus 1997.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gedung UGD RSIY PDHI

Kota Makkah Al Mukaramah pada tanggal 17 Syawal 1371 H bertepatan dengan tanggal 22 Juli 1952 telah menjadi saksi didirikannya Persaudaraan Djama’ah Haji Indonesia (PDHI) oleh 31 orang jamaah haji Indonesia dari Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipimpin oleh KH. Mathori Al Huda. Dalam perkembangan selanjutnya PDHI telah menyempurnakan anggaran dasarnya, kemudian diberikan status Yayasan dengan Akta Notaris No. 27 tertanggal 15 Nopemeber 1977 dan didaftarkan pada Pengadilan Negeri Yogyakarta pada tanggal 19 Desember 1977 dengan Nomor 278/77.

Perkembangan selanjutnya, Yayasan PDHI melakukan penyempurnaan organisasi dengan akta notaries Umar Syamhudi, S.H., Nomor 40 Tanggal 23 Agustus 1991. Kemudian melakukan perubahan dengan nama Perkumpulan PDHI dengan akta notaries Hj. Pandam Nurwulan, S.H., M.H. dengan nomor 59 tanggal 31 Juli 2002.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Perkumpulan PDHI berorientasi pada aspek pemeliharaan ukhuwah islamiyyah secara luas, usaha-usaha mencapai haji mabrur, pemanfaatan kemabruran ibadah haji dalam masyarakat, menggerakkan thalabul ilmi dan amal, pelopor kerja-kerja kolektif dan amal jariyah, tidak mencampuri urusan politik dengan menitikberatkan pada persoalan kerohanian.

Susunan Pengurus Pusat PDHI terdiri dari dewan pertimbangan, pengurus harian, dewan pengawas, beberapa departemen yang membawahi bidang kerja. RSIY PDHI berada di bawah departemen litbang dan pengabdian umat dbidang sosial, amal shalih dan kesehatan.

Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI disingkat dengan RSIY PDHI adalah Rumah Sakit yang dibangun dan didirikan oleh Perkumpulan PDHI dengan Surat Izin Penyelenggaraan Sementara Rumah Sakit Bupati Sleman Nomor 503/2723/DKS/2005 tanggal 9 September 2005.

Lokasi

Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI bertempat dan berkedudukan di Jl. Solo KM 12,5 Dusun Cupuwatu, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp. (0274) 498000, Faks. (0274) 498464, Web: rsiypdhi.com, FB: facebook.com/rsiy.pdhi, Twitter: twitter.com/rsiypdhi, Email: humas@rsiypdhi.com, BBM: 21269B47, Dokter 24 Jam: (0274) 8585000, Whatsapp: 085290000800

Motto

Motto: Karena Allah, kami sajikan yang terbaik untuk kesembuhan Anda.

Pada level manajemen, sejarah Kepemimpinan RSIY PDHI adalah sebagai berikut:

a. BP/RB PDHI dr. Kusbaryanto 1997-1999

b. BP/RB PDHI dr. Sri Lestari 1999-2003

c. RSIY PDHI dr. Nurhidayat Nugroho 2003-2004

d. RSIY PDHI dr. Nurhidayat Nugroho 2004-2007

e. RSIY PDHI dr. Nurhidayat Nugroho 2007-2013

f. RSIY PDHI dr. Widodo Wirawan 2013-sekarang

Pelayanan Klinik

1.     Klinik Obsgyn/Kandungan

2.     Klinik Anak

3.     Klinik Bedah Umum

4.     Klinik Penyakit Dalam

5.     Klinik Jantung & Pembuluh Darah

6.     Klinik Paru

7.     Klinik Urologi

8.     Klinik THT

9.     Klinik Orthopaedi & Traumatologi

10. Klinik Syaraf

11. Klinik Kulit & Kelamin

12. Klinik Mata

13. Klinik Rehabilitasi Medik

14. Klinik Radiologi

15. Klinik Bedah Mulut

16. Klinik Orthodonti

17. Klinik Konservasi Gigi

18. Klinik Kedokteran Jiwa

19. Klinik Psikologi

Rawat Inap

1. Bangsal Multazam

2. Bangsal Madinah

3. Bangsal Ismail

4. Bangsal Halimah

5. Bangsal Arofah

6. Bangsal Mina

Unit Pelayanan 24 Jam

Unit Pelayanan dari Rumah Sakit Islam Yogyakarta yang memberikan pelayanan 24 jam antara lain : Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Radiologi, Laboratorium, Farmasi dan Layanan Ambulance.

Instalasi Gawat Darurat dan Layanan Ambulance Gratis

Merupakan salah satu unit terdepan dari bagian pelayanan rumah sakit yang memberikan pelayanan pada pasien gawat darurat/emergency dan false emergency bekerja sama dengan unit terkait lainnya. RSIY PDHI juga menyediakan layanan ambulance gratis berupa antar jemput pasien.

Instalasi Radiologi 24 Jam

Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI memiliki Instalasi Radiologi 24 Jam, meliputi : Foto Rontgen, CT Scan, USG (Ultrasonografi), Mammografi

Instalasi Laboratorium 24 Jam, meliputi :

1.     Hematologi (LED, Hemoglobin, leukosit, hitung jenis, eritrosit, hematokrit, trombosit, dll)

2.     Gula darah acak

3.     Gula darah puasa 2 jam PP

4.     Fungsi Ginjal (BUN, Kreatinin, asam urat, dll)

5.     Lemak Darah (kolesterol total, kolesterol HDL, Kolesterol LDL, trigliserida)

6.     Fungsi hati (SGOT, SGPT, albumin, globulin, dll)

7.     Urine lengkap

8.     Patologi Anatomi (PA), dengan pelayanan :

a. FNAB regular (non guiding)

b. FNAB guiding CT Scan

c. FNAB guiding USG

d. Pap Smear Papaniculao (conventional)

e. Pap Smear liquid base sitologi

f. Pap Smear liquid base sitologi & Vaksin HPV

g. Sitologi cairan pleura

h. Sitologi cairan sputum

i. Sitologi cairan asites

j. Sitologi cairan urine

k. Sitologi cairan liquor

l. Histopatologi biopsy & bahan operasi

m. KRAS mutation colorectal Cancer

n. ALL RAS mutation colorectal Cancer

o. EGFR mutation lung cancer

p. BRCA 1 & 2 mutation Breast Cancer

q. Imunihistokimia : ER, PR, HER2, KI67, PIG IHC, Panel

Limfoma

r. Dokumentas

Lulus Akreditasi Paripurna KARS

RS Islam Yogyakarta PDHI telah mendapatkan predikat paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Versi 2012.  Akreditasi mengandung arti suatu pengakuan yang diberikan pemerintah kepada rumah sakit karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. Rumah sakit yang telah terakreditasi, mendapat pengakuan dari pemerintah bahwa semua hal yang ada di dalamnya sudah sesuai dengan standar. Sarana dan prasarana yang dimiliki rumah sakit, sudah sesuai standar. Prosedur yang dilakukan kepada pasien juga sudah sesuai dengan standar.

Tingkat-tingkat kelulusan berdasarkan standar akreditasi versi 2012 adalah dasar, madya, utama dan paripurna. Tingkat paripurna adalah tingkat kelulusan tertinggi yang dapat diraih oleh rumah sakit.

penilaian sebuah RSUD untuk mendapatkan akreditasi ini, didasarkan pada standar  pelayanan rumah sakit yang fokus kepada pasien, standar manajemen rumah sakit, patient safety goals dan sasaran MDGs (Millennium Development Goals). Adapun maksud dan tujuannya, untuk memberikan dan meningkatan pelayanan secara optimal kepada warga masyarakat.

Rumah sakit yang telah lulus dengan status paripurna setidaknya harus lulus 15 bab, di antaranya: Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit, Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Millenium Development Goal’s (MDG’s), Akses Pelayanan dan Kontinuitas pelayanan (APK), Asesmen Pasien (AP), Pelayanan Pasien (PP), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Manajemen Penggunaan Obat (MPO), Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI), Kualifikasi dan Pendidikan Staff (KPS), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengarahan (TKP), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK).

Raih Sertifikat WOW Service Excellence Award

RSIY PDHI sudah mendapat sertifikat WOW Service Excellence Award tahun 2015 dari MarkPlus.inc tentang pelayanan yang prima terhadap pasien. Sertifikat tersebut adalah bukti bahwa RSIY PDHI sudah mengedepankan pelayanan yang prima kepada pasien.

Juara 1 Lomba Poster HEPERCCI

Perawat Intensive Care Unit (ICU) RSIY PDHI berhasil meraih juara dalam lomba poster yang diselenggarakan oleh Himpunan Perawat Critical Care Indonesia (HIPERCCI) tingkat DIY. Prestasi ini merupakan prestasi kedua perawat ICU RSIY PDHI setelah tahun 2016 lalu menjadi juara 2 lomba poster yang diselenggarakan oleh HIPERCCI tingkat nasional. Bersaing dengan peserta dari berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia, ia berhasil membawa RSIY PDHI meraih juara 2.

Ketika itu, mereka menampilkan poster dengan tema Asuhan Keperawatan Pasien ICU di RSIY PDHI. Pada lomba poster HIPERCCI tingkat DIY ini, mereka menampilkan sesuatu yang belum pernah ditampilkan sebelumnya, yaitu manajemen Return Of Spontaneous Circulation (ROSC). Dalam lomba tersebut, ia menampilkan tentang kebiasaan di rumah sakit ketika menangani pasien yang henti jantung. Hal ini berdasarkan pengalaman bahwa perawat ICU RSIY PDHI pernah melakukan manajemen tindakan ROSC kepada dua pasien yang mengalami henti jantung. Setelah dilakukan RJP, kedua-duanya sadar dan berhasil pulih kembali sampai sekarang dengan manajemen ROSC tersebut.

Juara 2 Lomba Promosi Konseling KB Tingkat DIY

RSIY PDHI berhasil meraih juara 2 lomba Promosi dan Konseling KB tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2017. Lomba yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu mengkhususkan kepada rumah sakit tipe C dan D di DIY. RSIY PDHI adalah rumah sakit yang mendukung program KB dari pemerintah dan secara rutin melaporkan hasilnya kepada BKKBN. Karena itu, kebidanan RSIY PDHI, melakukan edukasi kepada pasien sejak sebelum melahirkan, ketika hendak melahirkan atau usai melahirkan.

Juara 1 Lomba Senam

RSIY PDHI juga mendorong dan mendukung bagi masyarakat sekitar untuk hidup sehat, salah satunya adalah adanya komunitas senam RSIY PDHI yang dilakukan setiap hari Jum’at pagi. Komunitas senam Rumah Sakit Islam Yogyakarta (RSIY) PDHI Kalasan menyabet juara I dalam lomba senam ‘Hansaplast Senam Koyo’ di DIY. Komunitas ini berhasil mengumpulkan nilai lebih banyak dibanding sembilan komunitas senam lain yang mengikuti lomba tersebut.

Situs Resmi RSIY PDHI

Fanpage FB: https://www.facebook.com/RSIYogyakartaPDHI/