Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Mintohardjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumah Sakit Angkatan Laut
Dr. Mintohardjo

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut
Dibentuk01 Agustus 1957
NegaraJakarta, Indonesia
CabangTentara Nasional Indonesia Angkatan Laut
Situs webwww.rsalmintohardjo.com

Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Mintohardjo Jakarta adalah Rumah Sakit Militer milik TNI Angkatan Laut tipe B yang berada dibawah operasional Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cikal bakal rumah sakit ini berawal dari sebuah kegiatan pelayanan kesehatan berupa perawatan pasien di Jalan Cut Meutia Nomor 16 Jakarta dan klinik Bersalin di Jalan Citandui Nomor 4 Jakarta dan Jalan Cidurian Nomor 2 Menteng Jakarta Pusat, yang kesemuanya itu dikelola oleh Dinas Kesehatan Komando Daerah Maritim Djakarta yang berkedudukan di Jalan Prapatan Nomor 48 Jakarta. Dengan berkembangnya TNI Angkatan Laut dan tuntutan kebutuhan pelayanan dan perawatan kesehatan, maka dibangun sebuah rumah sakit di Jalan Bendungan Hilir Jakarta Pusat yang diresmikan pada tanggal 1 Agustus 1957 dan di beri nama Rumah Sakit Angkatan Laut Djakarta, sebagai Komandan Rumah Sakit dipercayakan kepada Mayor Laut (K) dr. Gandi A.T. Pada saat itu sarana dan prasarana tasilitas rumah sakit sangat sederhana, diawaki oleh 5 orang dokter yang terdiri dari dokter bedah, dokter anak, dokter kebidanan, dokter penyakit dalam dan dokter umum.

Pada tanggal 28 Juni 1961 Rumah Sakit Angkatan Laut Djakarta ditunjuk olen Departemen Kesehatan sebagai tempat Sekolah Pengatur Rawat (A) dan pada masa perjuangan Trikora dan Dwikora, Rumah Sakit Angkatan Laut Djakarta memperoleh kepercayaan memperslapkan tenaga medis dan non medis. Kepercayaan dan predikat silih berganti diperoleh Rumah Sakit Angkatan Laut Djakarta, maka pada tanggal 15 Mei 1974, Rumah Sakit Angkatan Laut Djakarta berganti nama menjadi Rumah Sakit Angkatan Laut Dr.Mintohardjo, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor Skep/5041.2/ II/1974 tanggal 20 Februari 1974.[2] Nama Mintohardjo diambil dari seorang dokter militer yang pernah menjabat sebagai kepala dinas kesehatan di berbagai daerah militer di Indonesia dan Korps Komando Angkatan Laut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Lokasi RSAL Dr. Mintohardjo"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-06-30. Diakses tanggal 2015-06-28. 
  2. ^ "Sejarah Singkat RSAL Dr. Mintohardjo"