Rumah adat Cikondang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rumah Adat Cikondang)


Rumah Adat Cikondang disebut juga bumi adat merupakan bangunan tradisional masyarakat Bandung. Rumah tradisonal sunda ini terletak di kampung Cikondang kabupaten Bandung Selatan.[1] Bangunan ini umumnya terbuat dari bambu, dan berbentuk panggung.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rumah adat cikondang menurut sejarahnya telah berusia 200 tahun. Desa cikondang pernah mengalami kebakaran pada tahun 1942, sehingga bangunan yang tersisa hanya rumah adat ini. Rumah ini mengalami perbaikan oleh pemerintah daerah pada tahun 2010 tanpa mengubah bentuk aslinya. Sekarang rumah tradisional ini menjadi rumah adat tempat masyarakat melakukan kegiatan adat dan tradisi budaya masyakat cikondang.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Rumah Adat Cikondang sebagai tempat kegiatan ritual terutama pada bulan Muharram oleh masyakat Cikondang. Dilihat dari struktur bangunan berbentuk rumah panggung. Rumah Adat terdiri dari dua bangunan yang dibagi atas bangunan yang berukuran besar dan bangunan kecil.

Rumah adat Cikondang memiliki bentuk atap julang ngapak, konstruksi atap terdiri atas kuda-kuda dengan bahan kayu, gording dengan bambu, ditutup dengan atap bambu yang dibelah dua dengan teknik pemasangan tumpang tutup kemudian dilapisi ijuk.

Referensi[sunting | sunting sumber]