Rugbi tujuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rugby sevens)
Rugbi tujuh
Tom Lucas (kuning) menekel Samu Bale (putih), yang membawa bola sambil berlari menuju garis trai.
Induk organisasiRugbi Dunia
Nama lainSevens, 7s, VIIs,
Seven-a-side[1]
Pertama dimainkan1883
Karakteristik
Kontak fisikYa
Anggota tim7
Gender campuranKompetisi terpisah
KategoriOlahraga tim luar ruangan, variansi dari uni rugbi
PeralatanBola rugbi
Keberadaan
Olimpiade2016 dan seterusnya
Pekan Olahraga Dunia2001 – 2013

Rugbi tujuh (bahasa Inggris: rugby sevens atau sevens) merupakan olahraga variasi dari uni rugbi di mana setiap tim bermain dengan tujuh pemain dalam tujuh menit per babak. Olahraga ini biasanya berlangsung di luar ruangan. Federasi olahraga ini ialah Rugbi Dunia, badan yang bertanggung jawab untuk uni rugbi di seluruh dunia. Olahraga ini terkenal di Britania Raya, Argentina, Afrika Selatan, Australia dan Selandia Baru.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Rugby tujuh dikendalikan oleh Rugbi Dunia dan dimainkan dengan aturan serupa (dengan pengecualian yang disebutkan di bawah) dan di lapangan dengan dimensi yang sama dengan permainan uni rugbi. Sementara pertandingan uni rugbi umumnya berlangsung setidaknya 80 menit, pertandingan rugbi tujuh terdiri dari dua babak masing-masing tujuh menit dengan istirahat paruh waktu dua menit. Sebelumnya, final sebuah kompetisi dapat dimainkan dalam dua babak yang masing-masing terdiri dari sepuluh menit,[2] tetapi mulai tahun 2017, pertandingan babak final dibatasi menjadi tujuh menit[3] dalam upaya untuk mengurangi cedera. Skor pada rugbi tujuh umumnya sebanding dengan skor rugbi biasa, tetapi skor lebih sering terjadi dalam rugbi tujuh, karena bek lebih banyak memberi ruang. Sistem penilaiannya sama dengan uni rugbi, yaitu lima poin untuk trai (try), tiga poin untuk tendangan penalti atau gol drop (drop goal) dan dua poin untuk tendangan koversi (conversion kick).[4]

Aturan[sunting | sunting sumber]

Rugbi tujuh dimainkan di lapangan permainan uni rugbi. Lapangan ini memiliki panjang hingga 100 meter dan lebar 70 meter. Di setiap garis gawang terdapat tiang gawang berbentuk H. Tiang gawang berada di garis gawang, tidak seperti sepak bola Amerika di mana tiang berada di belakang garis gawang.

Variasi aturan permainan[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa variasi dalam aturan yang berlaku untuk rugbi tujuh,[5][6] terutama untuk mempercepat permainan dan untuk memperhitungkan berkurangnya jumlah pemain. Perubahan utama dapat diringkas sebagai berikut:

  • Tujuh pemain per tim di lapangan (uni rugbi 15 pemain).
  • Lima pemain cadangan, dengan lima kali pergantian (uni rugbi delapan pemain & pergantian).
  • Tujuh menit per babak (uni rugbi 40 menit per babak).
  • Maksimal dua menit paruh waktu (uni rugbi sepuluh menit).
  • Sepak mula: dalam rugbi tujuh, tim pencetak poin yang melakukan sepak mula (uni rugbi tim yang kebobolan).
  • Kartu kuning berarti keluar lapangan selama dua menit kepada pelanggar (uni rugbi sepuluh menit).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bath, The Complete Book of Rugby, p. 29
  2. ^ "2006–07 IRB Sevens World Series Media Guide" (PDF). International Rugby Board. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 3 July 2007. Diakses tanggal 10 February 2007. 
  3. ^ "Big Sevens finals cut to seven minutes". Australian Rugby. Diakses tanggal 24 April 2020. 
  4. ^ "Rugby 7s rules – Rugby rules for dummies". 8 September 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-11. Diakses tanggal 2023-03-02. 
  5. ^ "Seven-a-side Variations: Standard Set of Variations Appropriate to the Seven-a-side Game" (PDF). International Rugby Board. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 15 June 2007. Diakses tanggal 10 February 2007. 
  6. ^ "Laws of the Game: Seven-a-side Variations". World Rugby. Diakses tanggal 4 June 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]