Rubah Cape

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rubah Cape[1]
Vulpes chama (Etosha).jpg
Rubah Cape dewasa memakan sebuah ayam mutiara berhelm di Taman Nasional Etosha
Kapfuchs-nachwuchs.jpg
Anak Rubah Cape
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Famili: Canidae
Genus: Vulpes
Spesies: V. chama
Cape Fox area.png
Cape fox range
Sinonim
  • caama (C. E. H. Smith, 1839)
  • hodsoni (Noack, 1910)
  • variegatoides (Layard, 1861)

Rubah Cape (vulpes chama), atau juga disebut asse, rubah cama atau rubah yang didukung perak, adalah rubah kecil. pada dasarnya Rubah Cape hidup di Afrika Selatan. Hal ini juga disebut versi Rubah fennec Afrika Selatan karena telinga besar mereka.

Rubah cape memiliki bulu kelabu hitam atau perak dengan sisi bawah dan bagian bawah memiliki warna cahaya kuning. Ujung ekornya selalu hitam.

Rubah Cape memiliki panjang 45 hingga 61 cm (17,5 hingga 24 in), tidak termasuk ekor sepanjang 30 hingga 40 cm (12 hingga 15,5 in). Panjang 28 hingga 33 cm (11 hingga 13 in) tinggi di bahu, dan biasanya beratnya dari 3,6 hingga 5 kg (7,9 hingga 11,0 pon).

Habitat[sunting | sunting sumber]

Ini mendiami sebagian besar negara terbuka, dari dataran padang rumput terbuka dengan semak-semak yang tersebar hingga semak belukar semi gurun, dan juga meluas ke fynbos. Wilayah ini tersebar luas di Zimbabwe, Botswana, dan Afrika Selatan, yang terjadi di sebagian besar Provinsi Barat dan Cape Utara, Cape Timur (tidak termasuk sisi Tenggara), Free State, Barat dan Barat laut KwaZulu-Natal dan juga Provinsi Utara-Barat. Hal ini juga terjadi di Lesotho, wilayah pegunungan tinggi.

Tingkah laku[sunting | sunting sumber]

Tengkorak Rubah Cape

Rubah Cape adalah hewan nokturnal dan paling aktif tepat sebelum fajar atau setelah senja; Hal ini dapat terlihat selama awal pagi dan awal malam. Pada siang hari, biasanya tempat penampungan di Burrows bawah tanah, lubang, cekungan, atau semak padat. Ini sebuah penggali aktif yang akan menggali lubang sendiri, meskipun umumnya memodifikasi lubang ditinggalkan dari spesies lain, seperti springhare, untuk kebutuhan spesifik. Mereka adalah makhluk soliter, dan meskipun mereka membentuk pasangan kawin, jantan dan betina sering ditemukan sendirian, karena mereka cenderung mencari makan secara terpisah. Mereka tidak terlalu teritorial tetapi akan menandai wilayah mereka dengan aroma yang tajam. Meskipun rubah yang biasanya sunyi, Rubah Cape dikenal sebagai berkomunikasi dengan panggilan lembut, rengekan atau celoteh. Namun, itu akan mengeluarkan suara keras ketika dalam bahaya. Ketika dalam suasana hati yang agresif, Rubah Cape dikenal sebagai menggeram dan meludahi penyerangnya. Untuk menunjukkan kegembiraan, rubah mengangkat ekornya, ketinggian ekor sering menunjukkan ukuran untuk kegembiraannya.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Rubah Cape adalah omnivora dan akan memakan tanaman atau hewan. Meskipun mereka lebih suka invertebrata dan mamalia kecil seperti tikus, mereka adalah oportunis dan dikenal untuk berburu dan makan reptil, kelinci, laba-laba, burung, dan kelinci muda. Mereka juga akan memakan telur, larva kumbang, dan bangkai, serta sebagian besar memakan serangga atau buah-buahan. Rubah telah dilaporkan yang dapat membunuh anak-anak domba hingga usia tiga bulan, meskipun ini adalah kejadian yang jarang terjadi.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Khas spesies canid, Rubah Cape berpasang seumur hidup. Mereka mampu berkembang biak sepanjang tahun, tidak seperti rubah merah, meskipun mereka biasanya memiliki keturunan di bulan dari Oktober sampai Januari. Rubah Cape betina memiliki masa gestasi/kehamilan dari 51 hingga 53 hari dan melahirkan satu hingga enam anak. Dipelihara di bawah tanah di dalam lubang, anak-anaknya tetap dekat dengan sarang sampai mereka berusia sekitar empat bulan. Mereka disapih sekitar usia enam hingga delapan minggu, tetapi tidak mulai mencari makan sampai mereka berusia empat bulan. Anaknya biasanya menjadi mandiri pada usia lima bulan, ketika mereka bubar (biasanya pada bulan Juni atau Juli). Mereka biasanya berat dari 50 hingga 100 g (1,8 hingga 3,5 oz) dalam kelahiran. Kedua orang tua merawat yang muda, dengan jantan juga menyediakan bagi betina selama dua minggu pertama. Kelompok keluarga biasanya terdiri dari orang tua dan anak-anak mereka, tetapi kelompok keluarga yang berbeda kadang-kadang bercampur selama menyusui. Kebanyakan tandu mungkin dan telah diamati; Namun, betina biasanya mengusir anaknya dari tandu terakhir ketika dia mengharapkan yang lain. Rubah Cape yang telah tumbuh sepenuhnya dalam waktu sekitar satu tahun, dengan betina dan jantan bisa mencapai kedewasaan seksual pada 9 bulan. Rubah Cape memiliki harapan hidup sekitar enam tahun, tetapi dapat hidup hingga 10 tahun.

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Rubah Cape dianggap membantu mengatur populasi mamalia kecil. Predator dari Rubah Cape termasuk elang dan burung hantu, serta Karakal, macan tutul, Hyena, dan singa. Mereka sering menyerah pada penyakit seperti rabies dan pengganggu anjing, dan dalam beberapa waktu belakangan ini mulai menjadi korban perangkap yang diperuntukkan bagi hewan bermasalah. Sejumlah besar rubah Cape terbunuh di jalan oleh kendaraan. Banyak yang diburu dan dianiaya sebagai hama. Beberapa mungkin keliru karena serigala dan dianggap bertanggung jawab atas kehilangan ternak. Sekitar 2.500 individual tewas setiap tahun; Sekitar 16% dari total populasi rubah cape. Namun, rubah ini tidak dianggap sebagai spesies terancam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wozencraft, W. C. (2005-11-16). Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds), ed. Mammal Species of the World (edisi ke-3rd edition). Johns Hopkins University Press. ISBN 0-8018-8221-4. 
  2. ^ Stuart, C. & Stuart, T. (2008). "Vulpes chama". Diakses tanggal 9 May 2006.