Royal Jordanian Airlines

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Royal Jordanian
الملكية الأردنية
Royal jordanian.jpg
IATA ICAO Kode panggil
RJ RJA JORDANIAN
Didirikan 1963 (sebagai Alia Airlines)
Hub Bandar Udara Internasional Ratu Alia
Kota fokus Bandar Udara Aqaba
Program penumpang setia Royal Plus
Lounge penumpang Crown Lounge
Aliansi Oneworld (2006)
Anak perusahaan
  • Royal Wings
  • Royal Jordanian Cargo
  • Royal Jordanian Ground Handling
Ukuran armada 28 (+18 pesanan/sewa, 4 opsi) di luar kargo
Kota tujuan 58 37 Negara
Slogan perusahaan "The Art of Flying"
Kantor pusat Housing Bank Commercial Center
Amman, Yordania
Orang penting Hussein Dabbas (CEO)
Situs web rj.com

Royal Jordanian Airlines (bahasa Arab: الملكية الأردنية; dibaca: al-Malakiyah al-Orduniyah) adalah sebuah maskapai penerbangan yang memiliki kantor pusat di Amman, Yordania,[1] yang mengoperasikan layanan penerbangan internasional berjadwal menuju empat benua dari basis utamanya di Bandar Udara Internasional Ratu Alia di Amman (AMM) Yordania. Royal Jordanian (RJ) adalah anggota dari Arab Air Carriers Organization dan Oneworld, sebuah aliansi maskapai penerbangan global. Royal Jordanian memenangkan anugerah Centre for Asia Pacific Aviation untuk "Airline Turnaround of the Year 2006" pada 9 November 2006.[2] Maskapai mengoperasikan lebih dari 500 penerbangan setiap minggu, dengan sedikitnya 110 keberangkatan harian. Pada tahun 2005 perusahaan mampu membeli inisialnya dan kode IATA "RJ" sebagai sebuah alamat internet, RJ.com. Royal Jordanian dipilih sebagai "Airline of the Year 2007" oleh Air Finance Journal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Maskapai penerbangan ini didirikan pada 9 Desember 1963 dan memulai operasi pada 15 Desember 1963 setelah keluarnya dekrit kerajaan oleh Alm. Raja Hussein. Maskapai ini diberi nama Alia (atau Aalya) sesuai nama anak pertama Raja Hussein, Putri Alia. Seringkali terjasi salah pemahaman bahwa maskapai ini diberi nama sesuai dengan istri ketiga Raja, Ratu Alya. Maskapai ini didirikan dengan menggunakan modal dari pemegang saham swasta namun kemudian Pemerintah Yordania emngambil alih perusahaan.[rujukan?]

Alia (Royal Jordanian Airlines) memulai operasi dengan dua pesawat Handley Page Dart Herald dan sebuah Douglas DC-7, melayani Kuwait City, Beirut dan Kairo dari Amman. Tahun 1964, DC-7 ditambahkan dan layanan dimulai menuju Jeddah, Arab Saudi. Tahun 1965, Alia memulai layanan menuju Roma, Italia, destinasi pertamanya di Eropa. Pertumbuhan yang dicapai maskapai terancam oleh serangan udara Israel selama Perang Arab-Israel 1967 dimana pesawat DC-7 ikut dihancurkan. Pesawat tersebut digantikan oleh dua Fokker F-27.

Tahun 1968, maskapai mengembangkan rutenya menuju Nicosia, Benghazi, Dhahran dan Doha. 1969 terjadi penambahan layanan menuju Munich, Istanbul dan Teheran.

Lockheed L-1011 TriStar milik Alia dengan corak eksperimental berumur pendek awal dekade 1980an

Tahun 1970, memasuki era jet saat mereka mengakhiri tugas F-27 dan memesan pesawat Boeing 707. Frankfurt dan Abu Dhabi ditambahkan ke dalam jaringan. 707 dikirimkan pada tahun 1971. Pada tahun tersebut, layanan dibuka menuju Madrid, Copenhagen dan Karachi. Selama sisa dekade tersebut, Boeing 720/727 dan Boeing 747 ditambahkan ke dalam armada. Departemen katering didirikan, dan toko bebas bea didirikan di Bandara Amman. Layanan ditambahkan ke beberapa destinasi meliputi: Bahrain, Dubai, Muscat, Rabat, Jenewa, Amsterdam, Baghdad, Bangkok, Wina, Larnaca menggantikan Nicosia, Damaskus, New York City, Houston, dan Ras al-Khaimah. Tahun 1979, Alia menjadi anggota pendiri bagi Arab Airlines Technical Consortium (AATC).

Dekade 1980an, Tunis dan Tripoli bergabung dalam jaringan rute, dan pusat komputer IBM Alia dibuka. Lockheed L-1011, Airbus A310 dan Airbus A320 bergabung dalam armada. tahun 1986, Alia mengganti namanya menjadi Royal Jordanian. Pilot wanita pertama maskapai menerbangkan satu pesawat dalam dekade ini. Layanan ditambahkan menuju Beograd, Chicago, Los Angeles, Miami, Bucharest, Singapura, Riyadh, Kuala Lumpur – dalam kerjasama dengan MAS, Sana'a, Moscow, Montreal, Delhi, Calcutta dan Ankara. Dekade ini juga melihat perkenalan dari Gabriel Automated Ticket System – (GATS).

Royal Jordanian A310 di Bandar Udara Internasional Raja Hussein di Aqaba

Dekade 1990an melita ekspansi lebih lanjut. Royal Jordanian dan sembilan maskapai penerbangan Arab lainnya menandatangani penggunaan Galileo Reservations System. Sistem perawatan dan teknisi IMCS ditambahkan, dan terminal udara kota Amman baru di lingkar ketujuh Ibukota Jordania dibuka, dan layanan menuju Rafah dibuka, sebelum kemudian dihentikan. Kota Toronto, Colombo, Jakarta, Berlin, Mumbai, Milan dan Tel Aviv ditambahkan ke dalam jaringan. Pada bulan November 1997, Royal Jordanian menjadi rekan codeshare denganmaskapai penerbangan AS TWA dan segera memindahkan operasinya ke Pusat Penerbangan TWA (Terminal 5) di Bandar Udara Internasional John F. Kennedy di New York.

Tahun 2000, Federal Aviation Administration (FAA) dari AS memperbarui lisensi departemen perawatan dan teknik maskapai. Toko bebas bea yang masuk dalam layanan mulai diprivatisasi. Sebuah perusahaan investasi, RJI, yang dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah, diperkenalkan sebagai sebuah perusahaan perseroan terbatas terbuka pada Feburari 2001 untuk menangani keseluruhan maskapai dan investasi yang berhubungan. Nama maskapai diganti pada 5 Februari 2001 menjadi Alia – The Royal Jordanian Airlines Company, meskipun pelancong masih menggunakan nama populer dari Royal Jordanian.

Pada 10 Februari 1996, anak perusahaan dari maskapai penerbangan nasional ini, Royal Wings memulai layanan domestik pertamanya menuju Aqaba, pelabuhan laut dari Teluk Aqaba, menggunakan sebuah Fokker F-27. Royal Wings sekarang mengoperasikan pesawat Airbus A320-212 untuk layanan berjadwal dan charter menuju destinasi di Mesir, Siprus dan Israel.

Pada 20 Desember 2006, Royal Jordanian mengumumkan akan mengganti dua Airbus A321 dengan dua unit, dan memesan empat Airbus A319 baru untuk memasuki layanan pada awal tahun 2008.

Pada bulan April 2007, Royal Jordanian menjadi bagian dari aliansi Oneworld, dan menjadi maskapai penerbangan Arab pertama yang bergabung dalam aliansi maskapai penerbangan global. Pada bulan berikutnya, maskapai mengumumkan pemesanan sebanyak 10 Boeing 787, untuk memasuki layanan pada tahun 2010. Ini merupakan pesanan Royal Jordanian pertama yang dilakukan dengan Boeing.[3]

Montreal, Kanada, bergabung kembali dalam jaringan pada 25 Mei 2007, setelah rute ini dihentikan pada tahun 1997. Juga pada bulan Mei, Royal Jordanian menjadi sponsor dari World Economic Forum, yang diadakan di Laut Mati, Yordania.

Pada 11 Juli 2007, Royal Jordanian merayakan tiga puluh tahun penerbangan non-stop antara Amman dan New York City, membuatnya menjadi maskapai Arab yang melayani gerbang internasional AS ini paling lama. RJ memenangkan "Airline Strategy Award" dalam kategori teknologi pada penyelenggaraan tahunan keenam "Airline Strategy Awards" pada 16 Juli 2007. Pada 23 Juli, RJ memulai perkenalan penerbangan kargo, dengan Damaskus menjadi destinasi pertama yang dilayani dari Amman, menggunakan sebuah Boeing 737.

Royal Jordanian melakukan penerbangan perdananya menuju Budapest, Hungaria, pada 28 Juli, menggunakan sebuah Embraer 195. Bulan Oktober, RJ mengumumkan pengubahan pesanan ke dua jet Embraer 195 dari sebelumnya dua Embraer 175. Royal Jordanian membuka ruang tunggu baru di Bandara Aqaba.

RJ akan menjadi maskapai penerbangan Timur Tengah pertama tang menyediakan layanan Internet dalam penerbangan OnAir dan layanan seluler, termasuk e-mail, SMS dan panggilan kepada penumpang.[4] Royal Jordaniantelah meningkatkan kemampuan tiga Airbus A310 dengan biaya lebih dari 10 juta Dinar Yordania (JOD).

Royal Jordanian melakukan privatisasi pada akhir tahun 2007, membuat 71% asetnya dijual. kapitalisasi pasar terhadap perusahaan ini mencapai 260 juta JOD, dan perdagangan sama dimulai pada 17 Desember 2007.

Pada 24 Desember 2007, Royal Jordanian memastikan Baku menjadi salah satu destinasi barunya pada tahun 2008, menggunakan sebuah Embraer 195 dua kali seminggu dari Amman. Namun, pada awal tahun 2008, pegawai RJ memutuskan membatalkan rute baru tersebut, karena tingginya harga bahan bakar dan sebuah pasar baru terlau beresiko dibuka pada waktu tersebut. Royal Jordanian berencana mengoperasikan rute Amman-Baku pada akhir tahun 2009 atau awal yahun 2010. Pada 22 Januari 2008, RJ membuka penerbangan menuju Hong Kong melalui Bangkok, dengan tiga penerbangan tiap minggu pada musim dingin dan lima penerbangan tiap minggu pada musim panas, membuatnya menjadi rute pertama menuju China.[5]

Airbus A319 memasuki layanan pada 13 Maret 2008, membuat RJ menjadi maskapai penerbangan Timur Tengah pertama yang mengoperasikan tiga jenis pesawat dari keluarga Airbus A320.[6] Pada 17 Agustus 2008, Royal Jordanian membuka rute baru menuju Kiev, menggunakan Embraer 195 untuk layanan dua kali seminggu. Pada 24 Agustus 2008, Royal Jordanian membuka ruang tunggu baru di Bandar Udara Internasional Ratu Alia Amman, menggantikan ruang tunggu "Petra" dan "Jerash". Runag tunggu baru ini terletak di lantai kedua terminal selatan dan merupakan ruang tunggu kedua terbesar di Timur Tengah, yang mampu menampung lebih dari 340 penumpang.[7]

Maskapai ini mengumumkan peningkatan 18% dalam jumlah penumpang pada bulan Juli 2008. Dengan keberhasilan maskapai mengangkut 278.000 pemumpang, faktor penumpang meningkat sebesar 5% pada bulan tersebut hingga mencapai 81%.[8] Sebagai bagian dari komitmen Royal Jordanian terhadap aliansi maskapainya, Oneworld, sebuah pengumuman dilakukan pada peringatan 10 tahun berdirinya aliansi pada 3 Februari 2009 bahwa RJ akan meberikan corak baru di A319 barunya (untuk pengiriman akhir Maret) dalam sebuah skema yang berbasis pada nama dan logo Oneworld. Ini merupakan corak khusus pertama bagi Royal Jordanian.[9]

Royal Jordanian membuka kembali layanannya menuju Brussels pada 1 April 2009, enam tahun setelah penutupan rute ini oleh maskapai, dengan penerbangan dua kali seminggi dari Amman dengan rencana maskapai untuk menambah dua penerbangan lagi pada akhir tahun 2009.

Pada 28 Maret 2010, Royal Jordanian membuka layanan penerbangan langsung menuju Madinah Munawwarah, Arab Saudi, dengan empat penerbangan mingguan. Pada 23 maret, Royal Jordanian memastikan telah memesan dua A330-200 dan satu Embraer 175. Royal Jordanian membuka kembali layanan menuju ibukota Malaysia Kuala Lumpur pada 2 Juni 2010 setelah menghentikan operasi rute ini pada tahun 2004. Pesawt yang digunakan dalam rute ini adalah Airbus A330-200 baru.

Slogan[sunting | sunting sumber]

Sumber: Royal Jordanian[10]

Slogan Royal Jordanian
Slogan Tahun mulai Tahun selesai
"From Jordan to the world" 1963 1968
"Excellence in air" 1968 1974
"Journey in Royalty" dan "The way you want to fly" 1974 2005
"Change is in the air" 2006 2008
"You're There." 2008 2009
"Reaching Destinations with More Comfort." 2009 2010
"The Art of Flying" akhir 2010 sekarang

Anak perusahaan[sunting | sunting sumber]

Royal Jordanian memiliki saham di perusahaan berikut:

  • Royal Wings 100%[11]
  • Jordan Airline Training and Simulation Limited (JATS) 20%[11]
  • Jordan Aircraft Maintenance Limited (JorAMCo) 20%[11]
  • Alpha (Flight catering services company) 20%[11]
  • Royal Jordanian Air Academy 6%[11]

Destinasi[sunting | sunting sumber]

Rencana destinasi

Layanan ke beberapa destinasi baru telah dipertimbangkan oleh dewan Royal Jordanian, dimana meliputi: Algiers, Ankara, Berlin, Casablanca, Izmir, Johannesburg, Lagos, London-Gatwick, Luxor, Singapura, Sydney, Teheran dan Tokyo.[12]

Perjanjian Codeshare[sunting | sunting sumber]

Royal Jordanian memiliki perjanjian codeshare dengan maskapai berikut, beberapa juga termasuk anggota Oneworld:

* anggota Oneworld

Armada[sunting | sunting sumber]

Armada sekarang[sunting | sunting sumber]

Armada Royal Jordanian terdiri dari pesawat sebagai berikut (pada 04 Maret 2011 (2011-3-04)):[14]

Armada Royal Jordanian
Pesawat Total Pesanan
Opsi
Penumpang Catatan
C Y Total
Airbus A310-304 2 18 183 201 IFE dan corak baru
Pesawat pengganti: Boeing 787-8
Airbus A319-132 4 14 96 110 Kursi baru dengan AVOD
Dilengkai layanan ponsel di udara
JY-AYP dicat dalam corak Oneworld
Airbus A320-232 4 5[15] 16 120 136 Kursi baru dengan AVOD
Dilengkai layanan ponsel di udara
5 A320 baru menggantikan A320 lama
Airbus A321-231 4 2[15] 20 148 168 Kursi baru dengan AVOD
Dilengkai layanan ponsel di udara
Dua akan digantikan dua A321 baru tahun 2012
Airbus A330-223 2 24 259 283 Jarak jauh internasional
Kursi baru dengan AVOD
Airbus A340-212 4 24 229 253 Corak baru
Kursi baru dengan AVOD
Pesawat pengganti: Boeing 787-8
Boeing 787–8 11[16]
4
TBA Masuk layanan: September 2013
Pengguna pertama Timur Tengah
Pesanan termasuk 4 sewa
Embraer 175 3 12 60 72 Layanan regional
Embraer 195 5 12 88 100 Maskapai Timur Tengah pertama yang menggunakan pesawat ini
Total 28 18

Pada Maret 2011, usia rata-rata armada Royal Jordanian adalah 6 tahun.[17]

Pada awal tahun 2009, Royal Jordanian mengembalikan dua Fokker F28 Mk4000s kepada AirQuarius Aviation karena memutuskan menggunakan pesawat yang lebih efisien menuju Irak, karena tingginya harga minyak. Sejak saat itu RJ memutuskan menggunakan armada Embraer untuk mengoperasikan rute Irak.

Rencana armada masa depan[sunting | sunting sumber]

Royal Jordanian berharap untuk memiliki armada dari 38 pesawat pada tahun 2017. Dengan 11 Boeing 787, 4 Airbus A319, 8 Airbus A320, 6 Airbus A321' and 9 Embraer E-Jets. [18]

Kargo[sunting | sunting sumber]

Royal Jordanian Cargo (Royal Jordanian Airlines Cargo) adalah divisi kargo perusahaan yang beroperasi menuju Afrika, Eropa, Amerika Utara, dan Timur Tengah. Maskapai juga menawarkan layanan charter kargo ke seluruh dunia. Royal Jordanian Cargo terbang menuju lebih dari 50 destinasi termasuk Baghdad, Tel Aviv, London, New York, Kairo, Arab Saudi, Chicago, Delhi, dan Bangkok.

Armada Royal Jordanian Cargo
Pesawat Dalam armada Kapasitas Catatan
Airbus A310-300F[19] 2 35,5 ton
Boeing 737-200F[12] 1 14,5 ton Dioperasikan oleh Transworld Aviation

Armada pensiun[sunting | sunting sumber]

Royal Jordanian pernah mengoperasikan pesawat sebagai berikut:[20]

Armada Pensiun Royal Jordanian
Pesawat Total Pensiun
Airbus A300 1 1993
Boeing 707 4 1998
Boeing 727 4 1986–1990
Boeing 747 4 Semua (4) dijual tahun 1990 karena kebangkrutan.
Fokker F-28 2 2009
Fokker F-27 3 1970
Lockheed L-1011 9 1988–2000
Total 29

Nama pesawat[sunting | sunting sumber]

Maskapai memberikan nama pesawat barunya sesuai nama kota di Yordania. Pesawat yang lebih tua seperti Airbus A340 dan Airbus A310 diberi nama Anggota Kerajaan Hashemite.

Source: Skyscraper City forum post[21]

Nama Pesawat Royal Jordanian
Pesawat Nama
Airbus A320-232 Amman, Aqaba, Irbid, Madaba
Airbus A319-100 Ma'an, Al-Mafraq, Al Shobak, Ajloun
Airbus A321-100 Al-Karak, As-Salt, Al-Ramtha, Tafileh
Embraer 175 Zay, Dana, Azraq
Embraer 195 Petra, Wadi Rum, Maeen, Wadi Musa, Jerash
Airbus A340-200 Pangeran Hussein Bin Abdullah, Putri Iman Bint Abdullah,
Putri Salma Bint Abdullah, Ratu Rania Al-abdullah
Airbus A330-200 Yang Mulia Pangeran Ali bin Al-Hussein (JY-AIF), Sungai Yordan (JY-AIE)

Corak[sunting | sunting sumber]

Corak Royal Jordanians adalah lambung abu-abu gelap dengan nama berwarna emas dalam bahasa Inggris dan Arab. Goresan merah diberikan di bagian ekor, winglet dan mesin bersapa dua garis, satu emas dan yang lain merah, di bagian bawah lambung. Bagian sirip diberi gambar mahkota. Corak ini digunakan sejak tahun 2006; Sebelumnya, corak warnanya mirip, namun mesin tidak dicat, dan ekor tidak memiliki goresan lengkung di atas.

Corak warna khusus[sunting | sunting sumber]

Hingga tahun 2009 Royal Jordanian tidak pernah memiliki pesawat yang dicat dalam corak khusus. Kemudian diumumkan pada peringatan ulang tahun ke-10 bulan Februari 2009 dari aliansi maskapai Oneworld bahwa mereka akan mengecat A319 baru yang dikirimkan pada akhir Maret dengan corak warna khusus, yang berbasis dari nama dan logo Oneworld.

Pesawat ini, dengan registrasi JY-AYP, memiliki lambung yang dicat putih, dengan ekor dan mesin dalam corak Royal Jordanian normal. "A member of Oneworld" merupakan tulisan yang dletakkan di bagian depan pesawat, dengan nama "Royal Jordanian" jauh di belakang.[22]

Royal Plus[sunting | sunting sumber]

Royal Plus adalah Program frequent flyer Royal Jordanian. Penumpang mendapat poin berdasarkan jenis, kelas penerbangan, dan destinasi. Anggota Royal Plus juga bisa memperoleh poin dengan melakukan perjalanan dengan maskapai Oneworld lainnya.

Empat tingkan dari Program Royal Plus adalah:

  • Royal Plus Blue
  • Royal Plus Silver
  • Royal Plus Gold
  • Royal Plus Platinum

Pemegang kartu dari Royal Plus Royal Jordanian yang dalam kategori Silver, Gold atau Platinum dapat menggunakan layanan ruang tunggu Oneworld apapun di seluruh dunia.


Layanan[sunting | sunting sumber]

Katering[sunting | sunting sumber]

Makanan dan minuman yang diberikan dalam penerbangan dari Amman disediakan oleh Alpha Group. Makanan panas disediakan dalam penerbangan yang memiliki lama perjalanan paling sedikit satu jam. Dalam penerbangan yang kurang dari satu jam, awak kabin menyediakan makanan ringan dan minuman dalam penerbangan. Penerbangan ini termasuk penerbangan menuju Tel Aviv, Beirut dan Aqaba dari Amman.

Royal Jordanian, menjadi satu-satunya maskapai penerbangan internasional di dunia yang menyediakan tiga pilihan makanan kepada penumpang kelas ekonominya yaitu daging sapi, ikan, dan ayam dalam penerbangan yang memakan waktu lebih dari dua jam.[23]

Hiburan dalam penerbangan[sunting | sunting sumber]

Sistem hiburan dalam pesawat Royal Jordanian disebut sebagai "Bioskop Udara".

  • Di dalam kabin Kelas Ekonomi, di pesawat A319, A320, A321, A330 dan A340 semua penumpang mendapat televisi pribadi (PTV), dengan sistem audio- dan video-on-demand (AVOD). Sistem ini menyediakan penumpang dengan sebuah pilihan film, acara televisi, audio, dan games. Pesawat A310 tidak dilengkapi dengan PTV dan AVOD dalam Kelas Ekonomi; namun dilengkapi dengan layar yang ditempelkan di atap, dan layar LCD yang diletakkan di setiap lima baris dalam kabin.
  • Dalam Kelas Crown, menumpang memperoleh AVOD yang terdiri dari pustaka besar film, acara televisi, audio, dan games di dalam pesawat A319, A320, A321, A330 dan A340. Perlengkapan hiburan portabel (IMS) hanya tersedia bagi penumpang Kelas Crown yang terbang menggunakan pesawat A310 dan Embraer. Layanan IMS tersedia dalam semua penerbangan internasional. Pustaka IMS terdiri dari film, film pendek, pustaka audio dan games.

Games Interaktif tersedia di semua kelas di seluruh penerbangan, bersama dengan berita yang disediakan oleh CNN dalam semua penerbangan.

Dalam penerbangan yang sangat pendek, dari Amman menuju Tel Aviv, Amman menuju Beirut dan Amman menuju Damaskus, sistem AVOD masih tetap dinyalakan namun hanya menyediakan pilihan permainan, berita CNN dan saluran komedi. Hal ini dilakukan karena lama penerbangan kurang dari 45 menit sehingga film maupun acara televisi tdak akan selesai saat penerbangan berakhir.

Koran dan majalah[sunting | sunting sumber]

Koran dan majalah tersedia bagi semua penumpang Kelas Crown. Koran gratis juga tersedia bagi semua penumpang Kelas Ekonomi. Majalah dalam penerbangan, Royal Wings Magazine, disediakan untuk semua penumpang.

Kursi[sunting | sunting sumber]

Kursi Kelas Crown di pesawat A340 merupakan kursi yang bisa ditidurkan penuh. Pada pesawat A310, kursi buatan Recaro memiliki panjang mendatar 6-kaki (1.8 m) dengan kemiringan hingga 175 derajat.

Jarak kursinya adalah 83 inch di A340, 51 inch di A310 dan 46 inch di pesawat jarak pendek dan menengah.

Dalam Kelas Ekonomi Royal Jordanian menawarkan jarak kursi 32-inch di pesawat Embraer, dan menawarkan jarak kursi 33-inch di dalam pesawat Airbus. Semua kursi Kelas Ekonomi Royal Jordanian juga menyediakan sandaran kaki.

Pada Airbus 330-200 baru, Royal Jordanian menawarkan kursi yang ditidurkan hampir mendatar di Kelas Crown dengan jarak kursi 62-inch dan jarak kursi 34-inch di kabin kelas ekonomi

Ruang tunggu Kelas Crown[sunting | sunting sumber]

Penumpang Kelas Crown dapat menggunakan ruang tunggu di seluruh dunia yang termasuk dalam ruang tunggu semua maskapai anggota Oneworld. Pada Agustus 2008 Royal Jordanian mengoperasikan dua ruang tunggu: satu di Amman, di Bandar Udara Internasional Ratu Alia, dan satu di Aqaba, di Bandar Udara Internasional Raja Hussein. Pada bulan Agustus 2008 Royal Jordanian membuka ruang tunggu barunya, yang mampu menangani lebih dari 340 penumpang. Ini berada di Termminal Selatan pada lantai kedua dan menggantikan ruang tunggu sebelumnya Jerash dan Petra di dalam bandara. Ruang tunggu baru ini merupakan yang terbesar kedua di Timur Tengah dan memiliki fasilitas yang meliputi:

  • Sebuah pusat bisnis, dengan komputer yang terhubung dengan internet.
  • Majalah internasional dan lokal.
  • Ruang tertutup untuk istirahat.
  • Tempat tidur seperti di hotel.
  • Shower.
  • Ruang bermain untuk anak-anak, dengan TV.
  • Ruang bermain untuk dewasa.
  • Mushola.
  • Layar LCD di aula utama ruang tunggu.
  • Ruang merokok dengan penyejuk udara dan ventilasi.
  • Makanan dan minuman.
  • Perpustakaan.
  • Pemandangan landasan pacu.

karena ini merupakan satu-satunya ruang tunggu khusus di Bandar Udara Internasional Ratu Alia, tempat ini juga digunakan oleh semua penumpang yang menggunakan kelas bisnis atau pertana yang datang dan keluar Amman. Royal Jordanian mengumumkan akan mambuka ruang tunggu baru di Dubai, New York, dan London dengan ruang tunggu yang rencananya akan dibuka pada akhir tahun 2009 atau awal 2010 2010.[24]

Persinggahan Zuwar[sunting | sunting sumber]

Penumpang yang transit di Yordania dapat menggunakan paket Persinggahan Zuwar dan menghabiskan waktu beberapa hari di Yordania.

Royal Vacations program[sunting | sunting sumber]

"Royal Vacations Program" milik Royal Jordanian menawarkan paket liburan. Poin yang diperoleh dari tinggal di hotel rekanan Royal Jordanian akan memberi poin juga dalam program Royal Plus.

Aktivitas sosial[sunting | sunting sumber]

  • Bantuan menuju Lebanon, Gaza, Irak dan Pakistan – Staf RJ berkontribusi hingga dua kali pengiriman barang kepada pihak yang membutuhkan di Lebanon dan Gaza, mengikuti kampanye yang dilakukan oleh apra staf untuk menyumbangkan penghasilan satu atau dua hari untuk membantu mereka yang menderita akibat operasi militer pada musim panas 2006. Pengiriman meliputi pemanas, oven gas, kursi roda, makanan, selimut, tas sekolah, dan susu bayi. banrang dikirimkan menuju Lebanon menggunakan RJ, dan menuju Gaza melalui organisasi sosial Yordania. Dalam kerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, RJ melakukan empat perjalanan kargo udara dari Amman menuju Islamabad membawa makanan, pasokan medis, dan bantuan kemanusiaan, sebuah donasi dari Yordania kepada korban dari bencana alam yang menimpa Pakistan tahun 2005. RJ juga membawa bantuan sebesar 27 ton dari penyumbang Jepang kepada penduduk Irak, sebagai tambahan melakukan empat perjalanan lain membawa bantuan dari Jepang menuju Irak.
  • Donasi tiket gratis untuk Asosiasi Keluarga dan Sahabat Penyandang Cacat - donasi ini memungkinkan para penyandang cacat berpartisipasi dalam Perkemahan Rekreasi, Olahraga, dan Budaya Arab pertama di Mesir.
  • Program Injaz – Selama tiga tahun, RJ telah mendukung dan membiayai Program Injaz untuk menyediakan kesempatan ekonomi bagi para Pemuda Yordania.
  • Berkontribusi dalam Dana Al Aman untuk Masa Depan Yatim Piatu
  • Mendukung Ladies of Iraq Al-Ameer Cooperative Society
  • Al-Shajara Cultural Forum
  • Proyek AZM

Anugrah[sunting | sunting sumber]

  • 2007 Airline Strategy Award oleh majalah Airline Business[12]
  • King Abdullah II Award for Excellence, kategori organisasi jasa[12]
  • Situs Maskapai Penerbangan Terbaik Arab
  • Phoenix Award, 2007, oleh majalah Air Transport World[12]
  • CAPA Merit Award untuk Airline Turnaround of the Year 2006[12]
  • International Star Award untuk Kualitas
  • Best Airline Livery Award 2007
  • "Airline of the Year 2007" eleh Air Finance Journal[25]
  • Punctuality Award 2009, Intercontinental category, by Schiphol Aviation Awards[26]
  • 2010 Airline Of The Year pada "Arabian Business Achievement Awards 2010"

Pegawai[sunting | sunting sumber]

Royal Jordanian telah menginvestasikan sejumlah besar uang untuk fasilitas pelatihan awak di kantor pusatnya di Amman. Pada 2008, Royal Jordanian mempekerjakan 4.507 orang.[27]

Persaingan[sunting | sunting sumber]

Royal Jordanian adalah maskapai penerbangan terbesar kedua di Jazirah dan satu-satunya maskapai penerbangan besar Arab yang melayani Israel. Maskapai ini mulai menempatkan strategi baru pada akhir tahun 2002 yang melihat konsentrasi maskapai di kepada negara tetangganya, dengan penambahan frekuensi. Maskapai berencana menjadikan dirinya sebagai maskapai penerbangan regional Timur Tengah dengan menambahkan rute kecil seperti Alexandria di Mesir menuju Aleppo di Suriah yang oleh maskapai yang besar, seperti Emirates Airline, tidak dibuka karena menggunakan pesawat besar dibandingkan dengan jet regional Royal Jordanian. Pada akhir tahun 2008, rencana terbukti sukses bagi maskapai, dengan pesaing utamanya adalah Middle East Airlines dan Egypt Air.[27]

Sejak tahun 2008 Royal Jordanian mengahdapi beberapa kompetisi di dalam Timur Tengah. Kedatangan bayak maskapai bertarif rendah seperti Air Arabia, Jazeera Airways dan flydubai telah menciptakan masalah bagi maskapai Yordania ini. dengan kedatangan maskapai baru tersebut akhirnya Royal Jordanian secara dramatis meningkatkan kualitas layanan darat dan dalam pesawat.

Layanan Charter[sunting | sunting sumber]

Operasi penerbangan charter pribadi dengan menggunakan pesawat dari armada Royal Jordanian jarang dilakukan, namun memungkinkan dilakukan bila pesawat dari Royal Wings, anak perusahaan dari Royal Jordanian, tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Kantor Pusat[sunting | sunting sumber]

Pada 2009, Haddadinco Engineering Company for Contracting sedang membangun kantor pusat Royal Jordanian baru di Amman.[28] Bangunan ini dirancang oleh Niels Torp.[29]

Pada tahun 1960an kantor pusat Alia berada di Mango Building di Amman.[30]

Isiden dan kecelakaan[sunting | sunting sumber]

Terdapat empat insiden dan kecelakaan yang meilbatkan penerbangan Alia Jordanian:

  • Pada 10 April 1965, sebuah Alia Jordanian Handley Page Dart Herald dalam rute dari Beirut menuju Amman jatuh di dekat Damaskus di Suriah. Seluruh empat awak pesawat dan 50 penumpang tewas. Pesawat tidak dapat digunakan lagi.[31]
  • Pada 22 Januari 1973, sebuah Alia Jordanian Boeing 707 jatuh saat mendarat di Bandara Kano di Nigeria. Enam awak pesawat dan 170 penumpang tewas. Pesawat tidak dapat digunakan lagi.[32]
  • Pada 3 Agustus 1975, sebuah Alia Jordanian Boeing 707 yang sedang mengarah ke bandara Agadir di Morocco jatuh di dataran tinggi. Seluruh tujuh awak pesawat dan 181 penumpang tewas.[33]
  • Pada 13 Maret 1979, sebuah Alia Jordanian Boeing 727 jatuh saat mendarat di bandara Doha di Qatar. Tiga awak pesawat dan 42 penumpang tewas. Pesawat tidak dapat digunakan lagi.[34]
  • Pada 11 Juni 1985, Alia Jordanian penerbangan 402, sebuah Boeing 727 yang menuju Beirut, diserbu sesaat sebelum lepas landas oleh sekelompok teroris yang terdiri dari lima orang yang dipimpin oleh Fawaz Younis. Setelah terbang menuju Larnaca, Siprus, dan Palermo, Italia, pesawat kembali menuju Beirut; pesawat lepas landas lagi pada 12 Juni namun hanya mengudara selama beberapa jam sebelum kembali ke Bandara Beirut, dimana pembajak membebaskan semua awak dan penumpang, meledakkan pesawat, dan melarikan diri. Tahun 1988 Younis ditangkap dan menjadi orang pertama yang diadili dalam peraturan federal baru yang memungkinkan otoritas Amerika Serikat menhukum teroris yang bertindak di luar negeri namun melibatkan warga negara Amerika.

Sejak nama maskapai diganti menjasi Royal Jordanian Airlines, satu-satunya insiden mematikan adalah saat seorang pembajak, yang mencari suaka politik, terbunuh pada 5 juli 2000, dalam sebuah Royal Jordanian Airbus A320 yang terbang dari Amman menuju Damaskus.[35]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "RJ Phone numbers in Jordan." Royal Jordanian. Retrieved on 21 June 2010.
  2. ^ Royal Jordanian website
  3. ^ Golden, Lara Lynn (20 May 2007). Press release "Royal Jordanian negotiating for 12 787s through direct purchase and lease contracts". AME Info FZ LLC / Emap Limited.
  4. ^ Home | OnAir. Onair.aero. Retrieved on 2010-11-13.
  5. ^ Manibo, Medilyn (22 January 2008). Press release "RJ starts operating flights between Amman and Hong Kong today". AME Info FZ LLC / Emap Limited.
  6. ^ [1][pranala nonaktif]
  7. ^ [2][pranala nonaktif]
  8. ^ Ammari, Siba Sami (27 August 2008). Press release "RJ reports 18% increase in passenger numbers last month". AME Info FZ LLC / Emap Limited.
  9. ^ News. oneworld (2009-02-03). Retrieved on 2010-11-13.
  10. ^ Golden, Lara Lynn (18 December 2008). Press release "Royal Jordanian's 'You're there' marketing campaign launched". AME Info FZ LLC / Emap Limited.
  11. ^ a b c d e "Company Overview". Royal Jordanian.
  12. ^ a b c d e f Press release "RJ celebrates its 45th anniversary tomorrow". AME Info FZ LLC / Emap Limited. 14 December 2008.
  13. ^ Royal Jordanian, Malaysia Airline sign code-share agreement | Royal Jordanian. AMEinfo.com (2010-09-01). Retrieved on 2010-11-13.
  14. ^ [3]
  15. ^ a b Royal Jordanian to lease seven aircraft; HSBC Holdings upgrades Air Arabia rating | Centre for Asia Pacific Aviation – CAPA. Centreforaviation.com (2010-06-17). Retrieved on 2010-11-13.
  16. ^ "FARNBOROUGH: Royal Jordanian orders three more 787s". Flightglobal.com. 25 July 2010. Diakses 25 July 2010. 
  17. ^ Royal Jordanian Fleet Age
  18. ^ [4]
  19. ^ EDFH-Spotting – Hahn Airport Spotting Community. Intern-edfh-spotting.de. Retrieved on 2010-11-13.
  20. ^ "Timeline". Royal Jordanian. Click on "View our Timeline" for Flash-based information.
  21. ^ yazm1991 (27 May 2008). "Royal Jordanian – Page 2 – Skyscraper City". Skyscraper City.
  22. ^ "oneworld airlines renew their commitment to build on the value the alliance offers customers worldwide – including a standard oneworld livery". 3 February 2009.
  23. ^ [5][pranala nonaktif]
  24. ^ [6][pranala nonaktif]
  25. ^ Press release "RJ awarded "Airline of the Year 2007" by Air Finance Journal". AME Info FZ LLC / Emap Limited. 23 June 2008.
  26. ^ Angioni, Giovanni (29 March 2010). "Estonian Air wins punctuality award in Schiphol". Estonian Free Press.
  27. ^ a b Sobie, Brendan (22 January 2008). "Going the distance: Samer Majali steers Royal Jordanian into privatisation".
  28. ^ "RJ News". Royal Jordanian. 24 November 2009. Retrieved on 13 December 2009.
  29. ^ "Niels Torp: airline headquarters, Amman, Jordan.(Work)(Royal Jordanian Airlines has new corporate headquarters)". Architectural Review. 1 January 2007. Retrieved on 13 February 2010.
  30. ^ 498 "World Airline Directory". Flight International. 2 April 1964.
  31. ^ "ASN Aircraft accident Handley Page HPR-7 Herald 207 JY-ACQ Damascus". Aviation Safety Network. 11 January 2004.
  32. ^ "Kano – History of Aircraft Accidents". KanoOnline.com.
  33. ^ "Accident Database: Accident Synopsis 08031975". AirDisaster.com.
  34. ^ "Accident Database: Accident Synopsis 03141979". AirDisaster.com.
  35. ^ "Bomb Explodes On Jordanian Jet". CBS News. 5 July 2000.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]