Roti lapis es krim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Roti lapis es krim
IceCreamSandwich.jpg
Detail
Bahan utama Es krim (biasanya vanila), biskuit atau kue kering atau kue

Roti lapis es krim adalah sebuah makanan manis beku yang berupa es krim yang dijepitkan di antara dua biskuit/kue kering atau potongan kue sehingga terlihat seperti roti lapis.

Australia[sunting | sunting sumber]

Di Australia, roti lapis es krim diberi nama komersial "Giant Sandwich" (dikenali dari bungkus biru dan merah jambu yang khas), dan "Monaco Bar" (dikenali oleh pembungkus logam emas dan warna hitamnya) di negara bagian Timur. Varian lainnya termasuk jajanan "Kue kering", Maxibon (dengan roti lapis es krim satu setengah) dan Maxibon Cookie, dan "Pat and Stick's Homemade range" (dapat dikenali dengan bentuk lingkarannya).[1]

Roti lapis es krim asli biasa dikenal sebagai "cream between" (lapisan krim di tengah). Seseorang membeli selembar es krim kecil yang dibungkus kertas dan meletakkannya di antara dua wafer.

Iran[sunting | sunting sumber]

Roti lapis es krim Iran klasik

Roti lapis es krim Iran klasik disebut بستنی نانی yang artinya es krim roti, dan dibuat dengan es krim tradisional Iran dalam dua potong wafer. Es krim tradisional Iran biasanya terbuat dari susu kocok, telur, gula, saffron, sa'lab, air mawar, atau vanila.[2]

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Utara, roti lapis es krim adalah sepotong es krim, biasanya es krim vanila meskipun varian rasa lain bisa digunakan, dijepit di antara dua wafer, biasanya wafer coklat dan berbentuk persegi panjang. Ini awalnya dibuat dan dipatenkan oleh Jack Delaney, Tim Jones, John Defilippis, dan Sam West pada tahun 1963. Lukisan dari Jersey Shore sekitar tahun 1905 "Di pantai, Atlantic City", menunjukkan roti lapis es krim populer dengan harga masing-masing 1 ¢ (satu sen).[3] Chipwich, di mana es krim (biasanya vanilla) dijepit di antara dua kue chocolate chip, juga populer.

Israel[sunting | sunting sumber]

Di Israel, roti lapis es krim umumnya dikenal sebagai "Kasata" (קסטה dalam bahasa Ibrani). Nama tersebut menemukan asal usulnya dalam variasi makanan penutup Italia yaitu Cassata, yang terdiri dari kue bolu dan lapisan es krim. Kasata Israel, yang saat ini tidak ada hubungannya dengan Cassata Italia, cukup populer. Biasanya terdiri dari dua biskuit tebal yang menahan campuran es krim vanila dan es krim rasa coklat.

Filipina[sunting | sunting sumber]

Roti lapis es krim yang dibentuk menyerupai hamburger

Pedagang/ penjual es krim lokal dengan gerobak dorong mereka yang berkeliling kota terkadang menawarkan roti lapis es krim, dan roti menjadi pandejal.

Singapura[sunting | sunting sumber]

Es krim wafer adalah sejenis es krim yang populer di Singapura, yang kerap dikenal dengan sebutan es krim potong (cut ice cream), yang terdiri dari dua wafer yang menjepit satu blok es krim. (Ini berbeda dengan "potongan es" yang tersedia secara komersial, yang merupakan es krim prisma persegi panjang yang dipasang di atas tongkat kayu). Vendor biasanya ditemukan di sepanjang Orchard Road dan Chinatown dan di luar sekolah. Istilah sehari-hari untuk itu adalah "es krim pia", yang diterjemahkan menjadi "es krim biskuit" dalam dialek Hokkien.

Citarasa umum yang ditawarkan meliputi riak, kacang merah, ubi jalar, jagung manis, durian, melon, peppermint, coklat, dan chocolate chip.

Vendor es krim wafer juga menjual balok es krim yang sama pada irisan roti warna-warni, baik kerucut atau cangkir yang tidak terjepit di antara wafer.

Balok es krim pada es krim ini pada dasarnya adalah sebuah es krim es yang besar, yang kemudian dipotong (dengan demikian nama potong atau cut dalam bahasa Inggris) dan terjepit di antara dua wafer. Ada perbedaan antara negara-negara: pedagang kaki lima Singapura tidak menawarkan roti lapis es krim yang dibungkus secara individual seperti yang dilakukan Australia.

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Di Britania Raya atau Inggris secara keseluruhan, sebuah wafer es krim terdiri dari satu balok kecil es krim di antara dua biskuit wafer persegi panjang, merupakan alternatif populer untuk kerucut sampai tahun 1980-an. Sejak itu telah menurun dan sekarang jarang terlihat. Sebuah "wafer nougat" juga tersedia, terdiri dari lapisan nougat yang terjepit di antara dua wafer dan dilapisi dengan coklat di sekitar tepinya. Biasanya balok es krim vanila (atau lapisan soft-serve) dijepit di antara satu wafer polos dan satu nougat yang tertutup cokelat. Wafer nougat datang dalam varian ganda atau tiga, tergantung pada jumlah wafer nougat dalam konstruksi.

Skotlandia dan Irlandia[sunting | sunting sumber]

Di Skotlandia dan Irlandia mereka dikenal sebagai "slider" atau wafer es krim, dan biasanya disajikan sebagai es krim vanila yang dijepit di antara dua wafer cokelat persegi panjang. "Nougat ganda" adalah es krim yang terjepit di antara dua wafer nougat. Wafer tidak tercakup dalam coklat, hanya ujungnya. Pabrikan utama di Glasgow adalah Verbest Cream Wafer Company yang berhenti setelah pemilik pabriknya meninggal pada tahun 1963.

Vietnam[sunting | sunting sumber]

Di Vietnam, roti lapis es krim disebut bánh mì kẹp kem yang umumnya dijual di jalanan sebagai makanan ringan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Taffel, Jacqui. "Ice little earner", The Sydney Morning Herald, 7 Februari 2006.
  2. ^ "بستنی سنتی زعفرانی". iranchef. Diakses tanggal 9 April 2014. 
  3. ^ "Endless Summer: 1905 | Shorpy Historical Photo Archive". Shorpy.com. Diakses tanggal 20-09-2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]