Roti lapis bakon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Infotaula de menjarRoti lapis bakon
Half a bacon sandwich.jpg
Asal
Negara asalBritania Raya Edit the value on Wikidata
Rincian
JenisRoti lapis Edit the value on Wikidata
Bahan utamaroti dan Bacon Edit the value on Wikidata

Roti lapis bakon (bahasa Inggris: bacon sandwich, juga dikenal di beberapa wilayah Britania Raya dan Selandia Baru dengan nama bacon butty, bacon bap, atau bacon sarnie, di Irlandia sebagai rasher sandwich[1], dan bacon sanger di Australia serta beberapa wilayah di Skotlandia) adalah roti lapis isi bakon yang dimasak ulang yang ditaruh di antara roti yang biasanya dioles terlebih dahulu dengan mentega, dan bisa dibumbui dengan saus tomat atau saus coklat (biasanya saus kaldu daging pekat). Hidangan ini umumnya disajikan panas. Di beberapa tempat roti lapis akan dibuat dari roti panggang yang hanya dipanggang di satu sisi, sementara sisi lainnya berfungsi pada hal yang sama seperti yang digunakan untuk membuat hamburger. Di Toronto, Ontario, Kanada, potongan tipis punggung babi yang disajikan dalam kaiser roll adalah versi roti lapis yang populer[2].

Roti lapis bakon adalah makanan favorit sepanjang hari di seluruh Inggris[3]. Keunggulannya dalam budaya Inggris adalah bahwa dalam sebuah jajak pendapat di Inggris, ia menduduki peringkat nomor satu yang disukai orang tentang Inggris[4]. Mereka sering disajikan dalam sendok berminyak, dan secara anekdot direkomendasikan sebagai obat mabuk[5] .

BLT adalah varian populer dari roti lapis bakon dengan bahan tambahan selada dan tomat, tapi disajikan dingin[6].

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Blog, Tog. "The Rasher sandwich..." Togblog. Diakses tanggal 2 September 2012. 
  2. ^ Champion, Luke. "The Best Peameal Bacon Sandwiches in Toronto". www.blogto.com. Diakses tanggal 2 September 2012. 
  3. ^ Cloake, Felicity (7 Maret 2012). "How to cook the perfect bacon sandwich". The Guardian. Diakses tanggal 15 Januari 2015. 
  4. ^ "Bacon butties, roast dinners and a cuppa: 50 things we love best about Britain show we're a nation of food lovers". Daily Mail. Diakses 3 November 2016
  5. ^ "Bacon sandwich really does cure a hangover". The Daily Telegraph. 7 April 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Januari 2010. Diakses tanggal 29 April 2013. 
  6. ^ Olver, Lynne (20 Maret 2015). "Food Timeline FAQs: sandwiches". FoodTimeline. Diakses tanggal 12 September 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]