Roti lapis sarapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Roti isi sarapan)
Roti lapis sarapan
Sebuah roti lapis sarapan
JenisRoti lapis
Tempat asalAmerika Serikat
Bahan utamaRoti, daging untuk sarapan, telur, keju, bumbu
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Di Amerika Utara, sebuah roti lapis sarapan (bahasa Inggris: breakfast sandwich) adalah sandwich atau roti lapis yang diisi dengan makanan yang berhubungan dengan makanan sarapan. Roti lapis sarapan disajikan di restoran cepat saji dan deli atau toko makanan atau bisa juga dibeli sebagai roti lapis yang cepat, siap untuk dipanaskan dan dimakan dari toko. Roti lapis sarapan juga bisa dibuat di rumah.

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Roti lapis sarapan biasanya dibuat dengan menggunakan daging yang dimakan saat sarapan (umumnya daging yang diproses seperti sosis, patty sosis, bacon, ham regional, Spam dan babi gulung), roti, telur, dan keju. Roti lapis ini biasanya merupakan makanan khas daerah sampai restoran cepat saji yang menyajikan sarapan pagi. Karena jenis roti yang umum, seperti biskuit, bagel, dan muffin Inggris, serupa dengan roti hamburger makanan cepat saji, mereka membuat pilihan yang jelas untuk restoran cepat saji. Tidak seperti barang sarapan lainnya, mereka sangat cocok untuk inovasi drive-through. Roti lapis ini juga menjadi makanan pokok dari banyak toko serba ada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun bahan-bahan untuk roti lapis sarapan telah menjadi makanan umum sarapan pagi di dunia berbahasa Inggris selama berabad-abad, namun baru pada abad ke-19 di Amerika Serikat orang mulai secara teratur makan telur, keju, dan daging dalam roti lapis.[1] Apa yang kemudian dikenal sebagai "roti lapis" menjadi semakin populer setelah Perang Saudara, dan merupakan makanan favorit para pelopor selama ekspansi ke barat Amerika. Resep yang pertama kali diterbitkan untuk "roti lapis sarapan" ada di sebuah buku masak Amerika tahun 1897.[1]

Jenis roti yang digunakan[sunting | sunting sumber]

bakon dan telur dalam sebuah roti gulung ala New York

Ada beberapa jenis roti yang digunakan untuk membuat roti lapis sarapan, antara lain:

  • Roti gulung tebal/ Hard Roll: Roti lapis sarapan tradisional di wilayah tiga negara bagian di timur laut, New York, New Jersey, dan Connecticut. Hal ini diyakini menjadi salah satu bentuk paling awal dari roti lapis sarapan di Amerika Serikat. Terdiri dari gulungan roti, telur, keju, dan sosis, bakon atau ham. Di New Jersey, roti lapis sarapan biasanya adalah sarapan ala Jersey yang terdiri dari roti gulung, telur, dan keju pada gulungan roti tebal (Kaiser).[2]
  • Biskuit: Terdiri dari biskuit besar, atau biskuit kepala kucing, diiris, dimana daging, keju, atau telur disajikan. Biskuit sarapan populer meliputi: Biskuit sosis,[3] bacon, tomat, dan ham regional. Restoran makanan cepat saji telah memasukkan versi yang lebih kecil dari filet ayam goreng pada biskuit untuk membuat biskuit ayam. Orak-arik telur dan atau keju Amerika sering ditambahkan.
  • Bagel: Karena pengaruh Yahudi, bagel umumnya tidak mengandung daging babi, tapi makanan lain yang terkait dengan masyarakat, seperti daging deli, daging asap atau ikan asap lainnya, dan keju krim juga bisa digunakan. Kue bagel dan krim kadang dikonsumsi sebagai roti lapis sarapan.
  • Muffin Inggris: Umumnya mengandung telur dan keju dengan sosis atau ham. Sering dilayani di gerai makanan cepat saji Amerika Serikat seperti McDonald's dan Starbucks.
  • Toast: Toast atau roti panggang adalah salah satu bentuk roti lapis sarapan tertua di Amerika, dan yang paling dekat dengan roti lapis asli yang ada dalam bentuknya sekarang ini. Sementara sejumlah bahan mungkin disajikan di roti panggang, telur dan daging babi paling banyak dikaitkan dengan sarapan pagi.
  • Roti khusus lainnya: Sebagian besar disajikan oleh rantai restoran, ada roti lapis sarapan lainnya yang tidak menggunakan salah satu roti sarapan biasa yang digunakan di Amerika Serikat. Burger King menggunakan croissant untuk membuat roti lapis sarapan yang disebut Croissan'Wich, atau roti lapis croissant, tergantung di pasaran. McDonald's menawarkan makanan tradisional biskuit sebagai roti lapis yang terbuat dari pancake rasa maple yang disebut McGriddles. Dunkin' Donuts memiliki roti lapis wafel yang mirip dengan McGriddles. Ini dapat ditemukan di waralaba makanan cepat saji Amerika di seluruh dunia. Kangaroo Brands membuat berbagai roti lapis sarapan yang dibuat dengan roti pita.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Anderson, Heather Arndt (2013). Breakfast: A History. Lanham, Maryland: AltaMira Press. hlm. 45. 
  2. ^ Lazor, Drew. "Breakfast of Champions: Why New Jersey is Crazy for Pork Roll". Serious Eats. Diakses tanggal 5 Agustus 2015. 
  3. ^ Mauro, Jeff. "Sausage and Gravy Biscuit Sandwiches". Food Network. Diakses tanggal 5 Agustus 2015.