Rothilde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambaran modern Rothilde

Rothilde (bahasa Latin: Rothildis), Comtesse Maine, (lahir skt. 871 dan meninggal 22 Maret 925 atau skt. 928), adalah putri Karl yang Botak[1], putra Ludwig yang Saleh dari Francia Barat[2] dan istri keduanya Richilde dari Provence, saudara perempuan Boso dari Provence[3].

Menurut silsilah suami pertamanya kemungkinan adalah Hugues († 892), Comte Bourges, yang sebenarnya pamanda suaminya Roger. Rothilde menikah pada sekitar 895 dengan Comte Roger dari Maine[4] ((† 900) dan memiliki keturunan sebagai berikut:

Setelah menjadi janda, dia memasuki biara dan menjadi abdis di Biara Chelles. Pada 922, Raja Charles yang Sederhana menarik manfaat ini darinya untuk diberikan kepada Haganon favoritnya. Belum pernah seorang raja merampas kehormatan seorang pengikutnya, kecuali dalam kasus pengkhianatan; yang memicu pendukung Rothilde, khususnya putra dan menantunya, merencanakan pemberontakan yang akhirnya memecat Charles yang Sederhana dan menempatkan Robert I, ayahanda Hugues yang Agung, di atas takhta.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ROTHILDIS. "She acquired the monasteries of Chelles, and Notre-Dame and Saint-Jean at Laon."
  2. ^ Christian Settipani. La Préhistoire des Capétiens.
  3. ^ Pierre Riche, The Carolingians: The Family who forged Europe, transl. Michael Idomir Allen (University of Pennsylvania Press, 1983), 198.
  4. ^ Beberapa ahli genealogi menyatakan wanita ini memiliki suami yang bernama Hugues dari Bourges.
  5. ^ K.S.B. Keats-Rohan, 'Two Studies in North French Prosopography', Journal of Medieval History, Vol. 20 (1994), p. 10
  6. ^ Namanya mungkin Judith.