Romualdo II dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Romualdo II dari Benevento

Romualdo II yang Lebih Muda (wafat tahun 732[1]) merupakan putra Gisulfo I dan Winiperga. Ia menggantikan sebagai Adipati Benevento setelah kematian ayahandanya pada sekitar tahun 698, 706, atau 707. Menurut Paulus Diaconus, Gisulfo memerintah selama 17 tahun sampai kematiannya pada tahun 698, tetapi Paulus juga menyinggung tindakan-tindakan yang tampaknya terjadi pada sekitar tahun 705. Ia memberi keterangan bahwa Romualdo bertakhta selama 26 tahun, yang menyatakan kematiannya terjadi baik pada tahun 724, 731, atau 732.

Romualdo berkonflik dengan Kerajaan Spoleto dan Kerajaan Napoli pada masa pemerintahannya yang panjang. Konflik dengan calon pemimpin menyeretnya ke dalam konflik dengan kepausan juga. Ia merebut puri terpencil Cumae dari Giovanni I dari Napoli pada tahun 716 dan tidak memperdulikan permohonan Paus Gregorius II dan tawaran kompensasi untuk restitusi. Pada tahun 717, paus membiayai sebuah ekspedisi Giovanni yang dengan telak mengalahkan pasukan Gastaldnya dan mengusir orang-orangnya dari Cuma.

Romualdo menikah dua kali: pertama-tama dengan Guntberga (atau Gumperga), putri saudari Raja Liutprando Aurona, dan kedua dengan Ranigunda, putri Adipati Gaidualdo dari Brescia. Ia digantikan oleh putranya Gumperga, Gisulfo II, tetapi ia masih terlalu kecil dan disingkirkan oleh penyerap Audelais, meskipun jiwanya diampuni.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 724 in the Lexikon.


Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Gisulfo I
Adipati Benevento
706–732
Diteruskan oleh:
Audelais