Roma (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Roma
Berkas:Rome title card.jpg
GenreDrama
Pembuat
Pemeran
Penata musikJeff Beal
Negara asal
  • Italia
  • Britania Raya
  • Amerika Serikat
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim2
Jmlh. episode22
Produksi
Produser eksekutif
Lokasi produksi
Sinematografi
Durasi44–65 menit
Rilis
Jaringan asli
Format gambar1080i (HDTV)
Tanggal tayang asli28 Agustus 2005 (2005-08-28) –
25 Maret 2007 (2007-3-25)
Pranala luar
Situs web

Roma adalah serial televisi drama sejarah yang dibuat oleh John Milius, William J. MacDonald, dan Bruno Heller. Acara tersebut, yang terdiri dari dua musim dengan total 22 episode, ditayangkan di HBO, BBC Two, dan Rai 2 dari 28 Agustus 2005 hingga 25 Maret 2007, dan kemudian dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray. Sebuah produksi bersama internasional antara Italia, Inggris dan Amerika Serikat, serial ini difilmkan di berbagai lokasi, terutama di studio Cinecitt di Roma, Italia.

Roma menerima sebagian besar ulasan positif dan memiliki jumlah pemirsa yang tinggi. Ini mendapat perhatian media yang besar dari awal, menjadi sukses peringkat untuk HBO dan BBC (meskipun jumlahnya menurun drastis di musim kedua) dan dihormati dengan berbagai penghargaan, termasuk empat Emmy Awards, tujuh Primetime Emmy Awards, dan Visual Effects. Penghargaan Masyarakat. Serial ini berjalan selama dua musim dari lima yang direncanakan karena biaya produksi yang tinggi; banyak materi untuk musim ketiga dan keempat ditelusur ke musim kedua.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ James Hibbard (1 December 2008). "Rome might not be history, series creator says". Reuters. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 July 2009. Diakses tanggal 9 May 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]