Rolf Sievert

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rolf Maximilian Sievert atau Rolf Sievert (Lahir 6 Mei 1896 - 3 Oktober 1966) adalah seorang fisikawan ahli medis asal Swedia yang berkontribusi dalam studi tentang efek biologis dari Radiasi Pengion.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Sievert lahir di Stockholm , Swedia . Dia menjabat sebagai kepala laboratorium fisika di Radiumhemmet Swedia dari 1924 hingga 1937, ketika dia menjadi kepala departemen fisika radiasi di Institut Karolinska . Dia memainkan peran perintis dalam pengukuran dosis radiasi terutama dalam penggunaannya dalam diagnosis dan pengobatan kanker . Pada tahun-tahun berikutnya, ia memfokuskan penelitiannya pada efek biologis dari paparan berulang terhadap radiasi dosis rendah.

Sievert menemukan sejumlah instrumen untuk mengukur dosis radiasi, yang saat ini paling banyak dikenal sebagai ruang Sievert.

Pada tahun 1979, di 'Conférence Générale des Poids et Mesures' yaitu Konferensi Umum tentang Bobot dan Ukuran (CGPM), satuan SI untuk pengion dosis radiasi setara dinamai menurut namanya dan diberi nama sievert (Sv).

Dia juga memiliki koleksi serangga yang luas dan spesimennya dapat ditemukan di Museum Entomologi Universitas Lund.

Referensi[sunting | sunting sumber]

https://link.springer.com/article/10.1007/s12194-015-0330-5