Rokkashomura Rhapsody

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rokkasho Rhapsody)
六ヶ所村ラプソディー
Rokkashomura Rhapsody
SutradaraHitomi Kamanaka
ProduserShukichi Koizumi
SinematograferNatsuro Ono
PenyuntingYoshiko Matsuda
Perusahaan
produksi
Group Gendai
Tanggal rilis
  • 3 Maret 2006 (2006-03-03)
Durasi119 menit
NegaraJepang Jepang
BahasaJepang

Rokkashomura Rhapsody (六ヶ所村ラプソディー, Rokkashomura rapusodī) atau Rokkasho Rhapsody, adalah film dokumenter Jepang yang disutradarai oleh Hitomi Kamanaka dan dirilis pada tahun 2006.[1][2] Film ini membentuk bagian kedua di trilogi Kamanaka tentang masalah tenaga dan radiasi nuklir, didahului dengan Hibakusha at the End of the World (juga dikenal sebagai Radiation: A Slow Death) dan diikuti dengan Ashes to Honey.

Dalam jajak pendapat kritikus di Kinema Junpo, Rokkasho Rhapsody terpilih sebagai dokumenter terbaik keempat tahun 2006.[3]

Konten[sunting | sunting sumber]

Pembangkit Pengolahan Ulang Rokkasho

Film dokumenter melaporkan tentang isu seputar pembangunan Pembangkit Pengolahan Ulang Rokkasho di Prefektur Aomori, terutama berfokus pada kehidupan warga yang terdekat, sedangkan saraf tentang bahaya radiasi, terus tinggal di dekat pembangkit. Film ini juga mencakup protes terhadap pembangkit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ White, Philip. "Kamanaka Hitomi: making films that inspire people to take action" (dalam bahasa Inggris). CNIC. Diakses tanggal 5 May 2012. 
  2. ^ Tsuchimoto, Noriaki (23 December 2007). "Rokkasho, Minamata and Japan's Future: Capturing Humanity on Film". Japan Focus (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 May 2012. 
  3. ^ "Bunka eiga besuto ten". Kinema Junpō. 5 February 2007. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Kamanaka, Hitomi (2008). Rokkasho-mura rapusodī = Rokkashomura rhapsody: dokyumentarī genzai shinkōkei. Tokyo: Kage Shobō. ISBN 9784877143893. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]