Rogodadi, Buayan, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rogodadi
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kebumen
Kecamatan Buayan
Pemerintahan
 • Kepala desa -
Kodepos 54474
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Rogodadi adalah merupakan sebuah desa di kecamatan Buayan, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berjarak sekitar 2,2 kilometer dari pusat kecamatan Buayan dan 28 kilometer dari ibu kota Kabupaten Kebumen melalui Kuwarasan. Mata pencaharian sebagian penduduknya adalah petani dan penambang. Ddesa ini juga biasa disebut dengan nama Meto/ Metho. Wilayah barat desa ini berupa perbukitan dan di timur berupa sawah yang terbetang luas.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Buayan dan Kecamatan Kuwarasan
Selatan Desa Geblug
Barat Desa Pakuran
Timur Kecamatan Kuwarasan

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dukuh Karangkandri
  2. Dukuh Kebon
  3. Dukuh Metho

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

1. Sendang Pelus

Merupakan tempat pemandian warga Rogodadi yang berupa sumber mata air alami yang sangat jernih dengan ekosistem alam yang masih terjaga karena terletak di kaki perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan dan di dalam mata air tersebut hidup ikan-ikan air tawar termasuk pelus, ikan sejenis belut dan sidat yang berukuran lumayan besar.

2. Goa Simbar Aji

Merupakan goa dengan penuh keindahan batu yang terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu masih terjaga sampai saat ini masih jarang terjamah orang dan keindahan ornamen2 dinding goa yang terbentuk secara alami ini adalah salah satu tempat yang perlu di perhitungkan untuk dilewatkan begitu saja, secara geografis goa ini mengarah ke timur laut dengan pemandanga luar goa yang indah tentunya menjadikan goa simbar aji menjadi salah satu goa yang pantas untuk anda kunjungi.