Roger Borsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Follis Roger Borsa, dicetak di Salerno

Roger Borsa (1060/1 – 22 Februari 1111) merupakan seorang Adipati Apulia dan Calabria asal Norman dan penguasa efektif Italia selatan dari tahun 1085 sampai kematiannya. Dia adalah putra Robert Guiscard, penakluk Italia selatan dan Sisilia; Roger tidak mahir seperti ayahandanya, dan sebagian besar pemerintahannya dihabiskan dalam anarki feodal.

Roger adalah anak Robert Guiscard dan Sikelgaita, seorang bangsawati Langobardi yang mengesankan.

Ibundanya yang ambisius mengatur agar Roger menggantikan ayahnya menggantikan putra sulung Robert Guiscard oleh istri lain, Bohemund dari Taranto. Menurut sejarahwan Inggris, John Julius Norwich, julukannya berasal dari "kebiasaan awal menghitung dan menghitung kembali uangnya."

Pada 1073, Sichelgaita menyuruh Roger memproklamirkan pewaris setelah Guiscard jatuh sakit di Trani. Sepupu Roger, Abelard adalah satu-satunya baron yang tidak setuju dengan pemilihan Roger, yang menyatakan bahwa dia adalah pewaris sah kadipaten. Roger menemani ayahandanya dalam sebuah kampanye ke Yunani pada tahun 1084. Dia masih berada di Yunani saat ayahandanya meninggal pada tanggal 17 Juli 1085 di Kefalonia. Sementara Bohemond seharusnya mewarisi kepemilikan Yunani dan Roger orang Italia, Bohemondlah yang berada di Italia (Salerno) dan Roger di Yunani (Bundicia) pada saat Guiscard tiada.

Roger bergabung kembali dengan ibundanya di Kefalonia, ketidakhadirannya menyebabkan kepanikan dan kebingungan dengan pasukannya, menurut Goffredo Malaterra. Keduanya dengan cepat kembali ke semenanjung dan dengan dukungan Ruggeru I dari Sisilia, pamandanya, diakui sebagai adipati pada bulan September. Warisan Langobardinya juga membuatnya menjadi calon yang lebih menarik daripada saudara tiri Normannya, yang telah melarikan diri ke Capua. Dengan dukungan Giordano I dari Capua, Bohemond memberontak melawan saudaranya dan mengambil Oria, Otranto, dan Taranto. Roger, bagaimanapun, berdamai pada bulan Maret 1086 dan bersaudara tersebut bertindak sebagai rekan-penguasa. Pada akhir musim panas 1087, Bohemond memperbarui perang dengan dukungan beberapa pengikut saudara laki-lakinya. Dia mengejutkan dan mengalahkan Roger di Fragneto dan merebut kembali Taranto. Meskipun digambarkan sebagai pejuang yang tangguh (dia mengambil kota-kota di Benevento, Canosa, Capua, dan Lucera dengan mengepung), Roger Borsa tidak pernah bisa memeriksa kekuatan Bohemund atau membawanya ke bawah kendalinya. Perang akhirnya diselesaikan oleh mediasi Paus Urbanus II pemberian Taranto dan harta benda lainnya kepada Bohemond. Roger juga memberinya Cosenza dan kepemilikan lainnya yang dia inginkan secara alodorik. Pada tahun 1089 Roger Borsa dengan resmi diinvestasikan dengan kadipaten Puglia oleh Paus Urbanus II.

Roger mengizinkan pencetakan koin baronage setidaknya dalam dua kasus (Fulco dari Basacer dan Manso vicedux). Ia berencana untuk mengurbanisasi Mezzogiorno dengan memberikan piagam ke berbagai kota dan mendorong perencanaan perkotaan. Pada tahun 1090, dia dan Urban mendorong Bruno dari Köln, pendiri Kartusian untuk menerima pemilihan ke keuskupan agung di Reggio di Calabria.

Pada bulan Mei 1098, atas permintaan sepupu pertamanya setelah dikeluarkan, Pangeran Richard II dari Capua, Borsa dan pamannya Comte Ruggeru I dari Sisilia memulai pengepungan Capua, yang darinya pangeran itu telah lama diasingkan dari semasa bocah. Sebagai imbalan atas bantuannya, Duke menerima penghormatan dari Richard, meskipun ia tampaknya tidak memanfaatkannya, karena penerus Richard tidak memperhatikan kepemimpinan Roger Borsa. Capua jatuh setelah empat puluh hari mengepung terkenal, karena Paus Urbanus II telah datang untuk bertemu dengan Ruggeru dari Sisilia dan Uskup Agung Anselmus dari Canterbury datang menemui paus.

Pada bulan Oktober 1104, Ruggeru mengepung Guglielmo, Comte Monte Sant'angelo, yang pada waktu itu mandiri dan berjanji kepada Bizantium, dan mengusirnya dari Gargano, menghapus wilayah tersebut.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1092, Roger Borsa menikahi Adela, putri Robert I, Comte Flandria, dan janda Knud IV dari Denmark. Ia melahirkan tiga orang putra: Louis, yang mati muda pada bulan Agustus 1094; Guglielmo, yang menggantikannya; dan Guiscard, yang mati muda pada bulan Agustus 1108.

Dengan seorang gundik, Roger memiliki setidaknya satu putra lainnya, Guglielmo dari Gesualdo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Norwich, John Julius. Normandia di Selatan 1016-1130. Satu Kamar Yang Bertahan: London, 1967.
  • Norwich, John Julius. Kerajaan di Matahari 1130-1194. Longman: London, 1970.
  • Matius, Donald. Norman Kerajaan Sisilia. Cambridge University Press: 1992.
Italia
Didahului oleh:
Robert Guiscard
Adipati Puglia dan Calabria
1085–1111
Diteruskan oleh:
Guglielmo II