Rodion Raskolnikov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raskolnikov, digambar oleh pelukis Rusia Pyotr Mikhaylovich Boklevskiy pada tahun 1880-an

Rodion Romanovich Raskolnikov (pra-reformasi Rusia: Родіонъ Романовичъ Раскольниковъ; pasca reformasi bahasa Rusia: Родион Романович Раскольников, tr. Rodión Románovich Raskólʹnikov; IPA: [rədʲɪˈon rɐˈmanəvʲɪtɕ rɐˈskolʲnʲɪkəf]) adalah tokoh protagonis dari novel berjudul Kejahatan dan Hukuman karangan Fyodor Dostoyevsky. Nama Raskolnikov berasal dari raskolnik berarti "skismatis" (biasanya mengacu pada anggota pemercaya lama). Nama Rodion sendiri berasal dari bahasa Yunani dan menunjukkan penduduk Rhodes.

Raskolnikov adalah mantan mahasiswa hukum yang tinggal di tempat kumuh penuh kemiskinan di Saint Petersburg. Dia tinggal di kosan kecil yang dia sewa, meskipun Raskolnikov kekurangan dana, dia sudah menunggak pembayaran beberapa bulan. Dia tidur di sofa menggunakan pakaian lama sebagai bantal, dan karena kekurangan uang dia sangat jarang makan. Dia tampan dan cerdas, meskipun umumnya tidak disukai oleh sesama siswa. Dia berbakti kepada saudara perempuannya (Avdotya Romanovna Raskolnikova) dan ibunya (Pulkheria Alexandrovna Raskolnikova).

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang mahasiswa miskin dengan gagasan yang bertentangan tentang dirinya sendiri, Raskolnikov (Rodya begitu ibunya memanggil dia) memutuskan untuk membunuh seorang lintah darah bernama, Alyona Ivanovna, yang sebelumnya mereka telah bertransaksi, dengan gagasan menggunakan uang itu untuk memulai hidupnya kembali, serta membantu mereka yang membutuhkannya. Belakangan terungkap bahwa dia juga melakukan pembunuhan sebagai pembenaran atas harga dirinya, karena dia ingin membuktikan bahwa dia "luar biasa" seperti Napoleon. Dia melakukan pembunuhan, tetapi sangat gugup saat menjalankan aksinya sehingga dia membuat beberapa kesalahan, dan takut dia akan ditangkap.

Raskolnikov menemukan dompet kecil di tubuh Alyona Ivanovna, yang dia sembunyikan di bawah batu tanpa memeriksa isinya. Setelah dia mengaku pada orang miskin, pelacur yang baik hati bernama Sofya Semyonovna Marmeladova, dia membimbingnya untuk mengakui kejahatan tersebut, dan dia mengaku kepada polisi. Raskolnikov dijatuhi hukuman pengasingan di Siberia, ditemani oleh Sofya Semyonovna, di mana dia mengalami kelahiran kembali secara mental dan spiritual.

Bioskop dan televisi[sunting | sunting sumber]

Dalam film, Raskolnikov pertama kali diperankan oleh Gregori Chmara dalam adaptasi film bisu Raskolnikov, disutradarai oleh Robert Wiene (1923). Dia diperankan oleh Peter Lorre di film arahan Josef von Sternberg, versi Hollywood (1935).[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Johnston, Sheila (22 April 2018). "Film-makers on film: Paul Schrader". The Telegraph. London, England: Telegraph Media Group. Diakses tanggal 16 July 2018. 
  2. ^ Goyios, Charalampos Living Life as an Opera Lover: On the Uses of Opera as Musical Accompaniment in Woody Allen's Match Point, Senses of Cinema, Issue 40. Retrieved 21 January 2012.