Roda sepeda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Roda depan dari sepeda balap.

Roda sepeda adalah roda yang dirancang khusus untuk sepeda. Roda sepeda awalnya terbuat dari kayu, seiring dengan perkembangan teknologi dan material, roda sepeda sekarang sudah terbuat dari logam, plastik, dan ban karet.

Komponen ban sepeda[sunting | sunting sumber]

Hub[sunting | sunting sumber]

Hub merupakan pusat dari roda sepeda, berfungsi sebagai tempat tumpuan rangka sepeda. Hub dan rangka sepeda dihubungkan oleh as roda dalam bentuk baut, mur, atau pin. Hub memiliki bearing yang gunanya agar roda bebas berputar tanpa memutar rangka sepeda.

Velg[sunting | sunting sumber]

Velg (rim) berbentuk lingkaran sebagai rangka dari ban sepeda, yang menghubungkan hub dan jari-jari, dan juga sebagai tempat penahan ban sepeda. Material velg bisa terbuat dari besi, aluminium, plastik atau karbon, yang akan mempengaruhi kekuatan dan beratnya. Velg juga bisa berfungsi sebagai bantalan rem, pada sepeda dengan rem jenis rim brake. Dimensi velg sangat beragam (diameter, lebar, dan bentuk), tergantung jenis sepeda dan jenis ban yang dipakai.

Jari-jari[sunting | sunting sumber]

jari-jari tidak hanya sebagai penopang, tetapi juga sebagai penyalur tekanan atau tegangan antara hub dan velg sepeda. Umumnya jari-jari terbuat dari besi atau baja, karena memiliki daya tahan yang kuat, tidak gampang bengkok, dan mudah perawatannya.

Ban[sunting | sunting sumber]

Ban sepeda terbuat dari karet yang berisi udara, sebagai bantalan roda sepeda terhadap permukaan jalan, untuk meredam getaran pada sepeda.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]