Robert Stewart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Robert Stewart
Adipati Albany, Earl Fife & Menteith
Robert of Albany.jpg
Litgrafi lambang Robert Stewart
Gubernur Skotlandia
Tenure1406–1420
PendahuluRobert II (sbg Raja)
PenerusMurdoch Stewart
Lahirskt. 1340
Puri Dundonald
Wafat3 September 1420
Istana Stirling
AyahRaja Robert II
IbuElizabeth Mure
PasanganMargaret Graham (1363–×1380)
Muriella Keith (1380–kematian)
Anak
selanjutnya...
Murdoch Stewart
John Stewart

Robert Stewart, Adipati Albany (skt. 1340 – 3 September 1420), merupakan seorang anggota dari wangsa kerajaan Skotlandia, ia menjabat sebagai pemangku takhta (setidaknya sebagian) kepada tiga raja Skotlandia yang berbeda (Robert II, Robert III, dan James I). Dia juga memegang gelar Earl Menteith (28 Februari 1361), Earl Fife (1361; mengundurkan diri pada tahun 1372), Earl Buchan (1394; mengundurkan diri pada 1406) dan Earl Atholl (1403, selama masa Robert III saja), selain penciptaan 1398 sebagai Adipati Albany. Seorang politis yang kejam, Albany secara luas dianggap telah menyebabkan pembunuhan keponakannya, Adipati Rothesay, dan saudara laki-laki ke masa depan Raja James I dari Skotlandia. James ditahan di penangkaran di Inggris selama delapan belas tahun, selama itu Albany bertugas sebagai pemangku takhta di Skotlandia, raja dalam segala hal kecuali nama. Dia meninggal pada tahun 1420 dan digantikan oleh putranya, Murdoch Stewart, Adipati Albany, yang akan dieksekusi karena pengkhianatan ketika James kembali ke Skotlandia pada tahun 1425, hampir menyebabkan kehancuran lengkap dari Albany Stewarts.

Kehidupan awal dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Robert Stewart adalah putra kedua dari masa depan Raja Robert II dari Skotlandia (1316-1390) dan Elizabeth Mure dari Rowallan. Pernikahan orang tuanya dianggap sebagai tidak resmi pada awalnya, yang, dalam beberapa lingkaran, memberi anak-anak mereka dan label keturunan tidak sah, tetapi pemberian dispensasi kepausan pada tahun 1349 melihat pernikahan mereka legitimasi anak-anak mereka. Kakek Robert adalah Walter Stewart, Pelayan Tinggi keenam Skotlandia (1293-1326) dan ayahandanya adalah raja pertama Wangsa Stuart. Kakek buyutnya adalah Robert the Bruce (1274-1329), pemenang legendaris Pertempuran Bannockburn.

Robert Stewart dibesarkan di sebuah keluarga besar dengan banyak saudara. Kakandanya, John Stewart (1337-1406) menjadi Earl Carrick pada tahun 1368, dan kemudian akan dinobatkan sebagai Raja Skotlandia dengan nama Robert III.

Pada tahun 1361 Stewart menikah Margaret Graham, Comtesse Menteith (1334-1380), seorang janda kaya yang mengambil Robert sebagai suami keempatnya. Gugatan saudara iparnya atas wilayah-wilayah Earl Menteith dan Fife memungkinkan dia untuk mengambil gelar itu, menjadi Earl Menteith dan Earl Fife. Pada tahun 1362 pasangan itu memiliki seorang putra dan ahli waris, Murdoch Stewart, (1362-1425) yang pada saatnya akan mewarisi gelar dan tanah milik ayahandanya.

Stewart bertanggung jawab atas pembangunan Puri Doune, yang sebagian besar masih utuh hingga sekarang. Ketika Stewart diciptakan Earl Menteith, ia diberikan tanah di mana Puri Doune sekarang berdiri. Bangunan mungkin sudah dimulai setiap saat setelah ini, dan puri itu setidaknya sebagian selesai pada tahun 1381, ketika piagam disegel di sini.[1]

Politik dan perang[sunting | sunting sumber]

Puri Doune, yang dibangun oleh Stewart, masih berdiri sampai sekarang.
Istana Falkland, di mana keponakan Robert Stewart, the Adipati Rothesay, meninggal dalam keadaan misterius.

Politik Skotlandia pada akhir abad ke-14 tidak stabil dan berdarah, dan banyak dari karier Albany akan dihabiskan untuk memperoleh wilayah, tanah dan gelar, sering dengan cara kekerasan.[2] Pada tahun 1389 putranya Murdoch Stewart ditunjuk sebagai Justiciar Utara dan Sebagainya, ayah dan anak sekarang akan bekerja bersama untuk memperluas kepentingan keluarga mereka, membawa mereka ke dalam konfrontasi dengan anggota lain dari kaum bangsawan seperti Donald McDonald, Lord kedua Kepulauan.

Selama masa pemerintahan ayahanda mereka yang lemah sebagai Raja Robert II (1371-1390), Robert Stewart dan kakandanya Lord Carrick berfungsi sebagai pemangku takhta Skotlandia, raja-raja dalam segala hal kecuali nama, dengan Albany sebagai Bendahara Tinggi Skotlandia. Dia juga memimpin beberapa ekspedisi militer dan serangan ke Kerajaan Inggris.

Pada tahun 1389, Earl Carrick menjadi lumpuh dalam suatu kecelakaan dan, meskipun ia tetap menyetujui takhta sebagai Raja Robert III pada tahun 1390, "penyakit tubuh" ini menyebabkan kendali kerajaan pada akhirnya untuk pindah pada tahun 1399 ke putranya dan pewarisnya, David Stewart, Adipati Rothesay, yang memegang pangkat seorang adipati pertama yang dibuat di gelar bangsawan Skotlandia. Meskipun pada tahun 1398 Robert sendiri diangkat sebagai Adipati Albany, membawa kekuatan dan kekayaan yang lebih besar kepadanya, kekuasaan mulai bergeser dari Albany dan menuju keponakannya.

Pembunuhan Adipati Rothesay[sunting | sunting sumber]

Namun, Inggris segera menyerang Skotlandia, dan perbedaan serius muncul antara Albany dan Rothesay. Pada 1401, Rothesay dituduh secara tidak adil mengambil sejumlah uang dari kebiasaan suku burgh di pantai timur dan menyita pendapatan temporalitas dari keuskupan kosong St Andrews.[3] Rothesay juga bekerja sama dengan pamandanya, Alexander Stewart, Earl Buchan, menghadapi pengaruh Albany di Skotlandia tengah—segera setelah letnannya berakhir pada 1402 Albany bertindak cepat dan kejam. Rothesay ditangkap dan dipenjarakan di Albany Puri Falkland di mana dia meninggal pada bulan Maret 1402.[4] Kematian Rothesay mungkin terletak pada Albany dan Douglas yang akan melihat kemungkinan pangeran muda itu naik takhta dengan penuh ketakutan. Albany tentu saja dicurigai, tetapi ia dibebaskan dari semua tuduhan oleh dewan umum, yang menemukan bahwa 'oleh pemeliharaan ilahi dan bukan sebaliknya, ia melihat bahwa ia [Adipati Rothesay] pergi dari kehidupan ini.' [5][6]

Namun, meskipun Albany dibebaskan dari tuduhan, kecurigaan dari permainan kotor terus berlanjut, kecurigaan yang tidak pernah meninggalkan adik laki-laki Rothesay masa depan James I dari Skotlandia, dan yang pada akhirnya akan menyebabkan jatuhnya Albany Stewarts. John Debrett, menulis pada tahun 1805, tidak diragukan lagi motif dan kesalahan Adipati Robert:

"Robert ini, Adipati Albany, setelah mendapatkan seluruh pemerintahan dari saudaranya, Raja Robert, ia menyebabkan Adipati Rothesay dibunuh, berpikir untuk membawa Mahkota ke dalam keluarganya sendiri".[7]

Setelah kematian Rothesay, Raja mulai takut terhadap putra keduanya, James, yang melarikan diri dari Skotlandia demi keselamatannya sendiri. Debrett melanjutkan:

"Untuk menghindari nasib yang seperti itu, Raja Robert memutuskan untuk mengirim putranya yang lebih muda, James, ke Prancis, kemudian sekitar sembilan tahun, yang sakit laut, dan dipaksa mendarat di pantai Inggris...ditahan di sebuah penjara di Inggris delapan belas tahun Pada kemalangan ini Raja Robert meninggal karena kesedihan pada tahun 1406."

Wali penguasa Skotlandia[sunting | sunting sumber]

Lambang sebagai wali penguasa Skotlandia
Situs Pertempuran Harlaw, di mana pada tahun 1411 Donald McDonald, Lord kedua Kepulauan memerangi keluarga Steward sampai mati.

Setelah kematian saudaranya Raja Robert III, Albany memerintah Skotlandia sebagai pemangku takhta. Keponakannya yang masih muda, masa depan James I dari Skotlandia, akan tetap di pengasingan dan dipenjara di Inggris selama 18 tahun. Mungkin tidak mengherankan jika Albany melakukan sedikit upaya untuk mengamankan uang tebusan Pangeran muda dan kembali ke Skotlandia, memfokuskan energinya sebagai gantinya untuk mengamankan kekuatan dan minatnya sendiri.

Kemenangan politik Albany tidak menyelesaikan perbedaannya dengan anggota bangsawan lainnya, khususnya Donald McDonald, Lord kedua Kepulauan, yang pada tahun 1411 memimpin pasukan klan dari Northwest Highlands ke dalam pertempuran terbuka dengan Stewarts. Konflik ini dimulai ketika Albany telah berusaha untuk mengamankan wilayah Earl Ross untuk putra keduanya John, meskipun gugatan McDonald lebih baik.[8] Pada Pertempuran Harlaw (dikenal sebagai "Red Harlaw" karena kekejamannya) [9] pada tanggal 24 Juli 1411, kerugian besar di kedua sisi, meskipun penarikan akhirnya McDonald memungkinkan Stewarts untuk menuntut kemenangan strategis.[10] Tentara Stewart dipimpin oleh keponakan Albany, Alexander Stewart, Earl Mar, yang kemudian akan duduk di juri kekesatriaan dan rekan-rekan yang menghukum putra Albany Murdoch Stewart, Adipati Albany dan dua putranya berkhianat, hampir memusnahkan Albany Stewarts.

Pernikahan dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Putra Stewart, John Stewart, Earl kedua Buchan, ukiran dari akhir abad ke-18. Buchan tewas di Pertempuran Verneuil pada tahun 1424.

Albany menikah dua kali. Pertama, pada tahun 1361, ia menikahi Margaret Graham, Comtesse Menteith, (1334-1380) seorang janda kaya yang menjadikannya sebagai suami keempatnya. Gugatan adik iparnya ke wilayah-wilayah Earl Menteith dan Fife memungkinkan dia untuk mengambil gelar tersebut setelah menikah. Pasangan itu memiliki delapan orang anak, tujuh orang putri dan seorang putra:

  • Lady Janet Stewart (menikah dengan Sir David de Moubray)
  • Lady Mary Stewart (menikah dengan Sir William Abernathy, Saltoun keenam)
  • Lady Margaret Stewart (menikah dengan Sir John Swinton, Of that Ilk keempat belas)
  • Lady Joan Stewart (menikah dengan Sir Robert Stewart, Lord pertama Lorn dan memiliki keturunan)
  • Lady Beatrice Stewart (menikah dengan Sir James Douglas dari Balveny)
  • Lady Isobel Stewart (menikah dengan Alexander Leslie, Earl ketujuh Ross dan kemudian dengan Walter de Haliburton, Lord pertama Haliburton dari Dirleton dan memiliki keturunan)
  • Murdoch Stewart, Adipati Albany (1362-1425) (Menikahi Joan Douglas dan kemudian Isabel, Comtesse Lennox).
  • Lady Margery (menikah dengan Sir Duncan Campbell, Lord pertama Campbell dan memiliki keturunan)

Margaret meninggal pada tahun 1380 dan Albany kemudian menikahi Muriella Keith, dengan siapa ia memiliki tiga orang anak:

Kematian dan peninggalan[sunting | sunting sumber]

Keponakan Adipati Robert, James I dari Skotlandia, akan melampiaskan dendamnya pada Albany Stewarts.
Putra Albany, Murdoch Stewart, Adipati Albany.
Biara Dunfermline, di mana Albany dimakamkan

Adipati Albany meninggal pada tahun 1420 di Istana Stirling dan dimakamkan di Biara Dunfermline, Fife. Dia digantikan sebagai Adipati Albany dan pemangku takhta Skotlandia oleh putranya, Murdoch Stewart, Adipati Albany. Tapi Murdoch tidak akan menikmati kekuatannya untuk waktu lama. Pada 1425 Raja James yang diasingkan, tawanan di Inggris selama 18 tahun, akhirnya kembali ke Skotlandia, dan mengeksekusi Murdoch dan sebagian besar keluarganya karena berkhianat, menyebabkan kehancuran yang hampir lengkap dari Albany Stewarts.[11]

Satu-satunya pewaris laki-laki Murdoch Stewart adalah putra bungsunya, James si Gendut, yang melarikan diri ke Irlandia setelah pemberontakan singkat terhadap Raja atas penangkapan ayahanda dan saudara-saudaranya. James tetap di Irlandia, tidak dapat kembali, dan meninggal di sana pada 1429. Dia tidak pernah bisa mewarisi gelar ayahandanya, karena mereka telah dinyatakan hilang.

Cucu laki-laki Albany, James "Beg" Stewart, (skt. 1410-1470) akhirnya akan mendapat pengampunan dari Raja dan kembali ke Skotlandia, meskipun keluarga tidak akan pernah menemukan kembali wilayah mereka yang hilang. James "Beg" Stewart adalah leluhur Stewarts dari Ardvorlich di Loch Earn, yang sejarah keluarganya diceritakan oleh Sir Walter Scott dalam A Legend of Montrose.[12]

Albany dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Trilogi Stewart dari Nigel Tranter mencakup periode ketika Albany adalah tokoh penting di Skotlandia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fawcett, Richard (1994). Scottish Architecture from the accession of the Stuarts to the Reformation, 1371–1560. Architectural History of Scotland. Edinburgh University Press. ISBN 0-7486-0465-0. 
  2. ^ Roberts, John L., p.16, Feuds, Forays and Febellions: History of the Highland Clans 1475-1625 Retrieved November 2010
  3. ^ Boardman, David Stewart, duke of Rothesay, ODNB
  4. ^ Grant in Jones et al., The New Cambridge Medieval History, p. 362
  5. ^ Barrell, Medieval Scotland. p. 149
  6. ^ Records of the Parliaments of Scotland to 1707, 14 may 1402, Edinburgh. http://www.rps.ac.uk/
  7. ^ Debrett, John, p.233, The peerage of England, Scotland, and Ireland, London (1805) Retrieved November 2010
  8. ^ Mackie, p.96
  9. ^ Mackie, p.97
  10. ^ Skene, William Forbes (1837), The Highlanders of Scotland: Their Origin, History, and Antiquities, J. Murray, hlm. 73–4 
  11. ^ McAndrew, Bruce A., p.5, Scotland's Historic Heraldry Retrieved November 2010
  12. ^ James Beag Stewart at Stewarts of Balquhidder webpage Retrieved November 2010
Jabatan baru Adipati Albany
1398–1420
Diteruskan oleh:
Murdoch Stewart
Didahului oleh:
Isabella MacDuff
Earl Fife
1371–1420