Robert Mckee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Robert McKee (lahir tahun 1941), adalah seorang pengajar menulis kreatif yang secara luas dikenal dengan "Seminar Cerita" popularnya, yang ia kembangkan saat menjadi profesor di University of Southern California. McKee adalah penulis sebuah skenario bible yang disebut Story: Substance, Structure, Style and the Principles of Screenwriting. Online, McKee memiliki sebuah blog dan sebagai sumber penulis website yang disebut "Storylogue".

"Seminar Cerita" McKee berjalan dua kali dalam setahun di New York, Los Angeles, dan London, dan sekitar setahun sekali di kota-kota besar lain di seluruh dunia termasuk Amsterdam, Beijing, Mumbai, Paris, dan Rio de Janeiro. Seminar mencakup bagaimana cerita sesuai dengan pemikiran manusia, dari filosofis hingga struktural. Pernah "Seminar Genre" McKee, sering diadakan lima hari berturut-turut, menyelidiki konvensi dari "Thriller", Komedi, Cerita Cinta, Cerita "Action", dan Televisi.

Daripada hanya menangani aspek "mekanik" sederhana teknik fiksi seperti plot atau dialog yang diambil secara individual, McKee meneliti suatu struktur narasi dan apa yang membuat sebuah cerita menarik atau tidak. Hal ini bisa bekerja sebaik analisis lain yang bergenre atau bentuk narasi, baik dalam skenario atau bentuk lainnya, dan juga bisa mencakup nonfiksi selama berusaha untuk "bercerita".

Kehidupan dan Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Robert McKee adalah pengajar penulisan naskah yang paling di kenal. Mantan siswa-siswa McKee termasuk 63 pemenang Academy Award, 164 pemenang Emmy Award, 30 pemenang WGA (Writers Guild of America) Award dan 26 pemenang DGA (Directors Guild of America) Award (semua berpartisipasi dalam kelas McKee sebelum atau sesudah memenangkan penghargaan; tidak semua penghargaan diberikan untuk menulis). Ia diprofilkan oleh Bob Simon dalam 60 minet untuk CBS News, dan CNN yang baru-baru ini membuat profil dan review Robert McKee dan Seminar Ceritanya. Para penulis dan aktor terkenal seperti Geoffrey Rush, Paul Haggis, Akiva Goldsman, William Goldman, Joan Rivers, Rob Row, David Bowie, Kirk Douglas, John Cleese, Tony Kaye, Steven Pressfield, dan masih banyak lainnya telah mengikuti seminarnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]