Robert Emden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Jacob Robert Emden (lahir 4 Maret 1862 – meninggal 8 Oktober 1940 pada umur 78 tahun) adalah seorang astrofisikawan dan ahli meteorologi Swiss. Ia lahir di St. Gallen, Swiss. Pada tahun 1907 ia menjadi profesor fisika dan meteorologi di Universitas Teknik Munich. Pada tahun yang sama ia menerbitkan karya klasik, Gaskugeln : Anwendungen der mechanischen Wärmetheorie auf kosmologische und meteorologische Probleme (Bola gas : Aplikasi teori panas mekanik untuk masalah kosmologis dan meteorologi), yang menyediakan model matematika sebagai dasar struktur bintang. Pada tahun 1920 ia menjadi anggota dari Bayerische Akademie der Wissenschaften.

Emden menjabat sebagai editor Zeitschrift fur Astrophysik, yang didirikan pada tahun 1930. Pada tahun 1933 ia melarikan diri dari Jerman untuk menghindari munculnya partai Sosialis Nasional, kembali ke negara asalnya Swiss. Ia adalah paman dari astrofisikawan Jerman Amerika Martin Schwarzschild yang menikah dengan adik Karl Schwarzschild.[1] Jacob Robert Emden meninggal di Zürich pada tahun 1940.

Kawah Emden di Bulan dinamai menurut namanya. Persamaan Lane-Emden dinamai untuk menghormatinya dan Jonathan Homer Lane.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hockey, Thomas (2009). The Biographical Encyclopedia of Astronomers. Springer Publishing. ISBN 978-0-387-31022-0. Diakses tanggal August 22, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]