Road course ringer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Road course ringer (atau road course specialist)[1] adalah istilah, yang dapat diterjemahkan yang digunakan untuk menggambarkan pengemudi yang disewa oleh tim NASCAR atau Seri IndyCar untuk menjalankan kompetisi di sirkuit non-oval (mis. Infineon Raceway[2], Watkins Glen International, Autodromo Hermanos Rodríguez, atau Sirkuit Gilles Villeneuve).

Ini biasanya terjadi ketika pembalap resmi tidak berpengalaman dalam balapan selain sirkuit oval klasik yang menjadi ciri kompetisi dua seri mobil, atau jika pembalap resmi mengalami musim yang buruk dan tim membutuhkan hasil yang lebih baik. Pelari jalan raya juga berkompetisi dalam kejuaraan yang sebagian besar terdiri dari balapan dengan jenis yang sama, seperti Trans-Am.

Dering road course ringers[sunting | sunting sumber]

Hingga 2022, kursus jalan raya tingkat nasional NASCAR saat ini meliputi Indianapolis Motor Speedway, Circuit of the Americas, Sonoma, Watkins Glen, Charlotte Roval, Road America, Mid-Ohio dan Mosport. Bekas kursus jalan raya meliputi Riverside, Topeka, Mexico City, dan Montreal. Selama bertahun-tahun, NASCAR hanya menyelenggarakan dua atau tiga balapan di jalur jalan raya di salah satu dari tiga divisi teratas, memberikan peluang terbatas bagi pendering. Namun, dalam beberapa kasus, pendering mampu meraih kemenangan.

NASCAR menggambarkan pengendara jalur jalan raya sebagai "pengemudi yang berspesialisasi dalam berbelok ke kiri dan kanan," dan mengatakan bahwa "mungkin pengendara jalur jalan raya terbesar dalam sejarah NASCAR adalah Dan Gurney" setelah ia memenangkan empat balapan NASCAR berturut-turut di Riverside International Raceway.[3] Dia memukul lapangan di acara 1964.[3]

Istilah asal[sunting | sunting sumber]

"Ringer" adalah istilah slang yang biasa digunakan dalam olahraga untuk menggambarkan pesaing yang sangat baik yang dibawa untuk menang dalam pertandingan tertentu sebagai lawan bersaing di seluruh jadwal. Ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan seorang atlet yang bermain di tingkat yang lebih tinggi bermain di turnamen tingkat yang lebih rendah; sebuah tim softball dalam turnamen Kelas C/D (sebagaimana diatur oleh Softball AS) mempekerjakan satu atau dua pemain yang cocok dengan Kelas A atau B, atau seorang pemain tenis yang bermain di turnamen Kelas I sebagai "pendering" di turnamen Kelas II. Misalnya, di sepak bola, di Kejuaraan U-23 FIFA yang biasanya diadakan di Olimpiade, tim diperbolehkan memilih sejumlah pemain yang berusia di atas 23 tahun. Istilah ini tidak berhubungan langsung dengan balap dan tidak mengacu pada bentuk jalur balapan, tetapi istilah dalam NASCAR mengacu pada pengemudi yang biasanya pembalap yang balapan di sirkuit lain.

Pengemudi[sunting | sunting sumber]

Ron Fellows adalah salah satu dari sedikit orang yang memenangkan balapan di dua dari tiga divisi teratas NASCAR.

Pendering lintasan jalan sering dibawa masuk jika pengemudi biasa tidak berpengalaman di lintasan jalan raya,[1] atau sedang mengalami musim yang buruk dan tim membutuhkan kualifikasi yang sangat baik untuk lolos ke balapan.[1] Tim Seri Piala yang berada di dekat bagian bawah 35 teratas dalam poin pemilik menyewa ringer atau mantan pesaing yang mahir seperti Terry Labonte untuk memastikan bahwa mereka tetap berada di 35 besar untuk menjaga tempat awal yang terjamin di balapan mendatang. Bukan hal yang aneh bahwa penyelesaian terbaik tim tingkat yang lebih rendah akan terjadi di lintasan jalan raya karena penggunaan ahli lintasan jalan raya.[1] Beberapa pengemudi penuh waktu mahir dalam balapan di lintasan jalan raya, tetapi mereka tidak dianggap sebagai pelanggar jalur jalan raya.[1] Penumpang jalur jalan raya telah berkompetisi dalam kejuaraan yang terutama memperlombakan jalur jalan raya, sering kali dalam seri IndyCar atau balap mobil sport seperti sebagai ALMS atau Grand Am.

Saya pikir beberapa orang, atau 10 orang, 12 orang yang sangat suka pergi ke the Glen dan suka pergi ke Sonoma dan menantikan balapan tersebut . Maka mungkin ada setengah bidang yang bisa mengambil atau meninggalkannya. Lalu ada seperempat lapangan yang akan baik-baik saja jika kita tidak pergi.[4]

Menang[sunting | sunting sumber]

Dan Gurney memenangkan lima balapan NASCAR sebagai ringer, sementara juga berhasil di Formula Satu. Kemenangan terakhir oleh seorang pelintas jalan dalam perlombaan Piala NASCAR adalah oleh Mark Donohue pada tahun 1973 di Penske Racing AMC Matador di Motor Trend 500 di Riverside.[5]

Ringers Fellows, Said, dan Pruett telah bergabung untuk 13 finis Top 10 dalam 35 perjalanan karir mereka dimulai (per 2007).[1] Said hanya memiliki dua pole dengan ringer road course, tetapi hanya salah satunya dalam perlombaan jalan raya. Said memenuhi syarat untuk pole untuk Dodge/Save Mart 350 2003 di Sears Point Raceway dan hampir memenangkan pole untuk tahun 2007 Pepsi 400 di Daytona International Speedway, saat hujan membatalkan akhir uji coba saat Said berada di tiang. Karena Said tidak berada di 43 besar dalam poin, begitulah cara NASCAR menentukan lineup awal jika hujan menyapu kualifikasi, dia akhirnya tidak masuk lapangan dan melewatkan balapan. Boris Said kemudian memenangkan balapan Nationwide Series di Sirkuit Gilles Villeneuve di Montreal, Quebec pada Agustus 2010.

Ron Fellows telah memenangkan balapan terbanyak oleh pengendara jalanan, menang di NASCAR Camping World Truck Series dan NASCAR Xfinity Series sebagian besar di Watkins Glen dan sekali di Montreal. Dia hampir memenangkan empat balapan seri Piala, finis kedua di Glen pada tahun 1999 dan 2004, dan mendominasi di Sonoma pada tahun 2001 dengan NEMCO dan 2003 dengan DEI.

Baru-baru ini, A. J. Allmendinger menang sebagai ringer di Seri Piala untuk Kaulig Racing di 2021 Verizon 200 di Brickyard perdana.[6]


Penurunan Seri Piala[sunting | sunting sumber]

Sejak akhir 2000-an, "dering" terus menghilang dari Seri Piala. Faktor yang berkontribusi terhadap tren ini adalah:[7]

  • Pengejaran/Playoff dalam NASCAR telah membuat tim mengorbankan poin pengemudi dari pembalap penuh waktu mereka dengan imbalan kemungkinan kemenangan oleh spesialis kursus jalan raya.
  • Karena itu, pengemudi penuh waktu telah dipaksa untuk menjadi lebih mahir dalam kursus jalan raya, yang pada gilirannya berarti bahwa rata-rata pengemudi NASCAR saat ini adalah pengemudi kursus jalan raya yang jauh lebih baik daripada di masa lalu.

Penurunan "dering" diilustrasikan secara dramatis pada balapan Watkins Glen 2009. Hanya satu spesialis kursus jalan raya yang menggantikan pengemudi di tim NASCAR musim penuh yang disponsori penuh—Patrick Carpentier untuk Michael Waltrip Racing. Dia tidak bersaing untuk Michael Waltrip Racing pada musim berikutnya, meskipun dia ikut Latitude 43 Motorsports selama delapan balapan.[8] Rekan-rekan berkendara dalam balapan dengan paruh waktu Phoenix Racing, Said saat itu menjadi pemilik sebagian timnya, dan tiga spesialis lainnya bergabung dengan tim tingkat bawah tanpa sponsor penuh. Pada tahun-tahun setelahnya, spesialis kursus jalan raya mengemudikan kendaraan yang akan mulai-dan-parkir. Misalnya, pengemudi road course Tony Ave akan mengatakan, dalam wawancara YouTube tahun 2020 dengan seorang penggemar, bahwa dia berhenti balapan di NASCAR karena dia tidak ingin menjadi pembalap start-and-park.


Xfinity dan Dering jalan truk di era playoff[sunting | sunting sumber]

  • Sifat dari balapan Seri Xfinity di Mid-Ohio Sports Car Course dan Road America sering memungkinkan pendering jalur jalan untuk berpartisipasi dalam balapan tersebut, karena mereka tidak tunduk pada tujuh- Pembatasan ras Piala Seri reguler dibatasi oleh aturan NASCAR. Juga, sebelum tahun 2021, kedua acara tersebut (khusus Mid-Ohio pada tahun 2021) sering diadakan pada akhir pekan di mana aksi Seri Piala berada di oval (jalan berbeda pada tahun 2021) di tempat lain di seluruh negeri.
  • Demikian pula, karena pembalap Seri Piala dilarang berpartisipasi dalam balapan Seri Truk Camping World di Canadian Tire Motorsports Park karena berada di babak playoff, lebih disukai pengendara road course sebagai sopir pengganti. Perhatikan juga pendering jalur jalan mungkin sering menggantikan tim jika mereka biasanya menggunakan pengemudi di bawah 18 tahun. Meskipun panjangnya 2,459 mil, NASCAR mengklasifikasikan kursus jalan raya dalam kategori yang sama dengan trek yang kurang dari 1,25 mil, memungkinkan pengemudi berusia 16 dan 17 tahun untuk berpartisipasi dalam lomba ini.

Dering trek tanah[sunting | sunting sumber]

Sebuah varian dari road ringer, dirt track ringer, telah muncul di NASCAR sejak Truck Series menyelenggarakan Eldora Dirt Derby. Tim sering menambahkan ace trek tanah, biasanya mobil sprint atau pembalap model kotoran akhir. Derby Kotoran digantikan oleh Corn Belt 150 pada tahun 2021 dan NASCAR menambahkan balapan tanah untuk Seri Truk dan Piala di Bristol Motor Speedway.[9]


Notable drivers have included Scott Bloomquist, Bobby Pierce, Logan Seavey, and Kyle Strickler.

Truck Series regulars Stewart Friesen and Sheldon Creed began their NASCAR careers as dirt track ringers before racing full schedules.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Borden, Brett (10 Agustus 2007). "Road race twists menghadirkan wajah baru". ESPN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-09-02. Diakses tanggal 2009-03-15. 
  2. ^ Network, Mike (22 Juni 2008). "Infineon: Seberapa Baik Balapan Road Course Ringers?". Bleacher Report. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-11. Diakses tanggal 2009-03-15. 
  3. ^ a b Aumann, Mark (17 April 2008). "Gurney adalah 'road-course ringer' pertama di olahraga ini". NASCAR. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-19. Diakses tanggal 2009-03-15. 
  4. ^ "Pocono II: Konferensi pers kedua, ketiga finishers". Motorsport.com. 4 Agustus 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal Mei 18, 2015. Diakses tanggal 7 Mei 2015. 
  5. ^ Bowles, Tom dan Heffelfinger, Toni. Apa Panggilannya? Dering Kursus Jalan Diarsipkan 2006-05-10 di Wayback Machine., Frontstretch, 29 Juni 2005
  6. ^ Estrada, Chris (2021-08-15). "A.J. Allmendinger memenangkan perlombaan Piala kursus jalan raya Indy - NBC Sports". NASCAR Talk | NBC Sports (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-10. 
  7. ^ Caraviello, David (2009-08-08). "Pemutar jalan NASCAR mencapai akhir era mereka". NASCAR.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-08-10. Diakses tanggal 2009-08-09. 
  8. ^ "Driver Hasil Piala Sprint NASCAR 2010 Patrick Carpentier - Racing-Reference.info". racing-reference.info. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-12. Diakses tanggal 2017-06-24. 
  9. ^ Pryson, Mike (2020-11-20). "NASCAR Camping World Truck Jadwal untuk 2021 Termasuk 2 Trek Pendek Dirt". Autoweek (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]