Rizhao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Letak Rizhao di Shandong

Rizhao (Hanzi: 日照) merupakan kota setingkat prefektur yang terletak di provinsi Shandong, RRT bagian tenggara. Letaknya di tepi Teluk Laizhou, Rizhao berbatasan dengan Qingdao di timur laut, Weifang di utara, dan Linyi di barat. Kota ini memiliki luas wilayah 5.310 km². Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.780.000 jiwa (2005).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rizhao terletak di tempat di mana kuno budaya Dawenkou dan budaya Longshan berkembang. Rizhao milik orang Dongyi selama dinasti Xia dan dinasti Shang (2070-1046 SM), dan Ju dan Yue menyatakan di musim semi dan musim gugur periode (770-476 SM) dan Perang Amerika periode (476-221 SM). Ini menjadi bagian dari Langya Commandery dalam dinasti Qin (221-206 SM). Rizhao bernama Haiqu County (海曲县) selama Han Barat (206 SM-25 M) dan Xihai County di bawah Han Timur (25-220 AD).

Selama dinasti Tang, bersama-sama dengan Ju County, Rizhao menjadi distrik Mizhou Kabupaten Henan. Pada tahun kedua dari Periode Yuanyou dari zaman dinasti Song, Kota Rizhao didirikan, dengan nama "sinar matahari"[1] . Pada tahun 24 dari Periode Dading dari Dinasti Jin, Rizhao didirikan. Pada tahun 1940, berada di bawah kendali Partai Komunis China. Setelah menjadi kabupaten dan sejak tahun 1985, menjadi sebuah kota di bawah administrasi Linyi, Rizhao menjadi kota tingkat kabupaten di provinsi Shandong pada tahun 1989.

The Field Museum of Natural History di Chicago telah melakukan survei lapangan pekerjaan arkeologi di Rizhao selama bertahun-tahun [2].

Iklim[sunting | sunting sumber]

Rizhao memiliki, empat musim, iklim muson-influenced, iklim yang terletak pada transisi antara lembab subtropis (Köppen CWA) dan lembab benua (Köppen Dwa). Musim dingin untuk dingin dan berangin, tetapi umumnya kering, dengan rata-rata di bulan Januari -0.3 °C (31,5 °F). Musim panas umumnya panas dan lembab, tetapi jarang hari-hari yang sangat panas, dengan rata-rata di bulan Agustus 25,7 °C (78,3 °F). Karena kedekatannya dengan pantai dan berada di semenanjung, mengalami satu bulan musim semi tertunda, dibandingkan dengan provinsi lainnya. Sebaliknya, musim gugur adalah lebih ringan daripada daerah pedalaman di Shandong. Suhu rata-rata tahunan adalah 12,95 °C (55,3 °F). Rata-rata, ada 2.530 jam sinar matahari cerah setiap tahun dan kelembaban relatif 70-74%[3].

Pembagian administrasi[sunting | sunting sumber]

Rizhao terbagi menjadi 2 distrik dan 2 kabupaten:

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Rizhao memiliki pelabuhan utama, terletak sekitar 620 km (390 mil) utara dari Shanghai, 170 km (110 mil) barat daya dari Qingdao, dan 120 km (75 mil) utara dari Lianyungang. Pelabuhan berfungsi sebagai situs untuk bongkar muat biji besi dan batubara. Produk lain termasuk semen, nikel, bauksit, dan sejenisnya[4]. Pada tahun 2011, Pelabuhan Rizhao, bersama-sama dengan kota-kota Qingdao, Weihai dan Yantai di Shandong, menandatangani aliansi strategis dengan Busan, pelabuhan terbesar dari Republik Korea. Aliansi ini bertujuan untuk membangun pengiriman dan logistik pusat di Asia Timur Laut[5].

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

Lokasi berikut memiliki peringkat bintang 4 menurut klasifikasi Cina untuk tempat-tempat indah (旅游景区质量等级)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Worldwatch Institute. (2007). State of the World: Our Urban Future.:108
  2. ^ [1] Ekspedisi China
  3. ^ Weather China
  4. ^ Laporan pelabuhan rizhao perusahaan china co.ltd
  5. ^ "Four Chinese ports ally with ROK's largest port". Marine News China. 29 September 2011. Diakses tanggal September 14, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]