Ritchie Boys

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Ritchie Boys adalah sekumpulan sekitar 10.000[1] pemuda, kebanyakan Yahudi, Jerman yang kabur dari negara kelahiran mereka dan pindah ke Amerika Serikat. Mereka memilih untuk bergabung dengan Angkatan Darat Amerika Serikat dan dilatih di Pusat Pelatihan Intelijen Militer, juga dikenal sebagai Camp Ritchie, di Maryland. Mereka dilatih khusus dengan metode perang psikis. Mereka mampu menjalaninya karena mereka tahu bahasa Jerman dan mentalnya lebih baik daripada tentara kelahiran AS. Peran para tentara ini adalah mempelajari musuh, dan merendahkannya untuk mencapai sebuah penyerahan tanpa syarat.

Setelah AS mengumumkan perang terhadap Jerman, Ritchie Boys menjadi senjata yang menentukan bagi para Sekutu. Mereka masuk ke Eropa pada D-Day, 6 Juni 1944 bersama dengan tentara Sekutu lainnya. Setelah mencapai daratan mereka meninggalkan satuannya dan menjalankan tugas khusus. Mereka mampu memberikan informasi berharga kepada Sekutu. Selain itu, Ritchie Boys membantu merusak pertahanan Jerman dengan merendahkannya di operasi terbuka dan tertutup. Mereka menginterogasi tahanan perang dan penyusup untuk memberikan informasi mengenai kekuatan pasukan, gerakan tentara, dan kondisi fisik dan psikis Jerman. Karena disinformasi melalui pengumuman suratkabar, selebaran, siaran radio, dan truk suara, penduduk dan militer Jerman terpaksa menghentikan perlawanan terhadap serbuan Sekutu.

Setelah perang, banyak di antara Ritchie Boys berperan sebagai penerjemah dalam Pengadilan Nuremberg. Setelah itu tidak ada reuni veteran atau acara semacamnya, karena di Perang Dunia II hanya ada periode pendek bagi hidup pada tentara. Banyak di antara mereka memiliki karier politik, ilmu pengetahuan, atau bisnis yang sukses.

Ritchie Boys terdiri dari beberapa orang berpengaruh seperti Hans Habe, Klaus Mann, Stefan Heym, Hanus Burger, dan David Robert Seymour.

Tahun 2004, kelompok ini dan tugas-tugasnya menjadi inspirasi film dokumenter The Ritchie Boys oleh sutradara Christian Bauer. Menampilkan sepuluh Ritchie Boys asli, film ini telah menerima banyak penghargaan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jeffreys, Keith: Remembering the Ritchie Boys. Retrieved 2007-02-12

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Artikel ini mengumpulkan informasi dari Wikipedia revisi February 12, 2007 of artikel yang sama di Bahasa Jerman.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]