Rita Dinah Kandi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rita Dinah Kandi
Informasi latar belakang
Lahir18 Agustus 1962 (umur 61)
AsalPrabumulih, Palembang, Indonesia
GenrePop
PekerjaanPenyanyi, Dokter gigi

Rita Dinah Kandi (lahir 18 Agustus 1962) adalah seorang penyanyi Indonesia yang tenar pada tahun 1980-an dan juga berprofesi sebagai dokter gigi. Lagu yang melejitkan namanya adalah "Kisah Cinta di Kota Kecil".

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier dunia hiburan[sunting | sunting sumber]

Rita telah suka menyanyi sejak kecil. Namun karier profesionalnya mulai terbentuk saat duduk di bangku SMU. Saat itu, Rita mendapat penghargaan Juara II Bintang Radio/TV Remaja 1977 se-Sumatera Selatan. Setelah itu pada tahun 1980 ia terpilih sebagai Juara Harapan dalam Kejuaraan Bintang Radio/TV Tingkat Nasional di Jakarta. Rita juga bergabung dengan Paduan Suara Trisakti dan ikut ambil bagian pada Festival Paduan Suara ITB 1984, yang kemudian berhasil menjadi Juara I.

Album perdananya adalah Duri-Duri Cinta (Dadang S.Manaf, 1979), kemudian Dua Hati Satu Asa (David Messakh, 1987), Kisah Cinta di Kota Kecil (Dadang S.Manaf, 1997), dan album keempatnya berjudul Aku Masih Sayang (Rudy Loho, 1998). Kemudian disusul album kelima bertajuk Jalan Terbaik (2000) dengan hits unggulan berjudul sama ciptaan Melly Goeslaw.

Karier lain[sunting | sunting sumber]

Selain menyanyi, alumnus FKG Trisakti lulusan tahun 1987 ini tetap menjalankan profesinya sesuai bidang ilmu yang dipelajari. Rita menjadi dokter gigi di klinik Toothfairy. Selain buka praktik, Rita juga tercatat sebagai salah satu staf di sebuah perusahaan kontraktor, konstruksi, dan jasa ekspor-impor di Jakarta.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Bulan Oktober 2007, publik dikejutkan kabar bahwa Rita dalam kondisi kritis di rumah sakit MMC Kuningan Jakarta Selatan. Ternyata Rita menderita tumor otak. Keberadaan tumor itu baru diketahui setelah jatuh dari tangga di kediamannya. Rita menjalani operasi pengangkatan tumor pada tanggal 17 Oktober 2007.[2][3]

Rita merupakan anak tertua di antara tiga saudara perempuan dari pasangan Alm. Toerido Brodjoloekito dan Sri Sapardinah. Rita menikah dengan Ir. Syaiful M. Anwar pada tanggal 17 Desember 1989. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai 2 orang anak, Paquita Genuschka dan Ramawajdi Kanishka Anwar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]