Risen (film 2016)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Risen
Risen 2016 poster.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Kevin Reynolds
Produser
  • Patrick Aiello
  • Mickey Liddell
  • Pete Shilaimon
Skenario
  • Kevin Reynolds
  • Paul Aiello
Cerita Paul Aiello
Pemeran
Musik Roque Baños
Sinematografi Lorenzo Senatore
Penyunting Steven Mirkovich
Perusahaan
produksi
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis
  • 19 Februari 2016 (2016-02-19)
Durasi
107 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $20 juta[2]
Pendapatan kotor $46.1 juta[3]

Risen adalah sebuah film drama biblikal Amerika 2016 yang disutradarai oleh Kevin Reynolds yang juga bertindak sebagai penulis skenario bersama Paul Aiello. Film tersebut dibintangi oleh Joseph Fiennes, Tom Felton, Peter Firth, and Cliff Curtis, dan mengisahkan tentang seorang prajurit Romawi yang mencari jenazah Yesus setelah Kebangkitan-Nya. Columbia Pictures merilis film tersebut di bioskop-bioskop seluruh Amerika Serikat pada 19 Februari 2016.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Columbia Pictures merilis film ini pada 19 Februari 2016.[4] Laba kotor dari film Risen mencapai $36.9 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $9.2 juta di negara-negara lain. Untuk seluruh dunia, mencapai total $46.1 juta dari anggaran yang hanya $20 juta.[2][5]

Risen menerima beragam ulasan dari kritikus. Rotten Tomatoes merilis bahwa film ini meraih rating 52%, berdasarkan 112 ulasan, dengan rata-rata rating 5.6/10.[6] Metacritic melaporkan skor 51 dari100, berdasarkan 28 kritik yang mengindikasikan beragamnya respon dan ulasan atas film ini.[7] Penonton yang melakukan pooling di CinemaScore memberikan nilai A antara A+ sampai F[8][9]

Plot[sunting | sunting sumber]

Risen merupakan film bertema kristiani, produksi Sony Pictures, Tristar Entertainment, LD Entertainment, dan Affirm Films (Sony Company). Film ini berkisah tentang keberadaan Yesus Kristus (dari Alkitab) saat masuk dalam dunia manusia yang berakhir dengan kematian dan kehidupan kembali yang dibawa kembali ke layar lebar dengan cara berbeda oleh sutradara Kevin Reynolds

Clavius (Joseph Fiennes) adalah pemain film yang berperan sebagai komandan yang ditunjuk oleh Pontius Pilatus (Peter Firth) untuk mengatur penyaliban Yesus, setelah Yesus diklaim telah membawa banyak kesembuhan dan kelegaan bagi banyak orang miskin dan kelas bawah kala itu, dan itu membuat pemerintah yang sedang berkuasa seolah-olah tidak berfungsi mengontrol rakyat, sehingga menjadikan Pontius Pilatus murkan.

Perintah untuk menyalibkan Yesus kemudian masuk dalam komando Clavius dan segera dilaksanakan, meski pada fakta tindakan hukum yang akan mereka jatuhkan tidak memiliki dasar apa pun.

Penyaliban sukses dilaksanakan, sehingga kemudian semua orang yang telah berkumpul menyaksikan hukuman itu kembali ke tempat masing-masing, serta menunggu keesokan harinya akan terjadi apa, yang belum dapat mereka bayangkan.

Setelah disalibkan, mayat Yesus diturunkan dan disemayamkan di gua yang dijaga ketat oleh pihak kerajaan, untuk memastikan tak ada yang mengganggu atau melakukan tindakan apa pun terhadap mayat itu. Namun mereka tidak menyadari bahwa orang yang mereka salibkan tersebut adalah yang maha kuasa, yang masuk dalam tubuh manusia untuk melihat bagaimana manusia memperlakukan sesamanya.

Gua persemayaman akhirnya ditemukan kosong pada keesokan harinya, dengan ikatan dan benda yang ikut bersama jenazah yang di tempatkan di dalam tempat itu telah ditinggalkan. Perburuan terbesar dalam sejarah manusia itu pun dimulailah.

Lucius (Tom Felton) yang mengetahui bagaimana kejadian itu menjelaskan kepada Clavius dalam sebuah ancaman serdadu yang mereka turunkan ke semua tempat, bahwa kerajaan telah melakukan kesalahan terbesar dengan menghukum mati seorang yang bukan orang biasa, yang telah bangkit kembali, menunjukkan keabadian dan kedamaian, menghenyakkan hati Clavius yang telah merongrong serta menghancurkan mereka yang memercayai Yesus.

Kisah ini menceritakan bagaimana Yesus dalam kehidupan masa itu, tapi lebih kepada bagaimana kebangkitan itu ada, meski sedikit yang percaya, dan semakin tidak ada yang percaya, serta kehancuran umat manusia dimulai dari ketidakpercayaan itu, dengan terus mengekang perkembangan mereka yang percaya di Yerusalem pada masa itu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Aktor Joseph Fiennes, yang memerankan Tribunus Romawi Clavius.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "RISEN (12A)". British Board of Film Classification. January 15, 2016. Diakses tanggal January 15, 2016. 
  2. ^ a b "'Deadpool' Still Cool In Weekend 2 With Superhero Set To Pass $200M – Box Office Preview". deadline.com. Diakses tanggal May 26, 2016. 
  3. ^ "Risen (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 6, 2016. 
  4. ^ "The Trailer for Risen, Starring Joseph Fiennes and Tom Felton". comingsoon.net. April 29, 2015. Diakses tanggal May 1, 2015. 
  5. ^ "'Deadpool' Strong With Second Weekend Of $55M; 'Risen' Takes $11.8M, 'Witch' At $8.7M". deadline.com. Diakses tanggal May 26, 2016. 
  6. ^ "Risen (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal May 24, 2016. 
  7. ^ "Risen reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 21, 2016. 
  8. ^ "'Deadpool' Strong With Second Weekend Of $55M; 'Risen' Takes $11.8M, 'Witch' At $8.7M". deadline.com. Diakses tanggal May 26, 2016. 
  9. ^ "'Risen': Biblical semi-epic turns silly at times, grisly at others". Chicago Sun Times. Diakses tanggal February 19, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]