Riocentro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan Riocentro dari atas

Riocentro adalah pusat konvensi dan pameran di Rio de Janeiro, Rio de Janeiro, Brasil. Dibangun pada 1977, Riocentro adalah pusat pameran terbesar di Amerika Latin.

Peristiwa penting[sunting | sunting sumber]

Serangan May Day 1981[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 April 1981, selama konser musik May Day, Riocentro menjadi sasaran serangan teroris oleh anggota garis keras kediktatoran militer Brasil (1964–1985).[1][2][3] Sersan Guilherme Perei ra do Rosário dan Kapten Wilson Dias Machado, saat ini seorang Kolonel, bertanggung jawab untuk meledakkan dua bom di tempat tersebut. Namun, sekitar pukul 9 malam, salah satu bom meledak di pangkuan Sersan Rosário, membunuhnya dan melukai Machado secara serius. Bom kedua meledak beberapa mil jauhnya di pembangkit tenaga listrik yang bertanggung jawab untuk menyediakan energi listrik ke Riocentro; itu terlempar melewati pagar dan meledak di tanah, dan pasokan listrik tidak pernah terputus malam itu. Pemerintah segera menyalahkan radikal sayap kiri atas serangan itu. Teori ini tidak memiliki dukungan pada saat kejadian dan saat ini ada bukti kuat bahwa serangan itu direncanakan oleh sektor garis keras pemerintah untuk meyakinkan sektor moderat bahwa gerilya perkotaan sayap kiri masih aktif dan bahwa gelombang baru represi politik diperlukan. Episode ini menandai penurunan rezim militer di Brasil, yang secara resmi akan berakhir empat tahun kemudian.[butuh rujukan]

KTT Bumi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1992, Riocentro menjadi tuan rumah Perserikatan Bangsa-Bangsa KTT Bumi.

Acara olahraga[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, Riocentro menyelenggarakan berbagai acara untuk Pan American Games di beberapa paviliun. Kapasitas paviliun berkisar antara 2.000 orang hingga 4.500 orang. Ketika Rio menawar Olimpiade Musim Panas 2016 dan Paralimpiade yang dimenangkannya pada Oktober 2009, empat dari enam paviliunnya diusulkan sebagai tempat. Selama pertandingan ini, Paviliun 2 menjadi tuan rumah kompetisi Olimpiade tinju, Paviliun 3 menjadi tuan rumah dari Olimpiade dan Paralimpiade kompetisi tenis meja, Pavilion 4 menjadi tuan rumah kompetisi bulutangkis, dan Paviliun 6 menjadi tuan rumah Olimpiade angkat besi dan Paralimpiade powerlifting tahun 2016. Selama Piala Dunia FIFA 2014, Riocentro digunakan sebagai markas Pusat Siaran Internasional (IBC).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Daftar ulang

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Tempat tenis meja Olimpiade Templat:Tempat angkat besi Olimpiade Templat:Tempat bola tangan Pesta Olahraga Amerika

  1. ^ "Como deveria ser o ataque a bomba no Riocentro - Revista CartaCapital" (dalam bahasa Portugis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-03-27. Diakses tanggal 2015-06-04. 
  2. ^ escandalos/riocentro/index.htm "A Bomba do Riocentro dan Farsa dos Militares Brasileiros" Periksa nilai |url= (bantuan) (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 2015-06-04. 
  3. ^ -abertura-politica "Relatório da CNV aponta que atentado do Riocentro foi realizado por militares para retardar a abertura política" Periksa nilai |url= (bantuan) (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 2015-06-04.