Rilis bergulir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam pengembangan perangkat lunak, rilis bergulir (Bahasa Inggris: rolling release) merupakan konsep yang sering memberikan pembaruan untuk aplikasi.[1][2][3] Hal Ini berbeda dengan model pengembangan standar atau titik rilis yang menggunakan versi perangkat lunak yang harus diinstal ulang dari versi sebelumnya.

Model pengembangan rilis bergulir adalah salah satu dari banyak jenis daur hidup rilis perangkat lunak. Meskipun model rilis bergulir yang dapat digunakan dalam pengembangan setiap bagian atau koleksi perangkat lunak, model ini sering terlihat digunakan oleh distribusi Linux, lihat distribusi rilis bergulir.

Rilis bergulir ini biasanya diimplementasikan dengan menggunakan pembaruan kecil dan sesering mungkin. Namun, hanya memiliki pembaruan tidak secara otomatis berarti bahwa perangkat lunak menggunakan siklus rilis bergulir; Untuk ini, filosofi pengembang harus bekerja dengan satu cabang kode, bukan menggunakan versi diskrit. Ketika rilis bergulir digunakan sebagai model pengembangan, pembaruan perangkat lunak biasanya dikirimkan kepada pengguna melalui manajer paket pada pengguna komputer pribadi, mengakses melalui repositori perangkat lunak internet (sering melalui cermin unduhan) yang disimpan pada server berkas internet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alex Newth (2015-05-09). "What Is a Rolling Release?". wiseGeek. Diakses tanggal 2016-05-22. 
  2. ^ Steven J. Vaughan-Nichols (2015-02-03). "Rolling release vs. fixed release Linux". ZDNet. Diakses tanggal 2016-05-22. 
  3. ^ "Continuous Delivery and Rolling Upgrades". Ansible Documentation. 2016-04-21. Diakses tanggal 2016-05-22.