Rijksmonument

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang monumen nasional yang diperkenalkan pada 2014

Rijksmonument (pengucapan Belanda: [ˈrɛiksmoːnyˌmɛnt]) adalah sebuah situs warisan nasional di Belanda, yang didaftarkan oleh agensi Rijksdienst voor het Cultureel Erfgoed (RCE) yang bertindak untuk Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda.[1]

Beberapa contoh[sunting | sunting sumber]

Beberapa tontonan wisatawan Belanda adalah rijksmonuments, seperti kastil atau kincir angin. Beberapa kincir angin terkenal adalah De Schoolmeester, Westzaan, sebuah kincir angin di Noord Holland, satu-satunya kincir angin yang ada di pabrik kertas di dunia,[2] yang didaftarkan sebagai rijksmonument nomor 40013;[3] De Wieker Meule, De Wijk, di provinsi Drenthe, dibangun pada 1829 dan direstorasi dalam rangka pengerjaan, didaftarkan sebagai rijksmonument nomor 39657;[4] dan Mellemolen, sebuah kincir angin di Friesland, juga direstorasi dalam rangka pengerjaan, didaftarkan sebagai rijksmonument nomor 35937.[5] Beberapa rijksmonument juga meliputi beberapa gereja, seperti Gereja Santo Remigius, Simpelveld, di provinsi Limburg, yang dibangun pada 1921 dan dengan sebuah penemuan yang berasal dari 1500.

Monumen lainnya di Belanda[sunting | sunting sumber]

  • Monumen provinsial (provinciaal monument) adalah sebuah monumen yang dirancang oleh sebuah provinsi. Di Belanda, hanya terdapat dua provinsi yang memiliki monumen, Holland Utara dan Drenthe.
  • Monumen munisipal (gemeentelijk monument) adalah sebuah monumen yang dirancang oleh sebuah munisipalitas. Monumen munisipal tidak memiliki pengaruh secara nasional tetapi memiliki pengaruh secara kewilayahan atau kota/desa.
  • Monumen arkeologi.
  • Kota yang dilindungi atau pemandangan-pemandangan landskap.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wat is een rijksmonument?" (dalam bahasa Dutch). Diakses tanggal 2009-08-08. 
  2. ^ Reynolds, John (1974). Windmills & Watermills. London: Hugh Evelyn. hlm. p173–74. ISBN 0-238-78943-8. 
  3. ^ "Molendatabase: De Schoolmeester te Westzaan". Technische gegevens (dalam bahasa Belanda). Vereniging De Zaansche Molens. Diakses tanggal 24 August 2009. 
  4. ^ "Molendatabase: De Wieker Meule te De Wijk". Technische gegevens (dalam bahasa Belanda). De Hollandsche Molen. Diakses tanggal 24 Agustus 2009. 
  5. ^ "Technische gegevens" (dalam bahasa Dutch). De Hollandsche Molen. Diakses tanggal 24 Agustus 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]