Ridwan Djamaluddin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ridwan Djamaluddin sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung

Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc. (lahir 24 Maret 1963)[1] adalah seorang birokrat dan peneliti Indonesia. Pada 12 Mei 2022, beliau diangkat menjadi penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.[2] Sebelumnya, Ia menjabat sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak tahun 2020. Ridwan adalah salah satu anak buah Luhut Binsar Pandjaitan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Pada tahun 2020, Ridwan sempat menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves. Di kementerian yang sama, dia sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Infrastruktur selama 2015-2020. Ridwan juga pernah menjabat di Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam selama 2010-2015.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Ridwan meraih gelar S1 dari jurusan Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 31 Desember 1989. Kemudian, Ia mendapatkan gelar magister dari Universitas Twente Belanda pada 10 September 1993. Enam tahun setelahnya (17 Mei 1999), Ridwan meraih gelar doktoral dari jurusan Geografi Universitas Texas A&M Amerika Serikat.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Ridwan Djamaluddin sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM

Sejumlah penghargaan pernah Ridwan raih selama berkarier sebagai pegawai negeri sipil (PNS), di antaranya penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI di tahun 2007. Lalu, penghargaan 101 Inovasi Paling Prospektif dari Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) di tahun 2009, dan penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi PNS yang menunjukkan prestasi kerja luar biasa di tahun 2010.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]