Richard d'Étampes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Richard dari Montfort
Comte Vertus dan Étampes
Lahirskt. 1396
Wafat2 Juni 1438 (berusia 41–42)
Château de Clisson
Pemakaman
WangsaWangsa Dreux-Montfort
AyahYann V dari Bretagne
IbuJoan dari Navarra
PasanganMarguerite d'Orléans
Anak
di antara lainnya...
Frañsez II dari Bretagne
Catherine, Putri Orange
AgamaKatolik Roma

Richard, Comte Montfort, Vertus dan Étampes (skt. 1396 – 2 juni 1438) merupakan anak kedelapan dan putra bungsu Yann V, Adipati Bretagne, dan istrinya yang ketiga, Joan dari Navarra. Tidak banyak yang diketahui mengenai kehidupannya, kecuali bahwa ia adalah ayahanda Frañsez II, Adipati Bretagne. Di dalam hidupnya ia memegang berbagai jabatan dan posisi, ia diangkat sebagai Kapten Jenderal Guyenne dan Poitiers pada tahun 1419, menjadi comte d'Étampes dan seigneur de Palluau dan de Châteaumur de Thouarcé, de Bourgomeaux-l'Evêque dan de Ligron pada tanggal 8 Mei 1423, dan Comte Mantes pada bulan Oktober 1425.

Kehidupan dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Silsilah dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Ayahandanya adalah cicit Pêr I, Adipati Bretagne, yang merupakan buyut Louis VI dari Prancis. Hal ini menjadikan Richard anggota Wangsa Kapetia. Ia juga merupakan salah satu cicit Henry III dari Inggris, melalui nenek moyangnya, Beatrice dari Inggris, yang menandakan aliansi politik dan pernikahan di antara raja-raja Inggris dan bangsawan Wangsa Bretagne.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Marguerite d'Orléans, istri Richard

Pada tahun 1423, Richard menikahi Marguerite d'Orléans, putri Louis, Adipati Orléans, saudara Charles VI dari Prancis dan Valentina Visconti, putri Giangaleazzo Visconti, Adipati Milan dan istri pertamanya, Isabelle dari Valois

Marguerite adalah sepupu keduanya, karena mereka memiliki kakek moyang yang sama, Raja Jean yang Baik. Ia juga anggota cabang kadet Wangsa Valois, yang berasal dari cabang kadet Wangsa Kapetia, yang menjadikan Richard keturunan dari ayahandanya. Hal ini menjadikan mereka sepupu jauh melalui keturunan dari pihak Louis VI dari Prancis.

Sang mempelai wanita menerima wilayah Vertus sebagai maharnya, dengan demikian Richard menjadi Comte dengan hak istrinya. Ia dan Richard memiliki tujuh orang anak, dua di antaranya, Frañsez dan Catherine, memiliki keturunan. Richard juga memiliki seorang putri yang sah dari seorang gundik.

Hubungan-hubungan lainnya[sunting | sunting sumber]

Richard memiliki hubungan yang bervariasi dan kompleks dengan royalti Prancis dan Inggris.

Ibundanya Joan kemudian menikah dengan Henry IV dari Inggris, dan menjadi Ratu Inggris. Saudara tiri Richard dan putra beserta ahli waris Henry IV, Henry V dari Inggris, kemudian akan menuntut takhta Prancis dan kembali memulai Perang Seratus Tahun dan menikah dengan sepupu istri Richard dari pihak ayahandanya, Catherine dari Valois. Keponakan tirinya, Raja Henry VI dari Inggris, menggantikan kakek dan pamanda istri Richard, Charles VI ke takhta Prancis, sebagai saingan Dauphin Charles. Kebetulan, istri Henry, Marguerite d'Anjou, adalah putri tiri Jeanne de Laval, yang adalah cucu saudara Richard, Yann VI, Adipati Bretagne. Richard juga berkerabat jauh dengan Wangsa Courtenay, yang juga keturunan dari Louis VI, melalui putra bungsunya, Pierre I dari Courtenay.

Comte Étampes[sunting | sunting sumber]

Dengan pernikahannya pada tahun 1423, Richard menjadi Comte de Vertus-en-Champagne dan de Bénon. Ia juga menjadi Baron de Clisson, seigneur de Courtenay, de Piffonds, de Houdan dan de l'epine-Gaudin pada tahun 1423, dan châtelain de Renac dan de Bois-Raoul di dekat Redon pada tahun 1424.

Richard menjadi Comte d'Étampes dengan hak istrinya. Istrinya menjadi ahli waris wilayah tersebut dari ayahandanya yang secara resmi diserahkan kepada mereka oleh Raja Charles VII dari Prancis. Namun, hak waris itu ditentang oleh Philippe yang Baik, Adipati Bourgogne. Agaknya, Philippe berusaha untuk membalas kematian ayahandanya dengan mengganggu pemerintahan Charles; Charles mungkin bertanggung jawab atas pembunuhan sang adipati pada tahun 1419. Philippe menduduki wilayah itu dan memegangnya secara pribadi sampai tahun 1434, setelah itu ia memberikannya kepada sepupunya, Jean II, Comte Nevers. Namun demikian, wilayah tersebut dikembalikan ke Richard pada bulan September tahun 1435.

Suksesi[sunting | sunting sumber]

Richard meninggal pada tanggal 2 Juni 1438.

Kedua saudara Richard yang lebih tua menggantikan ayahanda mereka, Yann V, sebagai Adipati Bretagne. Pada saat kematian Richard, ia meninggalkan sisa gelar warisan ayahandanya, dan hanya menyimpan satu untuk putranya yang sah, Frañsez II. Hasilnya, Frañsez II menggantikan Richard, ayahandanya, sebagai Comte d'Étampes dan Arzhur III, pamandanya, sebagai Adipati Bretagne.

Putrinya Catherine menikah dengan Pangeran Guillaume II dari Orange pada tahun 1438.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]