Revo Marty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Revo Marty
LahirRevolbert Martino
31 Oktober 1985 (umur 38)
Jakarta, DKI, Indonesia
Nama lainRevo Marty
Almamater
Pekerjaan
Karier musik
Genre
Instrumen
Tahun aktif2010 - sekarang
LabelRoyal Prima Musikindo (2012-2013), Demajors (2015 - sekarang), Warner Music Indonesia (2019), RVSM Records (2013 - sekarang)

Revo Marty (lahir 31 Oktober 1985) adalah seorang penyanyi dan produser berkebangsaan Indonesia. Album perdananya, Realize dirilis tahun 2012 di bawah label Royal Prima Musikindo, dengan lagu andalan karya Yovie Widianto yang berjudul "Selamat Malam Kekasihku" (Sebelumnya dipopulerkan oleh Elfa's Singers pada tahun 1998) dan sempat menjadi hits. Setahun setelah album perdananya Realize dirilis, Revo sempat membentuk grup trio vokal bernama Oldskul yang mengusung musik-musik R&B/Soul era 90-an.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tahun 2015, Revo merilis album kedua bersama label Demajors dengan judul "Say My Name (album)", yang keseluruhan lagunya ditulis, diproduseri dan diaransemen sendiri olehnya. Album keduanya melejitkan single pertama dengan lagu berjudul "Takkan Mengalah (Jadi Gila)", single kedua "Waiting" featuring Soulmate (Ade & Bowo) dan single ketiga “Kurindukan”. Sepanjang kariernya Revo sudah bekerjasama dengan sejumlah nama besar di industri musik dan seni Indonesia, seperti Andi Rianto, Krishna Balagita, Yovie Widianto, Rieka Roslan, Barry Likumahuwa, Soul ID, Oele Pattiselanno, Bayu Risa, Rieke Diah Pitaloka, dan juga sempat menjadi pengarah vokal untuk grup JKT48 untuk program iClub48 di NET. Revo pun sempat memproduseri dan menulis lagu untuk beberapa artis pendatang baru diantaranya Danira dengan lagu "Tak Bisa Denganmu"dan juga Emmandchis yang juga merilis album perdana mereka di bawah label Demajors dengan lagu andalan "Aku Melangkah Lagi" ciptaan Santoso Gondowijojo yang sebelumnya populer dibawakan oleh Vina Panduwinata pada tahun 1984. Selain sebagai musisi Revo Marty juga mempunyai sebuah rumah produksi independen yang bernama RVSM (Ravensome Production) yang didirikan pada tahun 2008. Revo Marty merilis album ketiganya berjudul Rising, berisikan 9 (sembilan) lagu yang proses produksinya dilakukan di New York City, Amerika Serikat. Album ketiga Revo Marty membuahkan hits single “Can’t Let Go” & “Friend Zone”. Saat bermukim di New York selama kurang lebih 6 (enam) tahun, dia juga merilis beberapa karya seperti EP (Mini Album) Jazz yang berjudul “Summer, Fall, Spring & Winter” bersama Andi Peking, Album “Generation Gap” bersama Andi Peking, single “Never Let U Go” bersama Alya Zurayya produksi Warner Music Indonesia dan kolaborasi bersama musisi Jepang Hannah Warm produksi Willow Records Japan.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album

Diskografi produser

  • Oldskul - Self Titled (2013) Writer, Producer, Arranger, Mixing Engineer
  • Danira - Tak Bisa Denganmu "Single", (2014) Writer, Producer, Arranger
  • Vady - Kan Kampret "Single", (2015) Producer, Arranger, Mixing Engineer
  • Emmandchis - EP (2015) Producer, Co-Writer, Arranger, Mixing Engineer
  • Say My Name (album) - (2015) Producer, Song Writer, Arranger, Mixing Engineer
  • Rising - (2017) Producer, Song Writer, Arranger, Mixing & Mastering Engineer
  • Andi Peking - So Close (feat. Revo Marty), (2017) Producer, Song Writer, Sound MixingEngineer
  • Andi Peking - Summer, Fall, Spring & Winter, (2017) Singer, Producer, Song Writer, Sound Mixing Engineer
  • Katakan Saja - Single by Revo Marty, (2017) Singer, Producer, Song Writer, Sound Mixing & Mastering Engineer
  • Through The Night - Single by Revo Marty featuring Elang Defrianto (2020) Singer, Producer”
  • I’LL BE BY YOUR SIDE - Single with Hannah Warm (2020)
  • Feelings - Single with Hannah Warm (2021)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]