Review ~Shimokawa Mikuni Seishun Anison Cover Album~

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Review ~Shimokawa Mikuni Seishun Anison Cover Album~
Album Kompilasi karya Shimokawa Mikuni
Dirilis17 Desember 2003
GenreJ-Pop
Durasi52 menit 26 detik
LabelPony Canyon
Kronologi Shimokawa Mikuni
Review ~Shimokawa Mikuni Seishun Anison Cover Album~
(2003)
Mikuni Shimokawa Singles & Movies
(2005)Mikuni Shimokawa Singles & Movies2005

Review ~Shimokawa Mikuni Seishun Anison Cover Album~ adalah album kompilasi dari Shimokawa Mikuni. Pada album inilah, pertama kalinya dia meluncurkan album kompilasinya. Album ini dirilis oleh Pony Canyon pada tanggal 17 Desember 2003 dan diberi kode hak cipta PCCA-01967.

Pada album ini Shimokawa Mikuni menyanyikan lagu-lagu tema (theme song) dari beberapa serial anime yang pernah tayang di Jepang. Mulai dari serial anime pada tahun ’80-an hingga tahun 2000-an. Misalnya, pada lagu pertama di album ini yang merupakan lagu tema penutup dari serial anime, Miyuki yang tayang pada sekitar kuartal pertama tahun 1983 hingga kuartal pertama tahun 1984.

Jejak Riwayat Lagu[sunting | sunting sumber]

Tercatat sebanyak sepuluh lagu yang mengisi album ini merupakan lagu-lagu yang pernah menjadi lagu tema anime pada masanya dan telah dipopulerkan sebelumnya oleh penyanyi aslinya. Beberapa di antaranya telah beberapa kali dinyanyikan ulang oleh para penyanyi asal Jepang selama rentang waktu sejak dirilis untuk yang pertama kalinya hingga saat ini.

Berikut lagu-lagu lawas tersebut yang telah dinyanyikan kembali oleh Shimokawa Mikuni di album ini.

  1. “Omoide ga Ippai”: adalah lagu yang pertama kali dipopulerkan sebagai singel ke-5 dari grup duo Jepang, H2O.[1] Lagu yang menjadi judul singel tersebut dirilis pada tanggal 25 Maret 1983.[1] Lagu ini hingga terakhir pada tahun 2011 lalu terhitung telah dinyanyikan kembali oleh para musisi yang berbeda sebanyak 14 kali.
  2. “Zankoku na Tenshi no TE-ZE”: adalah lagu singel ke-11 dari penyanyi Jepang, Takahashi Youko[2] yang menjadi lagu tema pembuka serial anime, Neon Genesis Evangelion.” Lagu yang dirilis pertama kali pada 25 Oktober 1995[3] telah dinyanyikan ulang oleh beberapa penyanyi Jepang yang berbeda sebanyak 43 kali.
  3. “Rinbu -revolution-”: adalah lagu yang dinyanyikan pertama kali oleh penyanyi aslinya, yakni Okui Masami. Lagu ini dirilis selain sebagai singel ke-10 miliknya, juga sebagai lagu tema pembuka satu-satunya pengisi serial anime yang berjudul Shoujo Kakumei UTENA.” Lagu yang tercatat dirilis ke publik pada 21 Mei 1997 ini telah dinyanyikan kembali oleh empat penyanyi Jepang lainnya, termasuk Shimokawa Mikuni hingga saat ini.
  4. “ETERNAL WIND ~Hohoemi wa Hikaru Kaze no Naka~”: adalah lagu dari singel ke-9 yang dipopulerkan pertama kali penyanyi Jepang, Moriguchi Hiroko.[4] Lagu ini dirilis pada 5 Februari 1991 dan diperkenalkan melalui film animasi “Mobile Suit Gundam Formula 91” sebagai lagu tema pembukanya. Sama seperti lagu pengisi anime lawas lainnya, lagu ini pun telah beberapa dinyanyikan ulang oleh beberapa penyanyi Jepang lainnya.
  5. “Ai, Oboete Imasu ka”: adalah singel ke-3 dari penyanyi solo wanita, Iijima Mari yang dirilis pada 5 Juni 1984. Lagu ini menjadi lagu tema dari film animasi, The Super Dimension Fortress Macross: Do You Remember Love? Lagu ini tercatat telah dirilis ulang oleh 50 penyanyi lainnya dengan versinya masing-masing.
  6. “LOVE SONG”: adalah lagu ke-2 dari singel ke-6 yang dirilis 21 Maret 1987 oleh sebuah band asal Jepang yang bernama Tom Cat dan singel tersebut berjudul TOUGH BOY.” Lagu lawas ini menjadi lagu tema penutup serial anime, Fist of North Star 2.”
  7. “KUJIKENAIKARA!”: adalah salah satu lagu dari sebuah singel duet asal Jepang, yaitu Hayashibara Megumi dan Masami Okui yang dirilis pada 24 Mei 1995. Lagu yang terdapat pada singel berjudul Get Along tersebut mengisi sebagai lagu ke-2. Lagu ini menjadi lagu tema penutup serial anime, Slayers.”
  8. “BURU- WO-TA-”: adalah lagu dari singel ke-12 penyanyi wanita asal Jepang, Morikawa Miho yang telah dirilis pada 25 April 1990. Lagu ini dipilih untuk menjadi lagu tema pembuka pada serial anime, Nadia: The Secret of Blue Water.” Hingga saat ini lagu ini pun telah dinyanyikan kembali sebanyak enam kali oleh penyanyi lainnya.
  9. “GooD-LucK”: adalah lagu ke-2 pada singel ke-4 milik penyanyi Jepang, Shinohara Ryouko yang berjudul Koishisa to Setsunasa to Kokoro-Dzuyosa to yang dirilis pada 21 Juli 1994.[5] Lagu ini menjadi lagu tema penutup film animasi, “Street Fighter II.”
  10. “Yume Kounen”: adalah lagu yang pertama kali dinyanyikan oleh penyanyi Jepang, Kageyama Hironobu pada tahun 1986. Lagu ini dipilih menjadi lagu tema penutup serial animasi Jepang berjudul Uchuusen Sagittarius yang tayang mulai dari tahun 1986-1987.

Disk CD[sunting | sunting sumber]

Daftar Trek Lagu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Lirik Musik Aransemen
1. Omoide ga Ippai Aki Youko Suzuki Kisaburou Uesugi Hiroshi
2. Zankoku na Tenshi no TE-ZE Oikawa Neko Satou Hidetoshi Suzuki Hideyuki
3. Rinbu -revolution- Okui Masami Yabuki Toshirou ats-
4. ETERNAL WIND ~Hohoemi wa Hikaru Kaze no Naka~ Nishiwaki Yui Nishiwaki Yui & Orihara Youko h-wonder
5. Ai, Oboete Imasu ka Yasui Kazumi Katou Kazuhiko Nichihino Genki
6. LOVE SONG TOM Takagaki Kaoru Uesugi Hiroshi
7. KUJIKENAIKARA! Arimori Satomi Okui Masami Suzuki Hideyuki
8. BURU- WO-TA- Kisugi Etsuko Inoue Yoshimasa Suzuki Hideyuki
9. GooD-LucK Komuro Tetsuya Komuro Tetsuya ats-
10. Yume Kounen Aku Yuu Suzuki Kisaburou Kahara Daisuke
11. Alone (Cover Version) Mutsumi Sumiyo ab:fly Kahara Daisuke

Terjemahan Judul Lagu[sunting | sunting sumber]

No. Bahasa Jepang Cara Pelafalan (Romaji) Terjemahan
1. 想い出がいっぱい Omoide ga Ippai Penuh Kenangan
2. 残酷な天使のテーゼ Zankoku na Tenshi no TE-ZE Pernyataan Malaikat yang Kasar
3. 輪舞-revolution- Rinbu - - - Tarian Beruntun -Revolusi-
4. ETERNAL WIND~ほほえみは光る風の中~ - ~Hohoemi wa Hikaru Kaze no Naka~ Angin Abadi ~Senyuman di Dalam Angin yang Bersinar~
5. 愛・おぼえていますか Ai, Oboete Imasu ka Cinta, Masih Ingatkah?
6. LOVE SONG - Lagu Cinta
7. KUJIKENAIKARA! Kujikenai kara! Karena tidak akan Patah!
8. ブルーウォーター BURU- WO-TA- Air Biru
9. GooD-LucK - Semoga Beruntung
10. 夢光年 Yume Kounen Tahun Cahaya Mimpi
11. Alone(Cover Version) - Sendiri (Versi Cover)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Jepang) Situs Resmi Akashio Masaki. Diskografi H2O. Diakses pada tanggal 24 Oktober 2013.
  2. ^ (Jepang) Situs Resmi Takahashi Youko (Funky Jam) Diarsipkan 2013-10-29 di Wayback Machine.. Daftar Diskografi. Diakses pada tanggal 24 Oktober 2013.
  3. ^ (Jepang) Zankoku na Tenshi no TE-ZE (Musik). Ulasan Singel “Zankoku na Tenshi no TE-ZE” di situs Amazon. Diakses pada tanggal 24 Oktober 2013.
  4. ^ (Jepang) Situs Resmi Moriguchi Hiroko: Diskografi. Singel “ETERNAL WIND ~Hohoemi wa Hikaru Kaze no Naka~”. Diakses pada 24 Oktober 2013.
  5. ^ (Jepang) Situs Resmi Shinohara Ryouko: Diskografi Diarsipkan 2020-12-25 di Wayback Machine.. Singel “Koishisa to Setsunasa to Kokoro-Dzuyosa to”. Diakses pada 30 Oktober 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]