Retinopati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Retinopati adalah segala bentuk kerusakan retina mata, yang bisa mengakibatkan gangguan penglihatan. Retinopati sering merujuk kepada penyakit vaskular retina atau kerusakan retina yang disebabkan tidak normalnya aliran darah. Degenerasi makular yang berhubungan denga usia juga dimasukkan dalam kategori retinopati namun lebih sering dibicarakan sebagai kondisi yang terpisah.

Retinopati, atau penyakit vaskuler retina, bisa dikategorikan secara luas menjadi tipe proliferatif dan non proliferatif. Seringkali retinpati adalah manifestasi ocular dari penyakit yang lebih sistemik seperti diabetes dan darah tinggi. Diabetes adalah penyebab utama retinopati pada tahun 2008 di Amerika Serikat. Retinopati diabetes adalah penyebab utama kebutaan pada usia produktif. Kondisi ini diperkirakan penyebab 5 persen dari kebutaan di seluruh dunia dan dirancang sebagai prioritas utama penanganan penyakit mata oleh WHO. Selain itu, ada pula retinopati hipertensi.



Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik.