Resimen 2 Pasukan Pelopor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Resimen III Pelopor)

Resimen II Pasukan Pelopor adalah satuan pelaksana utama yang berada di bawah Korps Brimob yang bertugas untuk membina dan meningkatkan kemampuan personil dan mengerahkan kekuatan satuan atas perintah Komandan Brimob Polri dengan tugas dan fungsi untuk menyelenggarakan fungsi penindakan massa dan lawan insurjensi guna terwujudnya keamanan dalam negeri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan Surat Kapolri No. Pol: B/2667/VII/1995 tanggal 10 Juli 1995 tentang permohonan Persetujuan tentang Institusi Korps Brimob dan Prosedur Sattama Brimob Polri, Maka pada tanggal 10 September 1996 keluarlah Surat Keputusan Polisi Republik Indonesia Nomor: Kep/07/IX/1996 tentang pembentukan Korps Brimob.

Kapolri yang saat itu di jabat oleh Jenderal Polisi Drs. Dibyo Widodo pun mengeluarkan Skep Kapolri No. Pol.: Kep/10/IX/1996 tanggal 16 September 1996 tentang pengsesahan Korps Brimob Polri yang menetapkan.

Pengesahan Korps Brimob Polri sebagai badan pelaksana pusat pada tingkat Mabes Polri yang berkedudukan di bawah Kapolri.Pemberlakuan Isntitusi sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Kapolri Nomor: Kep/07/IX/1996 tanggal 10 September 1996.Operasionalisasi Korps Brimob Polri selambat-lambatnya tanggal 5 Oktober 1996 Hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan pembangunan pangkalan dan fasilitas lainnya dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan skala prioritas program dan anggaran Polri pada Rensta V 1994-1998. Maka di bentuklah 2 Resimen Brimob:

  1. Resimen I Brimob yang terdiri dari 4 Batalyon, dimana 1 batalyon terdiri dari 4 kompi dan 1 kompi Bantuan (Kiban) dengan Batalyon Resimen di Kedung Halang Bogor.
  2. Resimen II Brimob terdiri dari 4 Detasemen Gegana dengan pangkalan di Mako Korps Brimob Kelapa Dua Cimanggis Depok.

Resimen I Brimob, mempunyai 1 batalyon yang bermarkas di Mako Korps Brimob Kelapa Dua dan kelak Batalyon inilah yang menjadi kerangka berdirinya Resimen III Pelopor (Desember 1999) atau yang sekarang di kenal dengan Nama Satuan III Pelopor.

Perubahan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 Desember 2023, Dankorbrimob Polri Komjen Pol Drs. Imam Widodo, M.Han. meresmikan penataan Markas Komando Resimen Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri di Lapangan Mako Brimob Kelapadua Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023).

Penataan Markas Resimen I, Resimen II Dan Resimen III Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : KEP/1718/XII/2022 Tanggal 20 Desember 2022 Tentang Penataan Markas Komando Resimen Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri.

Satuan[sunting | sunting sumber]

  • Batalyon A Resimen II/Pelopor (berada di Kedaung, Tanggerang Selatan)
  • Batalyon B Resimen II/Pelopor
  • Batalyon C Resimen II/Pelopor
  • Batalyon D Resimen II/Pelopor

Komandan[sunting | sunting sumber]

Resimen III Pasukan Pelopor[sunting | sunting sumber]

Resimen II Pasukan Pelopor[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]