Republik Baden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Republik Baden

Republik Baden
1918–1945
Bendera Baden
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
Lagu kebangsaanBadnerlied
Lokasi Baden (merah) pada masa Republik Weimar.
Lokasi Baden (merah) pada masa Republik Weimar.
Ibu kotaKarlsruhe
PemerintahanRepublik
Presiden 
• 1918–1920 (pertama)
Anton Geiß
• 1933–1945 (terakhir)
Walter Köhler
Reichsstatthalter 
• 1933–1945
Robert Wagner
LegislatifLandtag
Era SejarahAntarperang · Perang Dunia II
• Didirikan
14 November 1918
• Dilakukan Konstitusi
13 April 1919
11 Maret 1933
• Pembubaran (de jure)
1945
Luas
1925[1]15.070 km2 (5.820 sq mi)
Populasi
• 1925[1]
2312462
Didahului oleh
Digantikan oleh
Keharyapatihan Baden
Württemberg-Baden
Baden Selatan
Sekarang bagian dari Jerman
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Republik Baden (Jerman: Republik Baden) adalah negara Kekaisaran Jerman yang ada selama masa Republik Weimar dan masa pemerintahan Jerman Nazi, negara ini dibentuk setelah dibubarkannya Keharyapatihan Baden pada tahun 1918. Wilayah negara ini sekarang menjadi bagian dari negara Jerman modern, yaitu Baden-Württemberg.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Revolusi di Baden[sunting | sunting sumber]

Dengan revolusi yang mengancam Kekaisaran Jerman pada hari-hari terakhir Perang Dunia I, kementerian negara Keharyapatihan Baden melewati reformasi pemilihan pada tanggal 2 November 1918 dalam upaya terakhir untuk melestarikan monarki di sana. Pada 8 November, dewan pekerja dan tentara dibentuk di Lahr dan Offenburg. Pada hari berikutnya, dewan serupa didirikan di Mannheim dan Karlsruhe dan seluruh kementerian negara Badische mengundurkan diri.

Pada 10 November 1918, pemerintah sementara dibentuk di Karlsruhe dan majelis berbagai dewan revolusioner berlangsung pada hari berikutnya. Pada 13 November Grand Duke Frederick II melepaskan semua tugas pemerintahan; dia akhirnya turun tahta pada 22 November, menyusul turunnya sepupu pertamanya Kaiser Wilhelm II (diumumkan pada 9 November dan diresmikan pada 28 November).

Pemerintah sementara mendeklarasikan pembentukan freie Volksrepublik Baden (Republik Rakyat Merdeka Baden) pada 14 November 1918, dan menetapkan 5 Januari 1919 sebagai tanggal pemilihan baru.

Pemerintahan Republik[sunting | sunting sumber]

Sebuah majelis nasional dibentuk pada 12 Januari 1919, dengan Partai Pusat Demokrasi Kristen muncul sebagai partai terkuat di depan SPD kiri-tengah. Bersama-sama, kedua partai ini menerima 91,5% dari semua suara. Pada 1 April, parlemen Badische (Landtag) membentuk pemerintahan dari anggota Koalisi Weimar. Hingga 1933, sebagian besar wilayah Baden diperintah oleh Partai Tengah.

Pada 21 Maret 1919, Landtag dengan suara bulat mengeluarkan konstitusi baru. Voting rakyat untuk menyetujui konstitusi pada 13 April. Pemungutan suara rakyat ini adalah yang pertama dalam sejarah Jerman dan konstitusi Baden adalah satu-satunya yang disahkan oleh pemungutan suara rakyat di Jerman selama periode Weimar.

Aturan Nazi[sunting | sunting sumber]

Baden, seperti semua negara bagian Jerman lainnya, tunduk pada proses Gleichschaltung pada tahun 1933, yang secara efektif menghapuskan semua negara bagian - dalam praktiknya, jika tidak dalam hukum. Presiden Baden yang terpilih digantikan dengan Walter Köhler yang ditunjuk Nazi, meskipun kekuasaan administratif di wilayah tersebut benar-benar dipegang oleh Robert Heinrich Wagner, Gauleiter dari Baden dan Reichsstatthalter untuk Alsace-Lorraine. Antara 1940 dan 1944, Republik Baden mengganti namanya menjadi "Baden-Elsass" dan diperluas wilayahnya ke barat hingga mencakup sebagian besar Alsace Prancis.

Pascaperang[sunting | sunting sumber]

Melalui pendudukan Sekutu Jerman pasca perang, Wilayah Baden dibagi antara zona pendudukan Amerika dan Prancis. Pembagian ini dibuat sehingga Autobahn yang menghubungkan Karlsruhe dan Munich (hari ini A8) sepenuhnya terdapat dalam zona Amerika. Wilayah utara yang dikendalikan Amerika ini menjadi bagian dari Württemberg-Baden pada 19 September 1945 sementara bagian selatan (dikenal sebagai Baden Selatan atau "Baden") ditempatkan di bawah pemerintahan Prancis.

Kedua bagian Baden ini dipersatukan kembali dan bergabung dengan negara bagian Württemberg pada tanggal 23 April 1952 yang kemudian membentuk negara bagian baru Jerman, yaitu Baden-Württemberg.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Wilayah Republik Baden dibagi menjadi empat distrik administratif (Landeskommissärbezirke, mirip dengan Regierungsbezirke modern) yang berpusat di Karlsruhe, Mannheim, Freiburg, dan Konstanz. Distrik-distrik ini selanjutnya dibagi menjadi total 53 Amtsbezirke (pada tahun 1924, jumlahnya dikurangi menjadi 40). Lalu, Amtsbezirke dibagi lagi menjadi sekitar 1.536 kota.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beckmanns Welt-Lexikon und Welt-Atlas. Leipzig / Vienna: Verlagsanstalt Otto Beckmann. 1931. 
  2. ^ "Der Freistaat Baden im Überblick". www.gonschior.de. Diakses tanggal 2019-10-29.