Renly Baratheon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Renly Baratheon
Tokoh A Song of Ice and Fire
Tokoh Game of Thrones
Penampilan
perdana
Penampilan
terakhir
PenciptaGeorge R. R. Martin
Diadaptasi
oleh
David Benioff
D.B. Weiss
(Game of Thrones)
PemeranGethin Anthony
Informasi
Alias
  • The King in Highgarden
  • The King in the South
Jenis kelaminLaki-laki
Gelar
  • Lord Paramount of the Stormlands
  • Lord of Storm's End
  • Master of Laws
  • Lord of the Seven Kingdoms (penuntut takhta)
KeluargaHouse Baratheon
PasanganMargaery Tyrell (tanpa hubungan seksual)
Pihak lainLoras Tyrell
Kerabat

Renly Baratheon adalah sebuah karakter fiksi dalam seri novel epik fantasi A Song of Ice and Fire karya penulis Amerika Serikat—George R. R. Martin, dan adaptasi televisi Game of Thrones.

Pertama kali diperkenalkan dalam A Game of Thrones (1996), Renly adalah anak bungsu dari tiga putra Lord Steffon Baratheon dan Cassana Estermont, dan adik dari Robert dan Stannis Baratheon. Dia adalah Penguasa dari Storm's End dan Penguasa tertinggi dari Stormlands. Dia menjabat sebagai ahli hukum dalam dewan kecil kakak tertuanya, sebelum akhirnya mengklaim dirinya sendiri sebagai raja setelah kematian Robert dengan dukungan dari Reach dan Stormlands. Sebuah tindakan yang memicu terjadinya Perang Lima Raja. Hal ini membuatnya berkonflik dengan kakak laki-lakinya—Stannis, yang klaimnya berpeluang lebih besar.

Renly memiliki hubungan seksual dengan Loras Tyrell, hal ini disinggung dalam buku dan terlihat jelas dalam adaptasi televisi.

Renly Baratheon diperankan oleh Gethin Anthony dalam adaptasi televisi HBO.[1]

Penggambaran karakter[sunting | sunting sumber]

Renly Baratheon adalah adik dari Raja Robert dan Stannis Baratheon. Dia adalah pria yang tampan, karismatik, dan bisa mendapatkan teman dengan mudah. Hal tersebut membuatnya populer di kalangan rakyat kecil. Dia dianggap sangat mirip dengan kakaknya—Robert, meskipun lebih kecil dan lebih ramping, mewarisi tinggi Baratheon, dan rambut hitam panjang. Meskipun ia disukai dan karismatik, banyak penguasa kuat di istana yang diam-diam menganggapnya sia-sia dan sembrono. Dia digambarkan sebagai orang yang meremehkan membaca, meskipun ia suka berburu dan bertempur di atas kuda. Renly juga seorang homoseksual tertutup yang terlibat hubungan dengan Loras Tyrell.

Renly bukan karakter POV dalam novel, jadi tindakannya disaksikan dan ditafsirkan melalui mata orang lain, seperti Ned dan Catelyn Stark. Dia juga sering disebut dan diingat oleh Brienne dari Tarth, yang telah jatuh cinta padanya di usia muda. Renly sebagian besar merupakan karakter latar belakang dalam novel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Game of Thrones - Renly Baratheon". HBO. Diakses tanggal 28 Oktober 2019.