Rendy Pandugo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Rendy Pandugo
Rendy Pandugo
Latar belakang
Nama lahir Rendy Pandugo
Lahir 7 Mei 1985 (umur 33)
Medan, Indonesia
Kebangsaan  Indonesia
Jenis musik Pop
Pekerjaan
Instrumen
Tahun aktif 2016 - Sekarang
Perusahaan rekaman Sony Music Entertainment Indonesia
Pasangan Mia Sesaria
Anak
  • Dara Nassa Kiyandra

Rendy Pandugo (lahir di Medan, 7 Mei 1985; umur 32 tahun)[1] adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia. Rendy memulai debut kariernya sebagai solois lewat singel yang berjudul I Don't Care.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada 2012, Rendy Pandugo memulai kariernya lewat sebuah platform distribusi suara secara online, SoundCloud. Rendy beranggapan jika dirinya tidak bisa terus-menerus bergantung pada label, sehingga ia pun memilih untuk bisa merintis kariernya sendiri. Akhirnya, ia pun memilih untuk membuat portfolio musinya lewat digital melalu SoundCloud. Setidaknya, meskipun namanya tak terdengar di pasaran, paling tidak kuat di media sosial, ucapnya.[2]

Di awal kemunculannya di SoundCloud, banyak orang yang beranggapan jika suara dan petikan gitar yang dimainkan oleh Rendy mirip John Mayer sehingga Rendy dijuluki John Mayer nya Indonesia. Ditambah lagi Rendy pun seringkali mengcover lagu-lagu milik Mayer.[2] Dia merasa heran mengapa banyak orang yang menilai dirinya mirip dengan Mayer. Meskipun begitu, Rendy pun tidak menampik jika Mayer adalah salah satu pengaruh dalam bermusiknya.

Pada 10 Juni 2016, Rendy merilis singel pertamanya yang berjudul Sebuah Kisah Klasik. Lagu tersebut merupakan cover dari band ternama asal Indonesia, Sheila on 7. Pada lagu tersebut, Rendy sudah bergabung dengan label musik Sony Music Entertainment Indonesia. Lagu tersebut menjadi media perkenalan Rendy kepada pecinta musik Indonesia.[3]

Pada 2 November 2016, Rendy merilis singel yang berjudul I Don't Care. Lagu teserbut merupakan lagu utama dalam album The Journey yang dirilis pada tahun 2017.[2] Saat diwawancarai oleh detikHOT, Rendy mengungkapkan bahwa ia menulis single itu dibantu oleh temannya, Leody Akbar. Rendy juga bercerita bahwa proses rekaman dari singel tersebut bertempat di Swedia.[4] Pada awal 2017, Rendy kembali merilis single yang berjudul Silver Rain. Lagu tersebut masuk dalam debut albumnya.[5]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Rendy Pandugo telah menikah dengan Mia Sesaria dan mereka telah dikaruniai anak perempuan bernama Dara Nassa Kiyandra.[6] Namun, Rendy belum mau kenalkan anak dan istri pada publik dengan alasan dirinya belum memiliki foto yang bagus bersama keluarga kecilnya. Selain itu, menurut Rendy kehidupan anaknya bukanlah konsumsi publik.[7]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Televisi
Tahun Judul Peran Catatan Tayang
2015 Stereo Bayu 'The Thunder' Episode 21
2017 Breakout Bintang tamu
2018 Tonight Show Bintang tamu 1 Februari 2018

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ NurIndahSari, Qiqi. "Kenalkan Rendy Pandugo, Penyanyi Indonesia Yang Suaranya Mirip Banget John Mayer. Bikin Hati Meleleh Deh!" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-05. 
  2. ^ a b c "The Journey by Rendy Pandugo on Apple Music". itunes.apple.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-05. 
  3. ^ "Rendy Pandugo, Penggemar Sheila on 7 Garis Keras". Tabloidbintang.com. 2017-10-14. Diakses tanggal 2017-12-05. 
  4. ^ Saraswati, Dyah Paramita. "Rendy Pandugo Bercerita Tentang 'I Don't Care'". detikhot. Diakses tanggal 2017-12-05. 
  5. ^ "Silver Rain - Single by Rendy Pandugo on Apple Music". itunes.apple.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-05. 
  6. ^ Azasya, Stella. "Jarang Disorot, Begini Romantisnya Hubungan Rendy Pandugo dan Istri". IDN Times. Diakses tanggal 2018-05-15. 
  7. ^ Media, Kompas Cyber (2018-03-10). "Alasan Rendy Pandugo Belum Mau Kenalkan Anak dan Istri pada Publik - Kompas.com". KOMPAS.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-15.