Rendra Soedjono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rendra Soedjono
220px
Rendra Soedjono memegang trofi Panasonic Awards
Lahir 26 Juli 1978 (umur 42)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan Presenter, penyiar
Tahun aktif 2002-kini

Rendra Soedjono (lahir di Jakarta, Indonesia, 26 Juli 1978; umur 42 tahun) adalah seorang penyiar serta presenter acara televisi Indonesia.[1]

Profil[sunting | sunting sumber]

Rendra merupakan putra bungsu Soedjono, seorang mantan atlet anggar nasional yang pernah mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional pada era 1970-an, sudah begitu dekat dengan olahraga terutama sepak bola semenjak diajak ayahnya menonton tim nasional bermain saat ia masih berusia 3 tahun. Beranjak dewasa pria yang sempat merasakan sekolah sepak bola di Pelita Jaya Junior pada tahun 90-an ini semakin menggilai sepak bola dan tidak pernah tertinggal untuk menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung ataupun di layar kaca.

Rendra merupakan alumni dari fakultas ekonomi Universitas Trisakti pada tahun 2000. Kariernya di dunia presenter dimulai pada tahun 2002 dengan bergabung sebagai presenter pendatang baru untuk SCTV dan membawakan siaran langsung Centrocampo Liga Italia. Tidak butuh lama untuk berkarier di dunia presenter ia langsung bisa membawakan beberapa siaran olahraga lain seperti Liga Bank Mandiri yang akhirnya mendapatkan Panasonic Awards 2004 serta US Master Golf, Top Boxing, Djarum Badminton Indonesia Open. Hal ini yang membuat namanya langsung melesat di kancah dunia pertelevisian yang pada saat itu masih dikuasai oleh muka-muka lama.

Tahun-tahun berikutnya kariernya makin melesat dengan menjadi Host di siaran Piala Konfederasi, FIFA Youth Championship, LG Asian Cup dan yang paling terakhir Piala Dunia 2006 yang menjadi ajang tak terlupakan karena di partai puncak atau Grand Final ia berkesempatan mewawancarai Presiden SBY pada acara nonton bareng di Istana yang menjadikannya presenter olahraga pertama di indonesia yang mendapatkan pengalaman berharga tersebut.

Selepas dari SCTV, ia sempat bergabung di Global TV untuk membawakan program Lega Calcio sebelum akhirnya menjadi bagian dari ANTV hingga sekarang untuk membawakan program FA CUP, Copa Indonesia, Highlight CDSSI, dan yang terakhir Djarum ISL yang dibuatnya begitu berbeda dari siaran-siaran sebelumnya dengan gaya yang khas dan teriakan gol yang begitu membahana seakan membawa penonton hanyut di dalam pertandingan dan menjadi trendsetter dalam dunia siaran sepak bola indonesia sehingga diikuti oleh para presenter lainnya dan akhirnya kembali mendapatkan gelar Panasonic Awards tahun 2009.

Selain sebagai presenter televisi, Rendra juga bekerja sebagai penyiar untuk i-Radio FM, Jakarta.

Sekarang Rendra juga aktif sebagai Presiden Selebritis Football Club yang merupakan wadah para pekerja seni seperti artis sinetron,Presenter,Penyanyi,DJ hingga mantan pemain sepak bola profesional bergabung dan bermain bersama.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]