Remember (album Shimokawa Mikuni)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Remember ~Shimokawa Mikuni Seishun Anison House Album~
Album Kompilasi karya Shimokawa Mikuni
Dirilis15 Maret 2006
GenreJ-Pop
Durasi62 menit
LabelPony Canyon
Kronologi Shimokawa Mikuni
Mikuni Shimokawa Singles & Movies
(2005)Mikuni Shimokawa Singles & Movies2005
Remember ~Shimokawa Mikuni Seishun Anison House Album~
(2006)
Reprise ~Shimokawa Mikuni Anison Best~
(2007)String Module Error: Match not found2007

Remember ~Shimokawa Mikuni Seishun Anison House Album~ adalah album kompilasi ke-3 dari Shimokawa Mikuni. Album ini dirilis oleh Pony Canyon pada tanggal 15 Maret 2006 yang juga menandakan tujuh tahun kariernya berkiprah sebagai penyanyi solo. Album yang memiliki kode hak cipta PCCA-02180 ini merupakan album yang dipersiapkan sebagai album anison (anime song). Album ini memuat lagu-lagu yang pernah mengisi sebagai lagu tema dari beberapa anime.

Album ini diperkenalkan dengan membawa empat belas lagu. Tiga belas lagu di antaranya merupakan lagu tema dari beberapa serial anime yang berbeda.

Jejak Riwayat Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu-lagu yang terdapat dalam album kompilasi ini merupakan lagu-lagu yang telah dinyanyikan oleh masing-masing penyanyi aslinya pada pertama kali pengenalan lagu-lagu tersebut.

Berikut rekam perjalanan lagu-lagu lama tersebut yang telah dinyanyikan ulang dan mengisi sebagian besar album ini:

  1. “Tamashii no RUFURAN”: adalah lagu yang pertama kali dipopulerkan oleh penyanyi Jepang wanita, Takahashi Youko sebagai singel ke-14 miliknya yang dirilis pada tanggal 21 Februari 1997.[1] Lagu ini dipilih sebagai lagu tema dari film animasi, Neon Genesis Evangelion: Death and Rebirth.” Di samping itu, begitu populernya lagu ini membuatnya menjadi salah satu lagu yang banyak dinyanyikan kembali oleh banyak penyanyi yang berbeda. Lagu ini tercatat telah dinyanyikan ulang sebanyak 50 kali hingga saat ini.
  2. “Mizu no Hoshi e Ai wo Komete”: adalah salah satu lagu lawas dari penyanyi Jepang, Moriguchi Hiroko. Lagu lawas ini pertama kali diperkenalkan melalui singel perdana miliknya pada 7 Agustus 1985.[2] Lagu ini juga mengisi pada trek ke-10 pada album studio pertama miliknya yang diberi judul sama dengan judul lagu ini.[3] Selain itu, lagu yang dirilis bersama album studio pada tahun 21 November 1985[3] tersebut menjadi lagu tema pembuka ke-2 pada serial anime, “Mobile Suit Zeta Gundam.”
  3. “Kanashimi yo Konnichiwa”: adalah lagu yang dinyanyikan pertama kali oleh penyanyi asal Jepang, Saitou Yuuki sebagai singel ke-5 miliknya. Lagu yang dirilis pada tanggal 21 Maret 1986 dalam bentuk singel ini merupakan lagu tema pembuka pertama serial anime berjudul Maison Ikkoku.”[4] Lagu ini juga telah dinyanyikan kembali sebanyak 12 kali oleh berbagai penyanyi Jepang yang berbeda dengan versi mereka masing-masing hingga sekarang.
  4. “Negaigoto Hitotsu dake”: adalah lagu dari singel ke-3 penyanyi wanita asal Jepang, Komatsu Miho yang dirilis untuk pertama kalinya pada 14 Januari 1998.[5] Lagu ini dipilih untuk menjadi lagu tema penutup ke-5 dari serial anime, Detective Conan.” Lagu ini hanya terdengar suara musiknya saja tanpa suara vokal dari Komatsu Miho pada penayangan serial anime tersebut saat tayang di Indonesia di stasiun televisi swasta Indosiar.
  5. “Yakusoku wa Iranai”: adalah lagu yang dipopulerkan pertama kali oleh penyanyi solo Jepang, Sakamoto Maaya. Lagu ini dirilis sebagai singel perdana miliknya di dunia musik Jepang pada tanggal 24 April 1996.[6] Lagu ini pun menjadi lagu tema pembuka satu-satunya dari serial anime, The Vision of Escaflowne.”[6]
  6. “SAKURA SAKU”: adalah lagu yang menjadi salah satu singel dari penyanyi wanita, Hayashibara Megumi. Lagu yang dirilis pada 24 Mei 2000 sebagai singel ke-23 miliknya tersebut merupakan lagu tema pembuka pada serial anime, Love Hina.”
  7. “Be My Angel”: adalah lagu yang dinyanyikan pertama kali oleh penyanyi Jepang, Enomoto Atsuko. Lagu ini dipopulerkan sebagai singel pertama miliknya yang resmi dirilis pada tanggal 3 Mei 2001. Lagu ini menjadi lagu tema pembuka serial animasi Jepang berjudul Angelic Layer.”
  8. “KONDISHON GURI-N ~Kinkyuu Hasshin~”: adalah lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi Jepang, Kasahara Hiroko sebagai singel ke-5 miliknya. Lagu yang menjadi singelnya tersebut dirilis pertama kali pada tanggal 21 Agustus 1990. Lagu ini mengisi lagu tema pembuka ke-2 serial anime, “Mobile Police Patlabor.”
  9. “Geki! Teikoku Kagekidan”: adalah lagu yang menjadi singel kolaborasi antara penyanyi asal Jepang, Yokoyama Chisa dan grup vokal, Teikoku Kagekidan. Lagu beserta singel tersebut dirilis pertama kali pada 18 Desember 1996. Pada awalnya, lagu ini bukan merupakan lagu tema anime melainkan lagu tema sebuah permainan dari konsol permainan Sega Saturn yang berjudul Sakura Taisen.” (dalam bahasa Inggris: Sakura Wars) Lagu ini baru dipilih menjadi lagu tema anime untuk pertama kalinya pada penghujung tahun 1997, yaitu sebagai lagu tema pembuka OVA, “Sakura Wars.”
  10. “TACCHI”: adalah lagu lawas yang menjadi singel ke-20 dari penyanyi solo wanita, Iwasaki Yoshimi. Lagu yang dirilis perdana tanggal 21 Maret 1985 sebagai singelnya tersebut merupakan lagu tema pembuka pertama salah satu serial anime berjudul Touch.” Lagu ini juga telah dinyanyikan kembali oleh beberapa penyanyi lain dengan versinya masing-masing sebanyak 10 kali hingga saat ini.
  11. “City Hunter ~Ai yo Kienaide~”: adalah sebuah lagu lawas yang dipopulerkan pertama kali oleh penyanyi Jepang, Kohiruimaki Kahoru. Tepat pada tanggal 10 Mei 1987, lagu ini dirilis sebagai singel ke-5 miliknya. Lagu ini pun merupakan lagu pertama dari dua lagu tema pembuka dari serial anime, City Hunter.”
  12. “Yuzurenai Negai”: adalah judul lagu yang menjadi judul singel ke-4 dari penyanyi solo wanita, Tamura Naomi. Singel tersebut dirilis untuk pertama kali pada 9 November 1994. Lagu yang menjadi lagu utama di singel tersebut menjadi lagu tema pembuka pertama pada serial anime, Magic Knight Rayearth.” Selain itu, lagu ini pun telah dibawakan ulang oleh beberapa penyanyi lainnya sebanyak 14 kali sampai sekarang.
  13. “Ame ni KISSU no Hanataba wo”: adalah lagu yang diciptakan untuk penyanyi wanita asal Jepang, Imai Miki. Lagu ini digunakan untuk mengisi satu trek lagu di dalam album studio ke-5 miliknya yang berjudul Retour.” Lagu yang terdapat pada album yang dirilis pada 29 Agustus 1990 tersebut dipilih untuk menjadi lagu tema pembuka ke-2 serial animasi Jepang berjudul “YAWARA!”

Disk CD[sunting | sunting sumber]

Daftar Trek Lagu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Lirik Musik Aransemen
1. Tamashii no RUFURAN Oikawa Neko Oomori Toshiyuki Koma2Kaz
2. Mizu no Hoshi e Ai wo Komete SEDAKA NEIL Urino Masao Koma2Kaz
3. Kanashimi yo Konnichiwa Mori Yukinojou Tamaki Kouji Yoshikawa Kei
4. Negaigoto Hitotsu dake Komatsu Miho Komatsu Miho Koma2Kaz
5. Yakusoku wa Iranai Iwasato Yuuho Kanno Youko Koma2Kaz
6. SAKURA SAKU Okazaki Ritsuko Okazaki Ritsuko Koma2Kaz
7. Be My Angel Matsui Gorou Andou Takahiro Koma2Kaz
8. KONDISHON GURI-N ~Kinkyuu Hasshin~ Taguchi Jun TSUKASA Koma2Kaz
9. Geki! Teikoku Kagekidan Hiroi Ouji Tanaka Kouhei Koma2Kaz
10. TACCHI Kan Chin Fa Serizawa Hiroaki ats-
11. City Hunter ~Ai yo Kienaide~ Asou Keiko Oouchi Yasuaki Koma2Kaz
12. Yuzurenai Negai Tamura Naomi Tamura Naomi & Ishikawa Hiroto Koma2Kaz
13. Ame ni KISSU no Hanataba wo Iwasato Yuuho KAN Sin
14. Mikuni Shimokawa Seishun ANISON Mega-Mix Berbagai Musisi Berbagai Musisi Koma2Kaz

Terjemahan Judul Lagu[sunting | sunting sumber]

No. Bahasa Jepang Cara Pelafalan (Romaji) Terjemahan
1. 魂のルフラン Tamashii no RUFURAN Kesabaran Jiwa
2. 水の星へ愛をこめて Mizu no Hoshi e Ai wo Komete Mengisi Cinta ke Bintang Air
3. 悲しみよこんにちは Kanashimi yo Konnichiwa Kesedihan, Selamat Siang
4. 願い事ひとつだけ Negaigoto Hitotsu dake Permintaan hanya Satu
5. 約束はいらない Yakusoku wa Iranai Janji, tak Perlu
6. サクラサク SAKURA SAKU Sakura Mekar
7. Be My Angel - Jadilah Malaikatku
8. コンディション・グリーン~緊急発進~ KONDISHON GURI-N ~Kinkyuu Hasshin~ Kondisi Hijau ~Perebutan~
9. 檄!帝国華撃団 Geki! Teikoku Kagekidan Manifesto! Badan Serangan Kekaisaran Cina
10. タッチ TACCHI Sentuhan
11. City Hunter~愛よ消えないで~ - ~Ai yo Kienaide~ Pemburu Kota ~Cinta, Jangan Hilang!~
12. ゆずれない願い Yuzurenai Negai Permintaan yang tak Bisa Mengalah
13. 雨にキッスの花束を Ame ni KISSU no Hanataba wo Rangkaian Bunga Kecupan di Tengah Hujan
14. Mikuni Shimokawa青春アニソンMega-Mix - Seishun ANISON - Mega-Mix Lagu Anime Anak Muda Shimokawa Mikuni

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Jepang) Situs Resmi Takahashi Youko (Funky Jam) Diarsipkan 2013-10-29 di Wayback Machine.. Daftar Diskografi. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013.
  2. ^ (Jepang) Situs Resmi Moriguchi Hiroko: Diskografi. Singel “Mizu no Hoshi e Ai wo Komete”. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013.
  3. ^ a b (Jepang) Situs Resmi Moriguchi Hiroko: Diskografi. Album Studio “Mizu no Hoshi e Ai wo Komete”. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013.
  4. ^ (Jepang) Situs Saitou Yuuki Diarsipkan 2013-04-25 di Wayback Machine.. Diskografi: Daftar Singel. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013.
  5. ^ (Jepang) Situs Resmi Komatsu Miho. Daftar Diskografi. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013.
  6. ^ a b (Jepang) Situs Resmi Sakamoto Maaya. Daftar Diskografi. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]