Remember Me (lagu Pixar)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Remember Me
Singel oleh Natalia Lafourcade / Miguel / Benjamin Bratt / Gael García Bernal / Anthony Gonzalez / Ana Ofelia Murguía
dari album Coco (Original Motion Picture Soundtrack)
DirilisNovember 10, 2017
Direkam2017
Durasi1:49
Label rekamanWalt Disney
Pengarang lagu
Daftar rekaman Coco (Original Motion Picture Soundtrack)
Remember Me
(1)
"Much Needed Advice"
(2)

"Remember Me" adalah sebuah lagu dari film animasi Pixar tahun 2017 berjudul Coco yang ditulis oleh Robert Lopez dan Kristen Anderson-Lopez. Beberapa versi lagu ini dimainkan di dalam film oleh Benjamin Bratt, Gael Garcia Bernal, Anthony Gonzalez, dan Ana Ofelia Murguia. Miguel dan Natalia Lafourcade memainkan versi pop dari lagu ini, yang ditampilkan dalam kredit akhir di dalam film. Carlos Rivera merekam versi kover lagu ini dengan judul judul "Recuerdame" untuk album musik film versi bahasa Spanyol. Lagu ini memenangkan kategori Best Original Song di Academy Awards ke-90 pada tahun 2018.

Konteks[sunting | sunting sumber]

Lagu ini digunakan dalam berbagai konteks di sepanjang film. Pertama-tama, lagu ini dikenal sebagai lagu terpopuler Ernesto de la Cruz (Benjamin Bratt) yang ditulis oleh rekan bermusiknya, Héctor Rivera (Gael Garcia Bernal), dan pertama kali diperkenalkan dalam aransemen mariachi, sebagai permohonan dari Ernesto kepada para penggemarnya untuk mengingat dirinya bahkan saat ia melakukan tur ke tempat-tempat lainnya. Kemudian, lagu ini muncul sebagai pengantar tidur oleh Héctor untuk putrinya, Coco, ketika ia harus melakukan perjalanan jauh sebagai seorang pemusik. Lagu ini kemudian digunakan sebagai lagu nostalgia untuk menghubungkan Coco (Ana Ofelia Murguia) yang sudah berusia senja pada masa kecilnya dan dan untuk menyatukan kembali Miguel Rivera (Anthony Gonzalez) dengan nenek buyut Coco. Lagu ini kemudian muncul dalam bentuk versi pop yang dimainkan selama kredit akhir, yang dinyanyikan oleh penyanyi Miguel dan Natalia Lafourcade.

Karya ini adalah "tali yang mengikat beberapa generasi yang sama-sama mencintai musik".[1]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Dua anggota tim Frozen, Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez, dipekerjakan untuk menggarap proyek ini. Direktur Lee Unkrich telah mengagumi mereka sejak mereka menulis karya Finding Nemo – The Musical pada tahun 2006. Film tersebut berkembang menjadi sebuah drama musikal, namun bukan jenis drama yang adegannya tiba-tiba berubah menjadi lagu. Tantangan yang dialami lagu itu adalah pembuatan liriknya yang harus dapat menyesuaikan maknanya tergantung konteks saat lagu itu dinyanyikan. Tim ini kemudian meneliti musik populer Meksiko dan ingin menulis sebuah lagu yang cocok untuk dinyanyikan oleh Jorge Negrete atau Pedro Infante. Mereka menulis lagu mereka dengan gaya lagu bolero-ranchero gaya lagu dengan menyadari bahwa lagu ini juga dapat dimainkan dengan gaya quiet ballad. Robert menulis musik, sementara Kristen menulis lirik. Kristen ingin menjelajahi gagasan tentang mengingat orang lain saat mereka berada jauh, dan menggambarkan "kekuatan musik untuk membawa orang-orang kembali ke kehidupan, baik secara tersurat maupun tersirat". Lagu ini tampaknya terinspirasi dari "Raindrop" Prelude, Op 28, No 15 oleh Chopin.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Lagu ini telah digunakan oleh banyak keluarga sebagai cara untuk membantu anak-anak mereka berhadapan dengan kematian, kepergian, atau perubahan. Sebuah video tentang seorang anak berusia empat tahun yang berdendang tentang kepergian saudarinya telah menjadi viral.[2]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

"Remember Me" memenangkan Academy Award untuk Best Original Song (dengan kemenangan ini, komposer Robert Lopez menjadi orang pertama yang memenangi EGOT dua kali). Lagu ini juga memenangkan Critics' Choice Movie Award for Best Song dan dinominasikan untuk Golden Globe Award for Best Original Song.

Penghargaan
Penghargaan Kategori Hasil
Academy Awards Lagu Asli Terbaik Menang
Critics' Choice Awards Lagu Terbaik Menang
Georgia Film Critics Association Lagu Asli Terbaik Menang
Golden Globe Awards Lagu Asli Terbaik Nominasi
Guild of Music Supervisors Awards
Lagu terbaik/Rekaman yang Dibuat untuk sebuah Film Nominasi
Houston Film Critics Society Lagu Asli Terbaik Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Burlingame, Jon (2018-01-05). "How 'Frozen' Hitmakers Covered the Same Song Four Ways in 'Coco'". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-01-07. 
  2. ^ "Texas Mom Shares Video of Son Serenading Deceased Baby Sister With Ballad From 'Coco'". KTLA (dalam bahasa Inggris). 2018-01-07. Diakses tanggal 2018-01-07. 

Pranala eksternal[sunting | sunting sumber]