Rel Picatinny

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rel Picatinny dalam bahasa inggris ditulis Picatinny rail (dibaca /ˈpɪkətɪni/ or /ˌpɪkəˈtɪni/) atau rel MIL-STD-1913 atau rel STANAG 2324 atau "Tactical Rail" adalah sebuah rel/landasan yang digunakan oleh senjata api agar senjata api tersebut dapat dipasang perlengkapan yang menggunakan platform standar mounting picatinny. Sistem rail lain yang serupa dengan picatinny adalah rel Weaver.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rel Picatinny di sepucuk senapan Steyr HS50, tanpa alat bidik telekopik (kiri) dan dilengkapi dengan alat bidik teleskopik (kanan)

Nama picatinny berasal dari tempat dimana rail (rel) ini pertama kali dibuat, yaitu di Picatinny Arsenal yang terdapat di kota New Jersey, Amerika Serikat. Rel picatinny dibuat untuk membedakan jenis rel senjata api lain yang sudah ada pada saat itu. Pemasangan peralatan picatinny pada rel dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dari arah depan ke belakang kemudian dikunci menggunakan baut atau tuas, hal ini tergantung dari tipe pengunci peralatan picatinny nya, atau dipasang dari atas pada bagian rel yang menonjol.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Senapan Heckler & Koch HK416 dilengkapi dengan empat unit rel MIL-STD-1913 tetap di keempat sisi ujung senjata, pada bagian atas receiver dipasang alat bidik teleskopik red dot sight Aimpoint CompM4 dan dibagian bawah laras dipasang sebuah gagang vertikal.

Konsep penggunaan awal dari rel ini adalah untuk alat bidik teleskopik. Pada perkembangannya rel ini dapat pula menjadi dudukan untuk aksesoris senjata lainnya, seperti lampu senter militer, pemindai laser, peralatan modus malam (night vision), reflex sight, gagang depan, bipod dan bayonet. Karena awal pembuatannya untuk alat bidik teleskopik, rel ini pada awalnya hanya dapat digunakan pada senapan dengan kaliber dan receiver besar. Pemanfaatan rel ini sudah menggantikan peran bidikan besi standar dari banyak senjata api saat ini. Selain pemasangan di reciever senjata, rel ini dapat dipasang juga pada bagian bawah dan samping. Pemakaian rel ini terdapat juga pada beberapa pistol semi otomatis dan di bagian gagang (grip) senjata.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Slot pengunci rel picatinny berukuran 5,23 mm (0.206 inci), jarak garis tengah antar slot 10,01 mm (0.394 in), kedalaman slot sebesar 3,00 mm (0.118 in)[1]. Perbedaaan rel ini dengan rel Weaver adalah pada bagian slot nya, Weaver rail mempunyai slot dengan lebar 4,57 mm (0.180 in), dan rel Weaver tidak mempunyai ukuran jarak antar slot yang sama[2]. Beberapa aksesoris senjata api didesain untuk dapat dipakai oleh kedua jenis rel di atas, tetapi tidak semua peralatan yang kompatibel dengan Picatinny rail dapat dipasang pada rel Weaver[2].

Rel Picatinny dilihat dari samping (ukuran dalam inci)

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]